apa itu vps

Apa Itu VPS ? Kelebihan Menggunakan VPS Untuk Bisnis

Diposting pada

Saat ini, banyak orang mulai lebih tertarik menggunakan vps Indonesia untuk kepentingan bisnis. Hal itu tak lepas karena performanya yang memang lebih baik dibandingkan dengan hosting biasa. Anda bisa menggunakannya layaknya server pribadi, tidak ada pengguna lain pada server tersebut. Sebelum mengetahui lebih lanjut, ketahui dahulu apa itu vps ?

apa itu vps

Apa Itu VPS ?

Virtual Private Server (VPS) merupakan sebuah server pribadi yang dapat dikelola seluruh resourcenya sendiri tanpa diganggu pengguna lain. Dengan begitu, Anda sebagia administrator bisa melakukan apapun sesuai dengan kebutuhan. Teknologi yang ada pada vps hosting ini berupa virtualisasi hadrware server fisik, sehingga bisa dibagi menjadi beberapa resouce yang berbeda.

Kelebihan Menggunakan VPS Untuk Bisnis

Ada berbagai kelebihan yang nantinya bakal Anda dapatkan jika menggunakan VPS. Berikut beberapa kelebihan yang bakal menguntungkan bisnis Anda.

Hemat biaya

Sayangnya, memiliki dedicated server sendiri bisa sangat mahal bagi banyak usaha kecil. Inilah alasannya sebaiknya memilih paket yang menyediakan Virtual Private Server Hosting untuk bisnis Anda. Jenis hosting ini memungkinkan perusahaan untuk tetap mendapatkan banyak manfaat dari server khusus dengan biaya yang lebih murah.

Baca Ini Juga  Harga Granit di Medan Berbagai Merk dan Ukuran

Mudah Meningkatkan Resouce

Dengan memiliki VPS murah Anda bisa menyesuaikan resouce dengan kebutuhan. Saat Anda mulai meningkatkan bisnis Anda, hosting VPS dapat Anda tingkatkan juga untuk menanganinya dengan aman. RAM dan CPU pada server pribadi virtual hanya digunakan oleh bisnis Anda sehingga Anda dapat meningkatkan fitur ini sesuai kebutuhan. Berbeda dengan shared hosting, Anda jauh lebih dibatasi dalam hal seberapa banyak lalu lintas yang dapat Anda tangani.

Bisa Lebih Diandalkan

Dengan server pribadi, berarti Anda tidak akan membagikan kemampuannya dengan bisnis lain. Kinerja situs Anda mungkin merupakan satu-satunya aspek terpenting dari bisnis online Anda. Jadi penting untuk menghilangkan masalah server seperti keterbatasan RAM atau kelebihan pengunjung situs. Dengan VPS Hosting, Anda dapat tidur nyenyak di malam hari karena peningkatan keandalan situs Anda mencegah masalah kinerja umum. Anda bisa menggunakan VPS Windows maupun VPS Linux sesuai dengan kebutuhan.

Keamanan Server Terjamin

Kebebasan di internet membuka pintu bagi peretas untuk mendatangkan malapetaka yang merugikan jika tidak ada keamanan. Dengan paket VPS, banyak penyedia memiliki opsi untuk mengaktifkan langkah-langkah keamanan server, memberi Anda ketenangan pikiran dan perlindungan dari berbagai serangan dunia maya dengan memantaunya secara cepat dan menyeluruh, menangkapnya, dan menekannya. Terlebih untuk paket cloud VPS yang bakal menjamin data Anda aman.

Baca Ini Juga  8 Situs Penyedia Hosting Gratis Selamanya Tanpa Batas

Bisa Untuk Banyak Domain

Hanya karena Anda memiliki bisnis kecil, bukan berarti Anda harus memiliki satu domain saja. Banyak perusahaan memiliki banyak domain untuk berbagai produk atau cabang bisnis mereka. Ini adalah area lain di mana memilih layanan VPS menguntungkan karena memiliki sumber daya untuk mendukung lebih banyak domain tanpa mengorbankan kinerja atau keandalan. Secara umum, Anda bebas menambahkan berapapun domain yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih OS Dan Perangkat Lunak Anda Sendiri

Jika menggunakan shared hosting, Anda terbatas dalam memilih sistem operasi. Memiliki VPS menghilangkan batasan ini yang memungkinkan Anda kebebasan untuk membuat pilihan yang terbaik untuk bisnis Anda. Dunia aplikasi juga terbuka lebar untuk Anda. Saat ini ada dua sistem operasi yang biasa orang terapkan yakni Windows dan Linux. Pastikan Anda tidak menggunakan VPS gratis karena kualitasnya akan membuat repot dalam mengelola bisnis.