soal AKM kelas 5 SD

Soal AKM Kelas 5 Lengkab Beserta Jawabannya

Diposting pada

soal AKM kelas 5 SD

HARGABELANJA.COM – Soal AKM kelas 5 perlu kalian pelajari agar bisa mengerjakannya dengan mudah saat ujian berlangsung. AKM menjadi salah satu sistem penilaian kompetensi mendasar milik siswa setelah menerima pembelanjaran di sekolah. AKM adalah penilaian kompetensi mendasar untuk semua siswa agar bisa mengembangkan diri dan berpartisipasi positif di lingkungan masyarakat.

Ada dua kompetensi mendasar yang nantinya akan keluar yaitu literasi membaca dan literasi matematika. Siswa nantinya akan menjawab berbagai macam soal sesuai dengan kategori. Salah satunya pada numerisasi, siswa nantinya akan menyelesaikan soal pengetahuan yang terkait dengan numerisasi.

Soal AKM Kelas 5 Numerisasi

Eko suka mengumpulkan mainan transportasi. Di bawah ini koleksi mainannya sekarang:

– Mobil mainan = 10 buah
– Mainan helikopter = 6 buah
– Mainan sepeda = 3 buah

Sebagai hadiah ulang tahun, Ayah akan membelikannya mainan. Eko ingin jumlah semua mainannya sama banyak. Ayah setuju tapi ia hanya akan membelikan sesedikit mungkin.

Bantu Eko memilih dan menghitung mainan yang harus dibeli!

Jawaban: Mainan yang dibeli adalah 4 mainan helikopter dan 7 mainan sepeda

Baca Ini Juga  Kombinasi Warna Cat Gold Depan Rumah

Pembahasan:

Agar jumlah masing-masing mainan sama, maka jumlah helikopter dan sepeda dibuat sama dengan jumlah mobil (jumlah yang paling banyak).
Jumlah helikopter yang dibeli= Jumlah mobil sekarang – Jumlah helikopter sekarang= 10 − 6 = 4
Jumlah sepeda yang dibeli = Jumlah mobil sekarang – Jumlah sepeda sekarang = 10 − 3 = 7
Jadi, mainan yang dibeli adalah 4 helikopter dan 7 sepeda.

Soal AKM Kelas 5 Literasi Membaca

soal AKM kelas 5 SD

PARAHNYA MASALAH SAMPAH PLASTIK DI INDONESIA

Masalah sampah plastik di Indonesia kembali menjadi sorotan publik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Jenna R. Jambeck dari University of Georgia, pada tahun 2010, ada 275 juta ton sampah plastik yang dihasilkan di seluruh dunia. Di antara jutaan ton sampah tersebut, sekitar 4,8 hingga 12,7 juta ton terbuang ke laut dan mencemari laut.
Di Indonesia, ada sekitar 3,22 juta ton sampah plastik yang tak terkelola dengan baik. Sekitar 0,48 hingga 1,29 juta ton dari sampah plastik tersebut diduga mencemari lautan. Hal itu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pencemaran sampah plastik ke laut terbesar kedua di dunia.
Pencemaran plastik di Indonesia diperkirakan akan terus meningkat. Hal itu dapat terjadi karena saat ini, industri-industri minuman di Indonesia tumbuh dengan pesat. Padahal, banyak produk minuman yang menggunakan plastik sekali pakai sebagai packaging.
Pertumbuhan industri minuman yang sangat pesat tentu saja akan menghasilkan pertumbuhan jumlah sampah plastik yang semakin banyak. Terlebih, saat ini kapasitas pengolahan limbah plastik masih terbilang minim.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Pemuaian Zat Padat dan Pembahasannya

Berdasarkan berita tersebut, untuk mengurangi tingkat pencemaran plastik, peran apa yang dapat kamu lakukan sebagai siswa?

A. Membuat minuman berkemasan plastik secara pribadi.
B. Membuat aturan mengenai larangan membuang sampah plastik.
C. Tidak membuang sampah sembarangan.
D. Membuang seluruh plastik yang dimiliki agar tidak menjadi sampah.

JAWABAN : C

Latihan Soal AKM Kelas 5 SD

Kurang lebih soal AKM yang akan keluar terkait numerisasi dan literasi membaca. Masing-masing bisa kalian pelajari dengan melihat contoh di atas. Setiap soal memiliki kesulitan yang berbeda-beda agar kalian bisa menjawabnya dengan menar.

Demikian penjelasan tentang soal AKM kelas 5 SD. Supaya mendapatkan nilai yang tinggi, maka sangat penting bagi kalian untuk belajar sebanyak mungkin. Pelajari latihan soal yang ada, semakin banyak maka wawasan kalian akan lebih luas. Dengan begitu, kesempatan untuk menjawab soal AKM dengan benar sangat potensial karena sudah banyak belajar. Untuk hasil menyesuaikan dengan jawaban yang kalian pilih apakah benar atau tidak.