Travel insurance.|Unsplash.com
Travel insurance.|Unsplash.com

Mengenal Lebih Jauh Travel Insurance Dan Manfaatnya!

Diposting pada

Travel insurance menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang sering melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat. Selain itu, produk ini pun dikenal dengan asuransi perjalanan sering dipilih oleh beberapa orang untuk mengatasi berbagai hal yang tidak diinginkan selama perjalanan dengan tujuan liburan maupun pekerjaan.

Travel Insurance

Travel insurance.|Unsplash.com
Travel insurance.|Unsplash.com

Kamu bisa mendapatkan asuransi perjalanan di beberapa perusahaan asuransi, seperti situs booking hotel, situs booking  pesawat, maupun bandara. Bahkan, pada beberapa negara asuransi perjalanan ini menjadi salah satu syarat dalam pengajuan visa, seperti pada 25 negara yang sudah bergabung di Visa Schengen.

A.    Pengertian Travel Insurance

Travel Insurance adalah jenis asuransi yang menyediakan perlindungan dari berbagai kerugian selama perjalanan. Misalnya, bagasi hilang, pembatalan perjalanan, pencopetan, pengobatan, dan kerugian tidak terduga lainnya yang dialami selama perjalanan.

Dengan asuransi ini, kamu dapat melakukan perjalanan dengan tenang karena sudah memproteksi diri dengan asuransi perjalanan yang mana nantinya perusahaan dari asuransi tersebut menanggung berbagai kerugian finansial yang kamu alami selama perjalanan.

B.     Manfaat

Asuransi perjalanan ini menyediakan berbagai manfaat bagi siapa saja yang menggunakanya. Inilah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan, ketika menggunakanya:

1.       Tanggungan Kecelakaan Ketika Melakukan Perjalanan

Kamu akan mendapatkan tanggungan biaya rumah sakit, ketika tertimpa kecelakaan dalam perjalanan. Selain itu, perusahaan asuransi akan memberikan santunan kematian, apabila kamu meninggal ketika dalam perjalanan.

2.       Mendapatkan santunan ganda

Asuransi perjalanan juga memberikan santunan ganda meliputi, ganti rugi atas kejadian yang merugikan dan biaya rumah sakit, apabila terjadi kecelakan dalam perjalanan. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan berbagai hal yang merugikan terjadi selama perjalanan.

Mendapatkan Jaminan kehilangan maupun kerusakan bagasi

Pernahkah kamu kehilangan bagasi, saat dalam perjalanan? Jika pernah, pasti itu menjengkelkan, bukan? Apabila kamu sudah terdaftar sebagai pengguna asuransi ini, kamu tidak akan merasa khawatir lagi mengenai kehilangan atau kerusakan pada bagasimu.

Baca Ini Juga  Impor Barang China Lewat Marketplace TMall

Pasalnya perusahaan asuransi yang kamu gunakan akan menanggung  biaya kerusakan maupun kehilangan atau keterlambatan menerima bagasi, jika lebih dari 12 jam.

3.       Mendapatkan ganti rugi keterlambatan

Keterlambatan atau pesawat yang delay memang membuat tidak nyaman. Namun, apabila delay ini terjadi lebih dari 12 jam, kamu bisa mengajukan ganti rugi pada perusahaan asuransi tempat kamu membeli asuransi perjalanan.

Maka dengan begitu., perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi kepadamu, baik untuk biaya akomodasi, makananan, dan lain sebagainya.

4.       Mendapatkan Jaminan Pemulangan Jenazah

Jika dalam perjalanan kamu meninggal dan kamu telah terdaftar sebagai pengguna asuransi perjalanan, maka perusahaan asuransi akan mengurus semua biaya pemulangan jenazah. Tentu hal ini, bermanfaat bagi anggota keluarga yang kamu tinggalkan.

Atau dengan kata lain, anggota keluargamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengurus pemulangan jenazah ke rumah.

5.       Biaya kunjungan orang tua

Selain menjamin berbagai fasilitas untuk kebutuhan diri, ternyata ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan biaya kunjungan keluarga, ketika kamu sakit di luar negeri. Sehingga, anggota keluarga yang mau menjengukmu, tidak perlu lagi membayar biaya perjalannya.

Untuk mendapatkan fasilitas ini, kamu perlu jeli melihat berbagai penawaran dari asuransi perjalanan di tiap perusahaan asuransi, karena tidak semua perusahaan asuransi menyediakan layanan tersebut.

6.       Mendapatkan biaya untuk pengobatan darurat

Ada beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan travel insurance  lengkap dengan tanggungan pengobatan darurat. Misalnya, ketika kamu sakit dan perlu membeli obat, maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli obat karena perusahaan asuransi telah menangani hal tersebut.

Baca Ini Juga  Investor Merapat, Ini Peluang dan Resiko Investasi Kriptokurensi yang Wajib Diketahui

7.       Fasilitas bantuan dalam 24 jam

Kamu tidak perlu lagi khawatir, apabila melakukan perjalanan ke luar negeri seorang diri. Pasalnya, jika ada hal-hal buruk terjadi pada saat berada di luar negeri,.kamu bisa menghubungi call center perusahaan asuransi (dimana kamu terdaftar sebagai seorang member) untuk meminta bantuan.

Bantuan ini mencakup, 24 jam hotline bantuan darurat, evakuasi medis, dan lain sebagainya. Ini tentu, membuat kamu merasa lebih aman, bukan?

8.       Mendapatkan perlindungan tempat tinggal

Ketika melakukan perjalanan ke luar negeri dengan tujuan tertentu, tentu hal ini mengharuskan untuk meninggalkan rumah. Terlebih, apabila kamu tinggal sendiri. Jelas hal ini, membuat resah karena berbagai kemungkinan buruk bisa saja terjadi.

Namun, apabila kamu telah menggunakan asuransi perjalanan, maka rumahmu aman. Pasalnya, perusahaan asuransi akan melindungi atau menanggung biaya perbaikan maupun yang lainnya, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada tempat tinggalmu.

Perlindungan tersebut mencakup, kerusakan properti, kebakaran, dan lain sebagainya. Namun, sekali lagi, tidak semua perusahaan asuransi menyediakan layanan atau fasilitas ini.

Cara Mendapatkan Travel Insurance

Tentu memilih agen asuransi untuk travel insurance pun tidak bisa sembarangan.  Sehingga tidak menyebabkan kerugiaan untuk kamu. Adapun untuk cara mencari  perusahaan asuransi yang terpercaya adalah sebagai berikut!

1.      Memperhatikan Reputasi Sebuah Perusahaan

Reputasi bagi sebuah perusahaan itu sangat penting. Hal tersebut karena menyangkut kepercayaan para konsumennya terhadap perusahaan tersebut. Selain itu, pastikan perusahaan yang ingin kamu jadikan tempat untuk mendaftar travel asuransi telah terdaftar serta diakui oleh European Union List.  Tentu hal tersebut akan membantu para nasabah untuk membuat visa Schengen.

Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami kendala. Disamping itu semua, perusahaan yang baik dan bagus maka memahmai kelebihan atau keunggulan dari produk yang ditawarkan . Namun, tidak terkesan over-promising dan sangat transparan dalam menjelaskannya.

Baca Ini Juga  Apa Saja Macam-Macam Kerupuk?

2.      Membaca Dengan Baik Mengenai Term And Condition

Kamu perlu mengetahui dengan jelas, apa saja manfaat dari perlindungan tersebut. Selain itu, mengetahui pula sebesar apa manfaat atau keuntungan yang akan kamu dapatkan. Namun, kamu perlu mengingat, itu saja tidak cukup.

Kamu perlu membaca term and condition secara jelas dari perusahaan tersebut. Cobalah pelajari hal tersebut dengan baik. Sehingga mengetahui apa yang bisa diklaim melalui asuransi tersebut dan mana yang tidak. Begitu Lah dengan cara-cara mendapatkannya.

3.      Hindari Membeli Asuransi Secara Tiba-Tiba

Apabila kamu melakukan hal ini, maka kamu tidak akan mempelajari produk tersebut dengan baik. Hal ini karena amu terdesak oleh waktu. Sehingga tidak memiliki konsentrasi yang baik dibandingkan dengan kamu membelinya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan atau urusanmu.

Dengan begitu, kamu akan terhindar dari membeli produk yang salah. Tentu  hal tersebut hanya akan merugikan dirimu sendiri, bukan? Ditambah, jika kamu perlu membaca dengan rinci berbagi aturan maupun ketentuan dari asuransi perjalanan. Tentu itu tidak akan sempat, jika pun sempat, maka kamu tidak akan mempelajarinya dengan baik.

Travel Insurance  memang menjadi pilihan tepat untuk mengurangi resiko ketika melakukan perjalanan, baik untuk kebutuhan liburan, bisnis, atau pekerjaan ke luar negeri. Sebaiknya, perhatikan pula pelayanan atau perlindungan apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut karena setiap perusahaan asuransi memiliki penawaran yang berbeda.