Nomor Kartu Kredit Itu Apa? Kalian Harus Tahu Fungsinya!

Diposting pada

Apa sih nomor kartu kredit itu? Mungkin dari kalian banyak yang sudah mengetahuinya namun tidak tahu fungsinya untuk apa. Biasanya nomor tersebut terletak di bagian kartu dan memiliki fungsi tersendiri di dalamnya. Penting untuk Anda pahami bahwa angka tersebut merupakan bagian dari keamanan kartu kredit milik Anda. Sehingga resiko terjadinya tindakan kejahatan terkait kartu kredit akan sangat minim.

Kartu kredit adalah alat pembayaran keuangan dalam bentuk kartu. Sumber dana yang ada di dalamnya menyesuaikan dengan saldo yang Anda miliki. Bila saldo melebihi batas limit, maka Anda tidak akan bisa menggunakannya untuk transaksi. Dalam kartu kredit terdapat nomor digit yang tercantum di bagain bawah yang memiliki fungsi untuk keamanan agar lebih terjamin.

Nomor Kartu Kredit Itu Apa?

Nomor kartu kredit adalah enam belas angka atau digit yang berfungsi sebagai identitas kartu, yakni sebuah kombinasi algoritma unik yang sudah terenkripsi. Antara nomor satu dengan lainnya memiliki perbedaan. Angka-angka tersebut merupakan keamanan kartu kredit.

Baca Ini Juga  FR Legends Mod Apk Premium Download Versi Terbaru 2021
Lanjutkan Membaca

Pada umumnya, kartu kredit ini memiliki bentuk dan bagian yang sama meski desain dan formatnya berbeda. Terdapat chip yang ada di dalam kartu kredit untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan kartu. Biasanya angka-angka tersebut menggunakan font kredit yang digunakan oleh semua jenis kartu kredit yang ada di dunia.

Nomor yang satu ini juga tercetak timbul dan gaya pencetakannya memiliki fungsi spesifik di masa-masa era 60an. Salah satu hal unik pada kartu kredit ini yaitu masih menggunakan gayay emboss dalam proses pencetakannya. Terdapat alasan tersendiri yang ada pada kartu kredit milik Anda.

Fungsi Nomor Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki 16 digit angka yang berfungsi untuk menghindari pemalsuan kartu. Kombinasi algoritma yang sudah terenkripsi sebagai identitas ini membedakan antara satu kartu dengan lainnya. Algoritma tersebutlah yang membuat keamanan kartu kredit lebih terjamin.

Nomor kartu kredit juga dibuat lebih unik dan tidak ada satupun yang memiliki kesamaan. Sehingga akan sulit bila ada pihak yang tidak bertanggung jawab dan berusaha untuk membobol kartu Anda. Keunikan deretan angka yang ada di dalamnya mampu membantu proses verifikasi keabsahan kartu dengan penggunanya.

Baca Ini Juga  Cara Menggunakan Social Spy WhatsApp Untuk Sadap WA Orang

Setiap nomor yang tercetak pada kartu kredit juga memiliki fungsi tersendiri. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • 0 = ISO/TC 68 dan industri terkait
  • 1 = Perusahaan penerbangan
  • 2 = Perusahaan penerbangan dan industri terkait
  • 3 = Perusahaan travel dan hiburan
  • 4 = Bank lembaga dan keuangan
  • 5 = Bank lembaga dan keuangan
  • 6 = Perusahaan perdagangan dan Bank
  • 7 = Perusahaan perminyakan
  • 8 = Perusahaan telekomunikasi dan industri terkait
  • 9 = Lembaga nasional terkait

Masing-masing angka memiliki kegunaan tersendiri. Jika Anda masih mempertanyakannya bisa melihat penjelasan tersebut.

Aturan Mengenai Angka pada Kartu Kredit

Indonesia memiliki aturan penomoran angka di awal 4 atau 5 karena diterbitkan oleh lembaga keuangan Bank ataupun non Bank. Identitas kartu kredit tersebut merupakan kode mata uang, bank proses transaksi, dan nomor akun nasabah. Untuk komposisinya bersifat tetap, hal ini bergantung pada jaringan kartu kredit terkait.

Keunikan pada nomor kartu kredit tersebut tidak hanya sekedar sebagai identitas saja, namun untukkeabsahan kartu kredit dalam proses transaksi. Pada sisa digit kartu kredit yang tertera menerapkan aturan sesuai perusahaan penerbit kartu kredit.

Baca Ini Juga  Download Sugar Live Apk Mod Versi Tebaru

Sangat penting bagi Anda untuk memahami nomor kartu kredit. Setiap digit memiliki fungsi tersendiri dan memicu pada keamanan agar lebih terjamin. Pastikan Anda menghindarkannya dari orang-orang dan cukup Anda saja yang mengetahuinya agar tidak disalahgunakan.