Ciri teman toxic.| Unsplash.com
Ciri teman toxic.| Unsplash.com

Penasaran Dengan Ciri Teman Toxic? Simak Ini Yuk!

Diposting pada

Ciri teman toxic sebenarnya dapat kamu kenali sejak dini. Namun, untuk berlepas dari hubungan seperti itu memang susah. Terutama jika temanmu memang kerap memanipulasi keadaan. Bahkan tidak segan menjadikanmu bersalah dalam setiap situasi. Tentu hubungan seperti tidak akan baik kedepannya, bukan?

Ciri Teman Toxic

Ciri teman toxic.| Unsplash.com
Ciri teman toxic.| Unsplash.com

Teman toxic merupakan seseorang yang membuat orang merasa direndahkan, terasing, dan merasakan hal merugikan lainnya. Sehingga membuat dia merasa kehilangan jati diri bahkan keberhargaan dirinya. Lalu apa saja ciri-ciri teman yang seperti ini? Simak ulasan berikut ini!

1.     Bergosif Dan Menyebarkan Berita Yang Belum Jelas Kebenarannya

Bergosip memang menjadis ebuah aktivitas yang banyak dilakukan oleh Sebagian besar masyarakat. Dari kelompok besar hingga kelompok kecil. Termasuk dalam cakupan pertemanan. Kamu harus hati-hati terhadap orang yang senang sekali begosip dna membicarakan keburukan orang lain. Terutama jika kabar tersebut belum tentu kebenarannya.

Hal ini dikarenakan dia pun akan berpeluang besar memperlakukanmu seperti itu ketika tidak bersamanya. Tentu akan bahaya jika kamu bercerita mengenai hal privasi dan ia bocorkan kepada yang lainnya. Namun, biasanya orang yang seperti ini tidak menyadari kesalahan yang ia lakukan.

Baca Ini Juga  Tips Memilih Pashmina Plisket yang Bagus

2.     Memicu Perasaan Tidak Aman

Seharusnya ketika kumpul dengan teman-teman, kamu merasa senang bukan? Namun, beda hal lagi ketika kamu kumpul dan timbul perasaan kewaspadaan atau tidak aman. Pasti akan menimbulkan kekhawatiran dan kemungkinan kamu ingin pergi dari tempat tersebut.

Adapun penyebabnya sendiri bisa jadi kamu mendapatkan perlakuan yang kurang baik sebelumnya dari teman tersebut. seperti bullying, dipermalukan di depan umum, dan lain sebagainya.  Dimana hal tersebut malah merugikan dirimu sendiri.

3.     Kerap Menyakiti Dirimu

Salah satu ciri teman toxic adalah mereka yang sering menyakiti perasaanmu. Baik dari segi ucapan maupun tindakan. Misalnya, kamu sering bercerita mengenai hal-hal yang privasi kepadanya. Namun, terkadang ia dengan terang-terangan membuka aib tersebut hanya untuk jadi bahan candaan atau obrolan. Sekalipun kamu tegur, ia mungkin akan membela diri atas tindakannya tersebut.

Seperti, “ Yang penting kan aku nggak ngomongin dibelakang kamu” atau “ Gitu aja baper, biasa aja kali!” dan lain sebagainya. Seolah-olah hal tersebut memang benar, tetapi faktanya ia tidak bisa menghormati privasi dirimu sendiri. Hal ini pun bisa jadi, tidak hanya dilakukan hanya sekali atau dua kali saja. Jika temanmu seperti ini, maka kamu perlu waspada.

Baca Ini Juga  Gaji Karyawan PT Dua Berlian Terbaru

4.     Membandingkan Diri

Pernah tidak, ketika kamu bercerita tentang kesusahan yang sedang kamu alami. Malah dia membandingkan dirimu dengan dirinya yang telah melalui banyak hal dan kehidupannya jauh lebih menderita. Padahal sebenarnya, kamu ingin cerita hanya ingin didengarkan atau ingin solusi.

Bukan dibandingkan dengan kehidupan yang dialami. Seolah-olah dia ingin menyatakan bahwa kehidupan yang dijalani lebih sulit dan ia bisa melalui itu semua. Bahkan ia pun tidak ragu untuk membandingkan kamu dengan orang lain yang telah mengatasi permasalahannya. Tentu perlakuan seperti ini tidak baik jika terus-terusan kamu terima. Pasalnya, dapat mengurangi rasa keberhargaan diri sendiri, minder, dan lain sebagainya.

5.     Manipulatif

Teman seperti ini biasanya akan berlaku seolah-olah ia paling tertindas dan dia hanya korban. Bahkan tidak tanggung-tanggung, ia akan melempar kesalahan pada orang lain. Ketika disalahkan, dia tidak mau dan selalu berusaha untuk membela diri dengan berbagai macam. Contohnya ketika dia menginginkan perhatian dari banyak orang, dia akan selalu tampil paling baik dibandingkan kamu.

Baca Ini Juga  Apa Sih Manfaat Menjadi Orang Mandiri?

Selain itu, ia pun sering bercerita hal yang tidak-tidak mengenai dirimu sendiri. COntoh lainnya, misalnya ia adalah orang yang salah. Ia bisa saja mengembalikan keadaan dengan membuat kamu merasa bersalah atas kesalahan yang ia buat.

Selain ciri teman toxic diatas, ia pun kerap ingin merubahmu menjadi sosok atau pribadi yang bukan kamu. Bahkan bisa jadi, ia tidak peduli dengan prinsip atau nilai-nilai kehidupan yang kamu pegang. Tidak hanya itu, perubahan ini pun sering kali lebih condong kearah negatif. Jika kamu memiliki teman seperti itu, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk menjalin relationship dengan mereka. Cek informasi lainnya di sini yuk!