Ukuran Kertas F4 dan cara settingnya Pixel, Inci, MM, CM

Ukuran Kertas F4 dan Cara Settingnya Pixel, Inci, MM, CM

Diposting pada

Ukuran kertas F4 sepertinya sudah tidak asing lagi bagi Anda, jenis kertas yang satu ini umum banyak yang menggunakannya. Berbagai macam keperluan yang bisa Anda lakukan seperti mencetak dokumen, menggarap pekerjaan, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan jenis kertas yang satu ini umumnya akan membuat hasil lebih efektif sesuai standar.

Ada banyak sekali jenis kertas dengan ukuran yang berbeda seperti A4 yang cukup populer. Untuk F4 memiliki ukuran yang lebih besar daripada ukuran kertas A4. Jika Anda ingin membuat sebuah dokumen bebas menentukan jenis kertas yang akan Anda pakai. Untuk settingannya juga perlu Anda ketahui agar hasilnya tidak salah. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan kertas F4 sesuai dengan settingan yang benar.

Kertas F4

Kertas F4 adalah salah satu jenis kertas non standar yang umum digunakan di Asia Tenggara. Termasuk di Indonesia sendiri, kertas F4 banyak yang menggunakannya. Jenis kertas yang satu ini memiliki dimensi yang tidak masuk dalam kertas ISO internasional karena lebih besar daripada kertas lainnya seperti A4. Namun bagi Anda yang ingin membuat dokumen juga bisa memakai jenis kertas yang satu ini.

Baca Ini Juga  Download Higgs Domino Mod Apk
Lanjutkan Membaca

Ukuran kertas F4 lebih besar daripada A4, namun untuk penggunaan dalam proses pengetikan ataupun print sebaiknya Anda lakukan secara manual. Hal ini karena F4 tidak terdapat dalam Microsoft Office versi manapun, sehingga harus bisa melakukan setting dengan benar. Banyak yang menyebutnya kertas F4 seperti halnya dengan kertas Folio.

Ukuran Kertas F4 Pixel, Inci, MM, CM

Terdapat beberapa macam ukuran kertas F4 yang bisa Anda pakai baik dalam satuan pixel, mm, cm, dan inci. Hal ini sangat penting untuk Anda ketahui agar saat menyettingnya tidak terjadi kesalahan. Sehingga ketika Anda print sebuah dokumen tidak mengulanginya lagi hanya karena salah ukuran saja.

Berikut beberapa ukuran F4 yang bisa Anda gunakan:

  • Ukuran CM

Salah satu ukuran F4 yang paling sering orang gunakan adalah 21×33 cm. Jenis ukuran yang satu ini bisa Anda terapkan langsung dalam membuat sebuah dokumen.

  • Ukuran MM

Ketika Anda ingin mencetak sebuah dokumen menggunakan ukuran mm, setting terlebih dahulu. Lalu buat ukuran F4 menjadi 210 mm x 330 mm.

  • Ukuran Inci
Baca Ini Juga  Ukuran Kertas A4 dalam Satuan (Pixel, MM, Inci, dan CM)

Bagi Anda yang ingin menggunakan kertas F4 ukuran inci juga bisa setting dengan mudah. Buat saja ukuran 8,27 inci x 12,99 inci.

  • Ukuran Pixel

Kertas F4 Pixel memiliki format yang berbeda sesuai dengan kertas seperti F4-72 DPI lebar 595 px tinggi 935 px, F4-96 DPI lebar 793 px tinggi 1274 px, F4-150 DPI lebar 1240 px tinggi 1948 px, F4-300 DPI lebar 2481 px tinggi 3897 px.

Cara Setting Kertas F4

Ukuran Kertas F4 dan cara settingnya Pixel, Inci, MM, CM

Sebelum mencetak sebauh dokumen, sebaiknya setting terlebih dahulu ukurannya agar tidak lupa. Sehingga akan mempermudah Anda saat mencetak atau print dokumen tersebut. Berikut cara setting kertas F4 yang benar:

  • Buka ms Word atau file yang akan Anda edit
  • Buka menu layout, klik menu size
  • Pada bagian drop down yang muncul, pilih menu paling bawah
  • Isi kolom width dan kolom height sesuai ukuran kertas yang ingin Anda buat
  • Pada bagian apply to: pilih Whole Document dan setting kertas yang Anda gunakan dalam dokumen word yang Anda buka
  • Klik tombol ok dan selesai
Baca Ini Juga  Logo Touman FF, Cara Membuatnya dengan Mudah

Buat ukuran kertas F4 sesuai keinginan Anda agar hasil dokumen yang tercetak lebih memuaskan. Ikuti beberapa tips di atas untuk setting F4 dengan benar.