Public speaking.| Unspalsh.com
Public speaking.| Unspalsh.com

Suka  Public Speaking? Inilah Pilihan Profesi Yang Cocok Untukmu

Diposting pada

Public speaking merupakan kemampuan dalam mempresentasikan atau menyampaikan sesuatu secara lisan di depan banyak orang atau public. Selain itu, menurut para ahli kemampuan ini merupakan  seni berbicara di depan umum. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan ini. pasalnya bisa saja apa yang disampaikan di depan umum tidak dapat dimengerti oleh audience.

Sehingga sangat penting untuk gaya bahasa, materi yang disampaikan, dan lain sebagainya. Sehingga apa yang ingin kamu sampaikan pun dapat diterima dengan mudah oleh Audience. Oleh sebab itu, belajar mengenai public speaking itu sangat penting. Bahkan lebih baik lagi kemampuan ini dilatih sejak usia dini.

Alasan Public Speaking Penting

Public speaking.| Unspalsh.com
Public speaking.| Unspalsh.com

blank

Banyak orang yang ingin menguasai kemampuan public speaking. Hal ini tentunya karena beberapa banyak manfaat yang akan didapatkannya. Dari mulai dapat menunjang pekerjaan sampai dengan untuk kebutuhan pendidikan. Untuk lebih jauhnya yuk simak informasi berikut ini dengan seksama!

1.      Dapat Tingkatkan Kepercayaan Diri

Apabila kamu sudah menguasai kemampuan ini maka kamu tidak akan terlalu takut lagi untuk berbicara di depan umum. Bahkan kamu pun dapat menuangkan atau memaparkan ide dan tujuan yang kamu pikirkan. Selain itu, kemampuan ini pun dapat membantumu bagaimana cara persuasi maka kamu akan semakin pede atau percaya diri.

Tidak heran orang yang jago berbicara di depan umum pesan yang disampaikan pun lebih jelas. Tentu hal ini berbeda apabila kamu tidak cakap dalam public speaking, bisa jadi sebagus apapun ide yang ingin ditawarkan itu percuma. Hal ini karena kamu gugup dalam menyampaikannya di depan orang banyak karena gagasan kamu akan terhambat.

2.      Membantu Kamu Lebih Supel

Alasan lainnya mengapa public speaking sangat penting adalah dapat membantumu untuk supel. Kamu tidak akan segan untuk berbaur dengan orang lain. Bahkan obrolan kalian pun akan lebih seru dan tidak kaku karena kamu tahu cara membuat suasana cair atau menghidupkan suasana yang kaku.

Sehingga kamu tidak akan ragu untuk mengajak orang berbicara di sebuah acara atau  bepergian sendiri. Pasalnya, jika kamu mengalami masalah maka kamu tidak akan ragu untuk meminta bantuan kepada orang yang dipercaya seperti satpam dan lain sebagainya.  Maka tidak heran apabila mereka memiliki banyak kenalan maupun relasi.

3.      Membentuk Jiwa Leadership Yang Bagus

Tentunya salah satu ciri dari orang yang memiliki jiwa leadership adalah memiliki kemampuan public speaking yang bagus. Hal ini karena seorang pemimpin akan memimpin dalam meeting maupun rapat untuk memaparkan gagasan sebuah organisasi maupun perusahaan.  Dimana ketika belajar public speaking kamu pun akan mempelajari berbagai hal.

Seperti  cara mempengaruhi orang lain, bagaimana cara membuat anggota atau audience menjadi semangat atau antusias, dan lain sebagainya. Maka tidak heran dengan kemampuan ini akan membentuk jiwa leadership yang bagus. Namun, untuk menjadi seorang pemimpin yang baik maka kamu perlu mempelajari hal lainnya. Seperti menganalisa kebutuhan anggota dan organisasi, tidak bersikap egois, dan lain sebagainya.

Baca Ini Juga  Link Kumpulan Twibbon Bucin Terbaru

4.      Melatih Berpikir Secara Kritis

Kemampuan public speaking dapat melatih kita untuk berpikir secara kritis. Hal tersebut ketika kamu berbicara di depan umum maka kamu perlu menemukan bahan pembicaraan yang bagus. Sehingga audience dapat memahami apa yang kamu ingin sampaikan bahkan dapat berinteraksi dengan aktif.  Dimana pemikiran kritis ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan.

Baik untuk kebutuhan pekerjaan, akademisi, maupun kehidupan sehari-hari. Pasalnya dengan hal ini kamu tidak akan cepat menangani suatu hal tanpa dipikirkan terlebih dahulu atau hanya menilai suatu hal hanya dari satu sisi. Dengan begitu, kamu pun dapat memutuskan suatu perkara lebih hati-hati dibandingkan kamu berpikir secara sembrono.

Metode Dalam Public Speaking

Dalam melakukan public speaking tentunya terdapat beberapa kendala. Selain itu, untuk mengatasi kendala dan berlatih ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan. Adapun untuk masing-masing metode ini memiliki teknik tersendiri. Sehingga kamu dapat memilih mana yang lebih cocok untukmu. Inilah beberapa metode yang bisa kamu lakukan!

1.      Metode Impromptu

Metode ini banyak digunakan oleh orang yang sudah profesional di bidangnya. Hal ini karena penyampaian pesan atau pidato dilakukan saat itu juga. Dengan kata lain, dalam public speaking dibuat secara spontan tanpa naskah atau catatan kecil.

Namun, meskipun begitu pesan yang disampaikan tetaplah padat akan makna. Selain itu, semua materi disampaikan secara  lugas dan lancar. Meskipun begitu, hanya sedikit orang yang menerapkan metode ini ketika public speaking.

2.      Metode Hafalan

Metode ini adalah dengan menggunakan hasil hafalan dari materi yang telah dipelajari. Untuk membuat kamu siap dengan teknik ini, maka kamu perlu menemukan cara efektif dalam menghafal suatu materi. Sehingga kamu pun lebih rileks dan enjoy untuk berlatih.

Biasanya orang yang suka menggunakan teknik ini dalam public speaking adalah mahasiswa yang sedang sidang skripsi, karyawan atau mahasiswa yang sedang menerangkan suatu hal, dan lain sebagainya. Tentu teknik ini sangat cocok bagi kamu dengan kemampuan ingatan yang kuat.

3.      Metode Membaca Naskah

Teknik public speaking ini adalah dengan membaca sebuah naskah yang telah disiapkan dengan baik. Adapun pembuat naskah untuk hal ini dikenal dengan protokoler. Namun, meskipun begitu, kamu pun perlu menguasainya dengan baik. Pahalanya, meskipun hanya terkesan mudah karena cukup membaca.

Tetap saja, kamu perlu memahami materi yang ingin disampaikan sehingga pembawaannya pun lebih nyaman dan enjoy. Artikulasi, jeda, maupun nada haruslah sesuai. Teknik ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang ingin menyampaikan sebuah pidato. Contohnya seorang presiden yang menyampaikan gagasannya di rapat dunia.

Baca Ini Juga  17 Gaji Karyawan PT Jasa Marga Dan Cara Mendaftarnya

4.      Metode Extempore Atau Using Note

Metode ini tidak hanya menggunakan satu teknik saja. Hal ini karena metode ini menerapkan berbagai teknik yang telah dibahas di atas. Dari mulai menghafal, membaca naskah, sampai dengan impromptu.

Untuk caranya sendiri kamu bisa membuat sebuah kerangka dari materi yang akan dibahas nantinya. Dengan begitu, kamu akan lebih mengerti garis besar atau benar dari materi tersebut. Selain itu, kamu pun memahami arah atau jalur materi yang akan kamu bahas. Bahkan cara ini pun dilakukan untuk menghindari sebuah kesalahan ketika berada di hadapan public.

Profesi Untuk Yang Suka Public Speaking

Bagi kamu yang memiliki minat yang besar di public speaking ternyata ada beberapa profesi yang cocok untuk kamu geluti. Sehingga, bekerja pun akan lebih enjoy dibandingkan kamu bekerja dengan posisi atau profesi yang tidak kamu sukai, bukan? Nah, inilah beberapa profesi yang cocok untuk kamu yang menyukai public speaking

1.      Trainer

Apakah kamu sudah familiar dengan profesi satu ini? Seperti yang diketahui bahwa trainer merupakan orang yang ahli dalam berbicara di depan umum. Namun, bukan hanya pintar dalam berbicara saja. seorang Trainer perlu kemampuan lain yang menunjangnya yaitu memiliki komunikasi yang baik, tidak pernah lelah untuk belajar,  dan sering melakukan riset secara mendalam.

Selain itu, kamu pun perlu memiliki rasa empati dalam menyikapi masalah yang terjadi. Dengan begitu, kamu akan memahami para peserta yang menjadi audience kamu tersebut. Namun, disisi lain seorang trainer pun perlu bisa membawa diri dengan baik. Sehingga mampu mendengarkan dengan cara seksama. Dengan begitu, kamu bisa merespon atau menjawab peserta training dengan baik dan optimal.

2.      Reporter

Pekerjaan ini tidak hanya menuntut untuk kamu public speaking saja. Namun, membutuhkan keberanian juga karena terkadang harus terjun ke lapangan. Bahkan tidak hanya berbicara dengan narasumber saja, tetapi kamu pun perlu berbincang dengan para penonton yang berada di rumah. Tentunya pertanyaan-pernyataan ini pun tidak bisa dibuat begitu saja karena harus disiapkan dengan sangat matang.

Selain itu, untuk membuat list pertanyaan tersebut  dengan melakukan riset secara mendalam. Sehingga pertanyaan pun tidak diajukan secara asal-asalan.  Sehingga jika kamu merasa lebih cocok menjadi seorang reporter, maka cobalah untuk memberanikan diri melamar. Namun, sebelum itu cobalah untuk menyiapkan segala dokumen maupun hal lainnya dari sekarang.

3.      Pembawa Acara

Profesi ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang senang memabawakan acara untuk suatu event dan lain sebagainya. Selain itu, profesi ini pun sering muncul di televisi, seperti pembawa berita maupun acara-acara televisi lainnya. Selain itu, dalam sebuah event kamu bisa menjadi seorang mc atau master of ceremony.

Baca Ini Juga  Warna Cat No Drop untuk Dalam Rumah

Tentu profesi ini menuntut kamu untuk kreatif dan luwes dalam merespon dalam mengajukan pertanyaan. Sehingga narasumber nyaman berbincang dengan diri dan informasi yang diharapkan pun bisa kamu dapatkan. Bahkan dalam mengajukan pertanyaan pun tidak bisa sembarangan. Pasalnya, pertanyaan tersebut harus dikaji terlebih dahulu tujuan, melanggar kode etik atau tidak, dan lain sebagainya. Selain itu, bagi kamu yang menjadi MC pun harus mampu mencairkan suasana dan mengajak para peserta atau penonton untuk berinteraksi.

4.      Announcer atau penyiar

Profesi ini ternyata tidak hanya identik dengan radio saja. Hal ini karena penyiar dapat ditempatkan di mall atau pusat perbelanjaan.  Untuk job desk nya hampir sama, hanya saja informasi yang diberikannya berbeda. Namun, yang jelas seorang penyiar harus mampu menyampaikan pesan kepada public melalui suaranya.

Selain itu, pesan tersebut pun harus mudah dipahami oleh khalayak ramai. Tentu hal tersebut menuntut kamu untuk dapat merangkai kata dengan baik, penyampaian informasi harus jelas baik secara materi maupun artikulasi, dan gaya bahasa pun dapat disesuaikan dengan audience yang disasar.

5.      Moderator

Bagi kamu yang memiliki minat terhadap public speaking maka profesi lainnya yang bisa kamu pilih adalah sebagai moderator. Dimana profesi ini memiliki tugas untuk menuntun sebuah diskusi dan harus mampu menengahi pembicara dengan peserta diskusi. Selain itu, seorang moderator pun harus mampu menghidupkan proses diskusi tersebut. Sehingga acara tersebut tidak berjalan dengan membosankan sampai membuat orang malas atau bingung untuk berinteraksi. Jika kamu memilih profesi ini, maka kamu harus bisa berimprovisasi bahkan mampu memberikan batasan. Supaya perbincangan tersebut tidak melenceng dari tema yang dibahas. Tentu ini dapat menjadi tantangan tersendiri, bukan?

Public speaking merupakan sebuah kemampuan untuk berbicara di depan umum atau public. Tentunya, informasi yang disampaikan dengan percaya diri dan jelas. Selain itu, untuk metodenya pun kamu dapat menyesuaikan. Apakah lebih cocok menghafal, baca narasi, Impromptu, atau gabungan dari semua itu. Dalam berlatih cobalah untuk menemukan cara public speaking yang cocok untukmu. Selain itu, kamu pun dapat membaca informasi lainnya yang menarik dan informatif di remendasi.id.