cara diet karbohidrat.|Unsplash.com
Cara diet karbohidrat.|Unsplash.com

Bagaimana Cara Diet Karbohidrat?

Diposting pada
cara diet karbohidrat.|Unsplash.com
Cara diet karbohidrat.|Unsplash.com

Ada beberapa cara diet karbohidrat yang bisa kamu lakukan. Namun, kamu pun perlu mengetahui bahwa dengan  melakukan diet karbohidrat maka kamu akan merasakan berbagai manfaat bagi tubuh.

Cara Diet Karbohidrat

Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat hingga melebihi kadar yang dibutuhkan, memang memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan. Sehingga, jika kamu sudah dinyatakan oleh dokter, bahwa kamu kelebihan karbohidrat. Maka tidak ada salahnya, kamu mulai diet sekarang juga. Adapun cara yang tepat adalah sebagai berikut!

1.    Tidak Melebihi Takaran

Konsumsilah hanya 15 sampai dengan 30 gram Karbohidrat untuk setiap harinya. Namun, kamu perlu tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan protein yang baik. Dimana makanan tersebut tidak mengandung kolesterol. Adapun makanan tersebut seperti alpukat dan minyak zaitun. Bahkan kedua makanan tersebut dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.

2.    Mengurangi Makanan Yang Manis

Cobalah untuk mengurangi makanan-makanan manis. Seperti coklat, kue, biskuit, permen, dan lain sebagainya.meskipun makanan tersebut memang enak, tetapi tidak baik untuk kesehatan tubuhmu. Bahkan dapat meningkatkan beban berat badanmu. Selain itu, dapat membuat  gigi menjadi rusak..

Baca Ini Juga  Harga Jual Besi Bekas Terbaru Tahun Ini

3.    Memenuhi Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh

Minum air mineral atau putih memang sangat penting untuk dilakukan. Kamu dapat minum sekitar delapan liter untuk setiap harinya. Untuk menyiasatinya, kamu bisa membawa botol minum air putih kemana-mana. Sehingga, ketika haus, kamu dapat langsung minum.  Hindari pula mengkonsumsi  minuman dengan pemanis tambahan.

Perlu Anda ingat bahwa kebutuhan kalori dan energi setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, aktivitas sehari-hari, dan kondisi kesehatan

Manfaat Diet Karbohidrat

Ada beberapa manfaat diet karbohidrat yang akan kamu rasakan nantinya. Diantaranya dapat menurunkan kadar gula darah, menjaga kesehatan jantung, dan lain sebagianya. Untuk lebih jauh, yuk simak informasi berikut ini!

1.    Menurunkan Gula Darah Pada Tubuh

Makanan yang mengandung indeks glikemik yang cukup tinggi terdapat pada pasta dan roti putih. Dengan begitu, ketika kamu terus mengkonsumsi makanan tersebut maka  kadar gula darah dapat meningkat secara tiba-tiba.

Selain itu, apabila gula ini tidak digunakan, maka akan disimpan sebagai lemak pada tubuh. Tentu hal tersebut sangat berbahaya, khususnya bagi orang yang menderita diabetes. Maka, cobalah untuk diet dari makanan yang mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Pasalnya, hal tersebut dapat menurunkan kadar gula darah yang ada pada tubuh.

Baca Ini Juga  8 Rekomendasi Email Hosting Murah Untuk Bisnis

2.    Lemak Dapat Cepat Terbakar

Karbohidrat memang digunakan untuk sumber energi bagi tubuh. Namun, ketika dikonsumsi secara berlebihan pun itu tidak baik. Sehingga ketika diet karbohidrat maka metabolisme tubuh akan memasuki sebuah proses yang dinamakan ketosis. Dimana Pada proses ini, lemak akan dibagi untuk dijadikan energi sehingga berat badan pun akan mengalami penurunan.

3.    Baik Untuk Kesehatan Jantung

Diet ini pun sangat baik untuk kesehatan jantung. Dimana hal ini dapat mencegah sebuah kondisi yang bernama sindrom metabolic, tekanan darah tinggi, maupun diabetes. Selain itu, diet ini pun dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

Beberapa cara diet karbohidrat di atas dapat kamu lakukan secara bertahap. Namun, pastikan sebelumnya kamu sudah konsultasi dengan ahli gizi atau orang yang profesional dalam bidang tersebut.

Sehingga tidak salah langkah, pasalnya jika kamu kekurangan karbohidrat maka akan menyebabkan berbagai masalah. Diantaranya diare, sembelit, sakit kepala, bahkan kelelahan. Sehingga, dibutuhkan dari karbohidrat ini harus tetap terpenuhi sesuai takarannya.

Baca Ini Juga  Samsung Galaxy A50S: Kelebihan dan Kekurangan