Harga dan Jenis Genteng Terbaik Untuk Atap Rumah

Diposting pada

Mengetahui harga dan jenis genteng terbaik untuk memasangnya sebagai atap rumah adalah hal yang penting untuk Anda lakukan. Karena bagian atap adalah bagian cukup vital dalam sebuah bangunan. Jika sampai salah memilih, maka Anda harus siap menyesal di masa yang akan datang. Karena bagaimanapun, rumah adalah tempat yang akan Anda dan keluarga tempati dalam jangka waktu yang lama.

Adapun untuk Anda yang sedang mencari rekomendasi jenis genteng terbaik beserta daftar harganya. Maka tulisan ini bisa membantu Anda sebagai salah satu pedoman selain dari pengalaman serta saran dari perancang rumah Anda. Berikut adalah jenis-jenis genteng beserta keunggulan dan harganya.

Harga dan Jenis Genteng Terbaik Untuk Atap Rumah

Sedikitnya ada tiga jenis genteng dengan kualitas bahan terbaik dan merupakan genteng modern yang dapat membuat rumah Anda kokoh serta tampil lebih elegan. Masing-masing dari jenisnya memiliki peruntukannya tersendiri. Jadi Anda sebagai pemilik rumah dapat menyesuaikan harga dan jenis genteng terbaik dengan kebutuhan dan juga budget yang tersedia.

Genteng Metal Spandek

Spandek, Harga dan Jenis Genteng Terbaik

Pilihan pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah genteng spandek. Ini adalah salah satu jenis genteng yang sedang populer dalam beberapa tahun ke belakang. Bahan dasar dari genteng spandek yakni aluminium, seng dan silicon. Dengan rasio perbandingan 55% aluminium, 43% seng dan 2% silicon.

Dari campuran ketiga bahan tersebut, terciptalah sebuah genteng jenis spandek yang kita ketahui saat ini. Genteng spandek memiliki berbagai keunggulan, antara lain tahan lama, kokoh, pemasangan mudah, dan bobotnya yang ringan. Meski demikian, tentu saja genteng ini juga memiliki kekurangan yang mungkin saja Anda rasakan saat genteng spandek sudah terpasang. Adapun berbagai keunggulan genteng ini bisa Anda baca ulasannya di bawah ini.

Keunggulan Genteng Spandek

Harga genteng spandek memang termasuk cukup tinggi jika kita bandingkan dengan genteng jenis lain yang ada di pasaran. Namun Anda tak perlu khawatir, karena harga dan jenis genteng terbaik ini punya beberapa keunggulan yang tidak bisa Anda dapatkan dari genteng jenis lain..

1. Mudah Dalam Pemasangan

Berkat material atau bahannya yang ringan, genteng spandek akan lebih mudah dan fleksibel dalam proses pemasangannya. Tidak perlu waktu yang lama sampai semua bagian atap bangunan milik Anda bisa terpasang seluruhnya. Tak hanya itu, dengan menggunakan genteng spandek, rangka atap bangunan juga tak perlu begitu rumit. Rangka atap yang sederhana pun bisa tetap menopang dengan kuat atap spandek.

2. Genteng Anti Pecah

Sangat berbeda dengan genteng tanah liat atau keramik yang cukup rentan terhadap resiko pecah. Genteng spandek hampir mustahil untuk pecah, bahkan ketika benda ini jatuh dari ketinggian. Hal ini terjadi karena bahannya yang terbuat dari alumunium dan seng.

Baca Ini Juga  Harga Granit Teras Berbagai Warna dan Ukuran

3. Banyak Pilihan Warna

Salah satu keunggulan dari harga dan jenis genteng terbaik satu ini yakni banyaknya opsi warna yang bisa Anda pilih. Menjadikan Anda dapat lebih leluasa dalam mendesain rumah secara keseluruhan tanpa harus terpaku pada warna genteng yang itu-itu saja. Sehingga tampilan rumah bisa menjadi lebih menarik di pandangan mata.

4. Kuat dan Tahan Lama

Seperti apa yang sudah kami bicarakan di atas, genteng spandek memiliki kualitas bahan yang bagus untuk kelas harganya. Bahan dari genteng ini akan terasa kuat serta tahan lama selama pemasangan dan juga ketika sudah terpasang. Lebih dari itu, genteng satu ini juga memiliki ketahanan yang bagus dari pelapukan serta serangan rayap hingga 20 tahun lamanya.

Kekurangan Genteng Spandek

Memang tak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk dengan genteng. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan ketika Anda memutuskan untuk menggunakan genteng spandek sebagai atap rumah.

1. Menyimpan Panas

Karena bahan dasarnya yang terbuat dari metal, maka harga dan jenis genteng terbaik satu ini tidak bisa menyembunyikan kekurangannya dalam menghalau panas sinar matahari. Rumah Anda akan terasa cukup hangat ketika matahari sedang bersinar terik. Namun jika rumah Anda menggunakan pendingin ruangan, maka bukan tidak mungkin hal ini tidak akan jadi masalah untuk Anda.

2. Bersuara Nyaring Ketika Hujan

Karena bahan dasarnya terbuat dari alumunium dan seng, maka genteng ini akan terasa cukup nyaring ketika rintik air hujan turun di atasnya. Anda bisa mempertimbangkan baik-baik hal ini agar tidak merasa terganggu ketika sudah menggunakannya.

Harga Genteng Spandek Terbaru

Berikut adalah daftar harga genteng terbaru untuk jenis spandek yang ada di pasaran. Mulai dari yang termurah dengan ketebalan 0.25 mm hingga yang termahal dengan ketebalan 0.50 mm.

  • Genteng spandek ketebalan 0.25 mm memiliki harga Rp 50 ribu per meter
  • Genteng spandek ketebalan 0.30 mm memiliki harga Rp 60 ribu per meter
  • Atap Spandek ketebalan 0.35 mm memiliki harga sebesar Rp 70 ribu per meter
  • Atap Spandek ketebalan 0.40 mm memiliki harga sebesar Rp 80 ribu per meter
  • Genteng spandek ketebalan 0.45 mm memiliki harga Rp 97 ribu per meter
  • Genteng spandek ketebalan 0.50 mm memiliki harga Rp 110 ribu per meter

Genteng Metal Pasir

Metal Pasir, Harga dan Jenis Genteng Terbaik

Sesuai dengan namanya, genteng metal pasir ialah jenis atap rumah dan bangunan yang terbuat dari metal dengan lapisan pasir di atasnya. Harga dan jenis genteng terbaik ini terdiri dari komposisi galvalum, campuran coraltex, zinc phosphate, dan zincalume. Di pasaran, Anda akan menjumpai genteng ini dalam bentuk per lembar. Dengan ketebalan mulai dari 0,20 mm hingga 0,40 mm.

Baca Ini Juga  Pajak Impor Barang dari China

Keunggulan Genteng Metal Pasir

Adapun keunggulan dari genteng satu ini adalah sebagai berikut.

1. Tahan Terhadap Api

Keunggulan pertama dari genteng metal pasir adalah sifat materialnya yang tahan terhadap api. Tak hanya itu, atap rumah Anda juga mampu meredam sambaran petir dan menyebarkannya hanya ke bagian genteng saja. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya korsleting listrik akibat petir.

3. Tahan Karat

Genteng metal pasir terbuat dari bahan yang tahan terhadap karat. Selain itu, proses produksi dari genteng jenis ini juga telah melewati pelapisan anti karat sehingga membuat lebih tahan lama dan tetap kokoh.

4. Mampu Meredam Suara dan Panas

Berkebalikan dari jenis genteng sebelumnya, harga dan jenis genteng terbaik ini menjamin rumah lebih kedap suara dan juga terhindar dari panasnya sinar matahari. Bahan galvalum yang merupakan komposisi utama dari genteng ini memiliki kemampuan memantulkan sinar panas hingga 70%.

5. Tangguh dan Tahan Lama

Anda bisa dengan tenang menggunakan genteng metal pasir selama berpuluh tahun ke depan tanpa harus khawatir kualitasnya akan menurun. Rumah atau bangunan Anda tetap akan memiliki genteng yang tangguh dan tahan lama.

6. Memiliki Sistem Interlock

Jika Anda selalu khawatir akan ada bagian genteng yang jatuh atau terbang terbawa angin. Maka hal itu tak perlu lagi terjadi ketika menggunakan genteng metal pasir. Karena atap yang menggunakan genteng jenis ini sudah memiliki sistem interlock yang dapat mengunci antara bagian satu dengan yang lainnya. Untuk itulah atap ini masuk ke dalam salah satu harga dan jenis genteng terbaik yang ada di Indonesia.

Harga Genteng Metal Pasir Per Lembar

  • Genteng Metal Pasir ukuran 77×80 cm memiliki harga Rp 38 ribu per lembar
  • Genteng Metal Polos ukuran 77×80 cm memiliki harga Rp 48 ribu per lembar
  • Genteng Metal Pasir ukuran 35.5×80 cm memiliki harga Rp 59 ribu per lembar
  • Rainbow Minimalis Elegant ukuran 85.5×40 cm memiliki harga Rp 55 ribu per lembar

Genteng Baja Ringan

Genteng Baja Ringan

Nama resmi dari genteng baja ringan genteng galvalum. Namun karena alasan genteng ini terbuat baja ringan, maka sebagian orang menyebutnya sebagai genteng baja ringan. Adapun material pembuatnya terdiri dari beberapa jenis metal, seperti alumunium, zinc atau seng dan silikon.

Keunggulan Genteng Baja Ringan

Sama seperti dengan genteng jenis lain yang sudah kami sebutkan di atas dengan harga dan jenis genteng terbaik di Indonesia. Genteng baja ringan juga memiliki keunggulannya tersendiri. Anda bisa menyimak ulasan kami berikut ini.

1. Anti Karat

Material utama penyusun genteng baja ringan adalah lempengan besi baja yang memiliki lapisan anti karat berkualitas. Secara lebih rinci, atap rumah ini terdiri dari alumunium sebesar 55%, zinc 43,5% dan silikon sebesar 1,5%.

Baca Ini Juga  Rekomendasi Obat China yang Berkhasiat

2. Pemasangan Atap yang Mudah

Genteng baja ringan memiliki tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi. Sehingga ia tidak akan mudah pecah atau patah. Hal itu juga mempengaruhi dalam proses pemasangannya sebagai atap rumah atau bangunan.

Anda bisa dengan leluasa menyesuaikannya dengan desain rumah Anda, bahkan untuk yang rumit sekalipun. Tanpa harus secara kaku mengikuti kontur atau bentuk genteng yang biasanya seperti itu-itu saja.

3. Memiliki Bobot yang Ringan

Layaknya baja ringan pada umumnya, harga dan jenis genteng terbaik ini juga memiliki bobot yang kecil alias ringan. Dengan begitu Anda tidak perlu menggunakan rangka atap yang terlalu rumit dan banyak. Karena dengan rangka yang sederhana sekalipun, atap rumah Anda akan tetap kokoh. Hal tersebut dapat mengurangi biaya membangun rumah menjadi lebih efisien.

4. Kokoh dan Tahan Lama

Material baja ringan tersohor berkat ketangguhannya dalam beberapa kondisi alam yang tak menentu. Seperti hujan, panas terik, serangan rayap, bahkan ancaman kebakaran yang tak terduga. Dengan menggunakan genteng baja ringan, Anda tentu tak perlu khawatir akan kondisi-kondisi yang kami sebutkan itu. Karena genteng jenis ini dapat mengatasinya dengan baik.

Harga Genteng Baja Ringan Per Meter

Bagi Anda yang telah menetapkan pilihan kepada harga dan jenis genteng terbaik yang ada di pasaran. Maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membandingkan harga materialnya. Di bawah ini adalah harga dari genteng untuk jenis baja ringan:

  • Genteng baja ringan tebal 0.25 mm memiliki harga Rp 59 ribu per meter
  • Genteng baja ringan tebal 0.30 mm memiliki harga Rp 82 ribu per meter
  • Harga genteng baja ringan dengan ketebalan 0.35 mm memiliki harga Rp 82 ribu per meter
  • Harga genteng baja ringan dengan ketebalan 0.40 mm memiliki harga Rp 95 ribu per meter
  • Genteng baja ringan tebal 0.45 mm memiliki harga Rp 105 ribu per meter
  • Genteng baja ringan tebal 0.50 mm memiliki harga Rp 125 ribu per meter

Itulah tiga jenis harga dan jenis genteng terbaik yang cocok untuk atap rumah Anda dengan gaya modern. Masing-masing dari jenis genteng tersebut memiliki kelebihannya masing-masing. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan atap bangunan Anda.