Takut Menikah. | Unsplash.com
Takut Menikah. | Unsplash.com

Mengapa Seseorang Takut Menikah? Ketahui Yuk Alasannya!

Diposting pada
Takut Menikah. | Unsplash.com
Alasan Takut Menikah. | Unsplash.com

Ada beberapa alasan mengapa seseorang takut menikah. Dimana pada umumnya, menikah adalah merupakan hal yang banyak dinanti dan hal yang paling membahagiakan. Namun, berbeda dengan orang yang mengalami ketakutan dalam pernikahan. Sehingga, ia tidak masalah single selama bertahun-tahun.

Namun, ada pula yang memiliki pasangan, tetapi tidak ingin melanjutkan pernikahan. Bahkan ketika membahas pernikahan, ia mungkin lebih memilih mengakhiri hubungan saja. Meskipun, orang-orang seperti ini hanya Sebagian kecil saja.

Alasan Orang Takut Menikah

Tentu seseorang tidak akan mengalami ketakutan untuk menikah. Apabila ia tidak memiliki penyebab. Diantaranya penyebabnya adalah orang tersebut memiliki trauma yang mendalam di masa lampu. Dimana hal tersebut masing terngiang-ngiang dan meskipun hal tersebut sudah berlalu sejak lama. Akan tetapi, ia masih mengingatnya dengan sangat jelas. Inilah beberapa alasan umum kenapa orang takut dalam menikah!

1.      Trauma

Alasan paling umum mengapa seseorang tidak atau enggak menikah adalh ia memiliki trauma. Baik yang dialaminya sendiri maupun oleh orang lain, termasuk orang tuanya sendiri. Dimana hubungannya dijalin berakhir dengan sangat tragis hingga menimbulkan luka yang mendalam. Terlebih jika hal ini terjadi berulang kali pada dirinya.

Baca Ini Juga  Cara Memperjelas Foto yang Blur Tanpa Aplikasi Mudah Secara Online

Tentu itu akan menimbulkan kenangan-kenangan pahit dalam ingatannya. Sehingga, daripada mengalami hal yang sama. Maka, sebaiknya menghindari hal tersebut. hal ini karena orang tersebut memahami dan mengetahui dengan jelas, hal tersebut sangat menyakitkan. Bahkan seseorang bisa menghindari atau mencegah dirinya untuk menyukai lawan jenis.

2.      Merasa Tidak Membutuhkan Pasangan

Umumnya hal ini terjadi karena seseorang merasa terlalu nyaman dengan dirinya sendiri. Pasalnya, ia melakukan segala hal secara mandiri. Sehingga dengan adanya orang baru dalam kehidupannya. Hal tersebut malah mengacaukan rutinitas dan segala hal dalam hidupnya.

Tentu hal tersebut membuatnya tidak nyaman. Biasanya, orang-orang seperti ini adalah seseorang yang sudah mandiri secara finansial dan tidak bergantung pada siapapun. Sehingga ia merasa tidak membutuhkan pasangan dalam hidupnya.

3.      Faktor Finansial

Beberapa orang memilih tidak menikah karena faktor keuangan. Dimana seseorang tersebut merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga, ia berpikir bagaimana bisa dia akan menikah. Bahkan dalam mengurus diri sendiri saja ia belum bisa. Terutama apabila seseorang tersebut belum memiliki pemasukan yang tetap bahkan belum ada pemasukan.

Baca Ini Juga  Harga Sepeda Lipat United Original

Maka rasa ragu akan semakin tinggi sehingga memutuskan untuk menghindari pernikahan. Bahkan di beberapa kasus, memutuskan untuk tidak mendekati lawan jenis. Hal ini karena tidak adanya keberanian dalam diri mereka.

4.      Masalah Seksual

Selain masalah di atas, alasan seseorang menghindari pernikahan adalah ia memiliki masalah seksual. Dimana ia merasa bahwa pernikahan mencakup banyak aspek, termasuk kepuasan dalam hal seksual.

Tentunya hal tersebut tidak bisa ia berikan karena mengalami beberapa masalah. Seperti  impotensi atau disfungsi ereksi. Tentu hal tersebut membuat mereka hilang harapan untuk memasuki fase pernikahan.

Takut Tidak Ada Yang Bisa Menerima Dirinya

Alasan lain seseorang takut menikah karena ia merasa tidak percaya diri atau rendah diri. Hal ini diakibatkan oleh pengalaman masa lalu atau keadaannya saat ini. Dimana ia merasa tidak akan ada orang yang mau menerima dirinya sebagai pasangan. Sehingga, ia menghindari lawan jenis. Bahkan lebih ekstrimnya menutup diri dan menjauhkan diri dari orang-orang sekitar.

Beberapa masalah di atas, secara tidak langsung memberikan gambaran bahwa ketidak inginan menikah bukan hanya karena alasan yang tidak masuk akal. Selain itu, setiap orang memiliki respon yang cenderung berbeda tiap orangnya . Maka jika kamu ingin keluar dari rasa takut menikah, kenali masalah yang menjadi penyebabnya dan temukan cara untuk menyelesaikannya.

Baca Ini Juga  5 Hewan Laut Yang Indah