Dampak buruk dari begadang. |Unsplash.com
Dampak buruk dari begadang. |Unsplash.com

Patut Diwaspadai, Ini Dia 4 Dampak Buruk dari Begadang!

Diposting pada
Dampak buruk dari begadang. |Unsplash.com
Dampak buruk dari begadang. |Unsplash.com

Bahaya begadang sudah menjadi rahasia umum di kalangan masyarakat. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tetap begadang dengan sengaja. Padahal, dampak buruk dari begadang benar-benar berbahaya untuk kesehatan. Terlebih jika melakukan begadang secara rutin setiap malam. Hal tersebut akan berbahaya untuk kondisi fisik serta mental.

Umumnya, manusia membutuhkan waktu tidur sekitar 7 sampai dengan 9 jam per hari untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak adalah sekitar 10 sampai 12 jam per hari. Begadang membuat manusia hanya tidur kurang dari 7 jam. Bahkan, tidak sedikit pula yang akhirnya tetap terjaga sampai pagi. Hal itulah yang benar-benar mengancam kesehatan manusia.

Dampak Buruk Dari Begadang

Salah satu dampak yang paling nyata adalah sering mengantuk dan mengalami pusing selama sepanjang hari. Ternyata, dampak tersebut merupakan dampak yang cukup dasar untuk begadang. Masih banyak dampak lainnya yang sangat berbahaya bagi manusia. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa dampak buruk begadang untuk kesehatan manusia!

1.      Dampak Buruk Dari Begadang Yaitu Penuaan Dini

Dampak pertama dari begadang adalah penuaan dini. Apabila melakukan begadang, terlebih secara rutin setiap harinya. Maka akan mengalami kekurangan tidur. Hal tersebut menyebabkan tubuh akan memproduksi hormone kortisol atau hormon stress. Dampak dari hormon ini adalah mampu merusak struktur kolagen yang terdapat pada kulit manusia.

Baca Ini Juga  Formasi CPNS 2021 SMA Terlengkap, Baca Disini

Kolagen merupakan protein pada tubuh manusia yang berfungsi untuk membuat kulit lebih elastis serta kencang. Apabila terus menerus begadang, maka manusia berisiko mengalami penuaan dini. Kerusakan kolagen pun akan menyebabkan kulit dan wajah manusia akan lebih kering serta kusam. Selain itu, akan muncul pula kerutan wajah dan flek hitam.

2.      Sulit Konsentrasi dan Mudah Lupa

Dampak buruk dari begadang berikutnya adalah sulit berkonsentrasi serta mudah lupa. Tidur menyebabkan adanya proses perbaikan terhadap sel-sel saraf di otak manusia. Atau dapat disebut pula sebagai regenerasi sel-sel saraf di otak. Sehingga, fungsi otak manusia akan tetap terjaga dan berfungsi dengan baik. Manusia tidak akan mudah untuk lupa.

Apabila begadang, maka manusia pun tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Sehingga, proses regenerasi sel-sel saraf di otak pun tidak berjalan lancar serta maksimal. Hal tersebut menyebabkan manusia cenderung tidak mengalami regenerasi sel saraf. Maka, tidak heran apabila pada akhirnya manusia mudah untuk lupa dan lebih sulit berkonsentrasi.

Baca Ini Juga  Soal SBMPTN Terbaru untuk Latihan

3.      Muncul Penyakit Serius

Begadang pun dapat menyebabkan kemunculan beberapa penyakit serius serta kompleks. Mulai dari diabetes, serangan jantung, tekanan darah tinggi, gagal jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan sebagainya. Seperti yang telah disebutkan bahwa begadang akan menyebabkan kekurangan tidur dan tubuh memproduksi hormon stress lebih banyak.

Selain penuaan dini, ternyata hormon stress pun dapat menyebabkan diabetes. Karena tubuh manusia akan mengalami kekurangan sensitif terhadap efek insulin. Hal tersebut menyebabkan terjadinya penumpukan glukosa di aliran darah manusia. Sehingga, tidak heran apabila pada akhirnya dampak tersebut berujung pada diabetes.

4.      Menaikkan Berat Badan

Dampak terakhir adalah menaikkan berat badan. Orang-orang yang begadang biasanya akan memakan cemilan atau bahkan makanan berat pada malam hari. Hal tersebut tentunya akan menyebabkan berat badan lebih mudah untuk naik atau bertambah. Terlebih, sistem pencernaan pun tidak diberikan istirahat.

Beberapa dampak buruk dari begadang di atas seharusnya dapat diwaspadai. Sebaiknya, hindari begadang secara rutin. Terlebih jika melakukan begadang tanpa alasan. Karena begadang yang terlalu sering pun dapat berujung pada kematian. Tetaplah jaga kesehatan tubuh dengan tidur secara teratur dan cukup.

Baca Ini Juga  Mengenal Fouadwhatsapp, Fitur dan Resiko Menggunakannya