Harga Daging Wagyu A5
Harga Daging Wagyu A5

Harga Daging Wagyu A5 Tahun 2021 di Indonesia

Diposting pada

Harga daging wagyu A5 membuat banyak orang geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak, daging sapi di Indonesia saja ketika harganya mencapai 150 ribu per kilogram, sudah banyak orang protes. Apalagi jika kamu tahu berapa daging ini di pasaran, pasti kamu akan berpikir dua kali untuk membelinya.

Nah, daripada kamu penasaran kenapa daging sapi jenis ini begitu mahal, dan apakah grade A5 itu? Mari kita cari tahu melalui pembahasan tentang daging wagyu grade A5.

Daging Wagyu A5 Adalah

Harga daging wagyu A5 yang mahal membuat banyak orang penasaran apa alasannya. Adapun nama wagyu memiliki arti daging sapi Jepang. Daging tersebut merupakan hasil dari pemotongan dari 4 jenis sapi unggulan yang ada di Jepang.

Lanjutkan Membaca

Seperti sapi Japanese Black, sapi Japanese Polled, sapi Japanese Brown, serta sapi Japanese Shorthorn, atau ada juga yang merupakan jenis sapi campuran atau kawin silang dari keempat jenis sapi tersebut.

Proses pemeliharaan sapi-sapi wagyu berbeda dengan pemeliharaan sapi sebagaimana yang kita tahu. Melainkan menggunakan treatment ketahanan fisik atau jika kita samakan dengan manusia seperti olahraga rutin.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis Yogyakarta, Update

Dengan treatment tersebut, menjadikan harga daging wagyu A5 sangat spesial. Karena sapi wagyu akan mempunyai jaringan lemak yang lebih banyak dan itu tersebar secara merata ke dalam serabut-serabut otot sapi. Istilah kerennya adalah intramuscular fat cells.

Adapun jaringan lemak yang ada pada sapi wagyu bernama marbling. Dengan lemak yang terdistribusi secara merata ke semua bagian jaringan otot sapi, maka hasilnya daging wagyu akan tampak berwarna cerah merah muda. Selain itu dagingnya juga akan jauh terasa lebih lembut.

Untuk menjaga kualitas dan harga daging wagyu A5 di pasaran, Pemerintah Jepang sampai-sampai mengeluarkan kebijakan ketat terkait proses produksinya. Adapun faktor yang menjadi perhatian utama dalam proses produksi wagyu ada dua.

Pertama adalah terkait kuantitas daging yang dapat dihasilkan, dan yang kedua adalah kualitas marbling dari sapi-sapi tersebut. Hanya wagyu yang lolos sertifikasi A3 sampai A5 yang boleh masuk pasar daging di Jepang. Daging wagyu yang mendapatkan sertifikasi tinggi, maka harganya juga akan semakin mahal.

Baca Ini Juga  Apple Macbook Pro MF839: Kelebihan Kekurangan

Harga Daging Wagyu A5 di Indonesia

Di Indonesia sendiri daging wagyu cukup populer. Bahkan sudah banyak pula yang memperjualbelikannya. Kamu bisa membelinya secara langsung di tempat penjualan daging premium atau bisa juga membelinya secara online di marketplace yang ada di Indonesia.

Harga daging wagyu A5 di Indonesia cukup beragam. Namun kesemuanya masih berada di rentang harga yang mirip-mirip. Berikut adalah daftar harganya secara lengkap:

1. Wagyu Beef Sirloin A5

Ini adalah daging wagyu yang banyak di pasaran dengan bentuk potongan sirloin. Ini juga merupakan wagyu yang paling umum dan bisa kamu temui di banyak tempat. Harga daging wagyu a5 sirloin adalah Rp. 425.000 per 100 gram atau Rp. 4 juta per satu kilogram.

2. Brisket Wagyu A5

Jenis daging wagyu satu ini memiliki peruntukan khusus sebagai isian burger atau jenis lainnya. Karena bentuk potongannya sudah membulat dan bisa langsung kamu gunakan untuk menambah enak burger yang kamu bikin. Selain itu, dagingnya juga sudah mendapat campuran dengan daging sapi Australia. Sehingga harganya lebih murah, yakni Rp. 50 ribuan saja per 100 gram.

Baca Ini Juga  8 Rekomendasi Email Hosting Murah Untuk Bisnis

3. Harga Daging Wagyu A5 Shabu

Ini merupakan daging wagyu yang jenis potongannya non loin cuts. Artinya daging yang ada berasal dari beberapa bagian berbeda dari seekor sapi. Sehingga untuk marbling dan tingkat kelembutannya tidak terlalu merata. Harganya ada di kisaran Rp. 200 ribu per 100 gram, atau Rp 2 juta per kilogram.