nama domain untuk perusahaan

Nama Domain untuk Perusahaan, Jenis & Cara Menentukannya

Diposting pada

HARGABELANJA.COM – Domain adalah alamat / nama website yang terkait dengan IP host. berbicara tentang nama domain untuk perusahaan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian. Domain memiliki peran penting untuk perusahaan agar dapat membangun brand atau meningkatkan kredibilitas.

Pemilihan domain yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap progres perusahaan di masa mendatang. Bagi yang merasa bingung bagiamana cara memilih domain tidak perlu khawatir. Kami akan membantu kalian hingga menemukan domain yang sesuai.

Pengertian Domain

nama domain untuk perusahaan

Domain adalah nama yang mudah diingat berkaitan dengan alamat IP fisik pada internet. Dengan adanya domain mampu membuat pengguna lebih mudah mengunjungi website tanpa salah alamat. Setiap domain memiliki perbedaan tersendiri antara satu sama lain.

Pendapat lain mengatakan, domain merupakan nama untuk mewakili IP address sebuah website yang biasanya memiliki akhiran. Sama halnya sebuah merk pada produk, saat memberikan nama domain, sebaiknya gunakan nama yang menarik dan mudah diingat.

Penggunaan akhiran domain menyesuaikan dengan keinginan masing-masing mulai dari .com, .co.id, dan lain sebagainya. Setiap akhiran domain memiliki peran tersendiri baik cocok untuk perusahaan, sekolah, hingga produk jual beli.

Jenis-jenis Domain

Terdapat beberapa macam jenis domain yang dapat kalian gunakan untuk sebuah perusahaan ataupun lainnya sebagai berikut:

  • TLD (Top Level Domain)

Top Level Domain adalah ekstensi domain yang cukup populer di kalangan banyak orang. Terdapat ratusan TLD yang orang sudah gunakan mulai dari .com, .org, hingga .net. Ada juga yang kurang terkenal dan tidak rekomended untuk kalian pakai seperti .biz, .club, .agency, dan lain sebagainya.

Baca Ini Juga  Bagaimana Cara Mencuci Baju Dengan Tangan Supaya Harum?

Ada alasan tersendiri mengapa menggunakan domain TLD. Salah satunya adalah karena TLD lebih mudah diingat oleh banyak orang. Cocok sekali untuk situs web yang bersifatnya pribadi dan tidak mengarah pada suatu organisasi dengan menggunakan domain TLD.

Kalian bisa mendapatkan peringkat yang lebih unggul di mesin pencari bilamana menggunakan TLD. Melihat kelebihannya yang menjadikan Top Level Domain cukup efektif pada mesin pencari Google.

  • CCTLD (Country Code Top Level Domain)

Berbeda dengan TLD, jenis domain yang satu ini membawa identitas negara. Sehingga, hal tersebut menunjukan bahwa isi situs tersebut khusus bagi masyarakat yang ada di negara tersebut. Setiap negara memiliki domain CCTLD yang berbeda-beda.

Indonesia diakhiri oleh .id, Singapura .sg, Britania Raya .uk, dan masih banyak lainnya. Dengan adanya akhiran domain yang menjadi ciri khas negara akan memudahkan penggunanya dalam melakukan pencarian di Google. Dengan begitu, mereka tidak akan salah server saat mencari sesuatu di mesin pencari.

Terdapat beberapa variasi nama domain untuk perusahaan guna melengkapi URL situs web. Seperti halnya .ac.id untuk lingkungan akademik dan perguruan tinggi, .web.id ntuk pribadi maupun organisasi di Indonesia, dan .co.id untuk organisasi komersial yang hanya untuk perusahaan tersebut. Harga vps niagahoster sangatlah murah, anda dapat membeli di website tersebut untuk keperluan hosting anda.

  • STLD (Sponsoed Top Level Domain)
Baca Ini Juga  Jasa Dekorasi Pesta Pernikahan dan Ulang Tahun

Jenis domain yang terakhir adalah STLD, yakni mewakili komunitas tertentu yang dilayani oleh ekstensi domain. Seperti halnya .edu untuk organisasi tingkat pendidikan, .gov untuk tingkat pemerintah, dan masih banyak domain lainnya.

Tips Memilih Domain untuk Perusahaan

nama domain untuk perusahaan

Memilih domain tidak boleh asal-asalan karena berpengaruh terhadap perusahaan. Kalian bisa melakukannya dengan beberapa observasi untuk menentukan nama domain yang cocok. Pilih nama domain yang sesuai dengan harapan akan memberikan hasil terbaik.

Berikut beberapa tips memilih domain untuk perusahaan:

  • Sesuaikan dengan nama usaha atau jenis usaha perusahaan

Pilih nama usaha atau jenis usaha untuk memilih nama situs domain. IDentitas tentang bisnis kalian akan terus melekat dengan pemilihan nama yang tepat.

  • Gunakan kata yang mudah diingat

Kata-kata yang mudah diingat akan sangat membantu pengunjung. Mereka bisa saja datang kembali karena sudah hafal nama domainnya.

  • Hindari tanda baca dan numerik

Sebisa mungkin menghindari penggunaan tanda baca ataupun numerik karena akan menyulitkan pengunjung. Trafik bisa menurun akibat pengunjung yang kesulitan mencari website kalian.

  • Hindari nama yang panjang

Gunakan nama domain untuk perusahaan yang pendek lebih baik karena tujuannya mudah diingat. Jangan terlalu panjang melebihi 20 karakter, hal ini sangat membantu mereprentasikan perusahaan.

  • Ekstensi domain Internasional
Baca Ini Juga  5 Aplikasi Video Animasi 2D Terbaik 2021 yang Wajib Kamu Coba

Beragam pilihan ekstensi domain internasional yang bisa kalian pilih mulai dari .org, .com, dan lain sebagainya. Sejauh ini .com menjadi pilihan yang paling rekomended.

  • Pastikan domain belum terpakai

Sangat penting untuk melakukan pengecekan untuk mengetahui domain sudah terpakai atau belum. Apabila belum, segera mungkin membelinya ketika sudah cocok.

Apabila sudah menentukan domain yang tepat, maka langsung saja beli domain tersebut. Orang lain mungkin sedang memiliki tujuan yang sama dalam membangun bisnis. Bisa saja domain yang kalian inginkan sudah terambil oleh orang lain bilamana tidak segera mengamankannya.

Kesimpulan

Langsung beli domain & harga vps Niagahoster untuk membangun perusahaan kalian. Niagahoster menjadi salah satu penyedia layanan domain yang berkualitas unggul. Berbagai macam domain untuk kebutuhan tertentu bisa kalian dapatkan dengan mudah dan cepat.

Kalian akan dibantu dalam memilih domain yang sesuai. Dengan harga yang terjangkau, sangat rekomended untuk membeli domain di Niagahoster. Banyak dari mereka yang sudah membuktikannya dan berhasil membangun website dengan baik.