Harga Getah Pinus Terbaru dan Produk Turunannya

Diposting pada

Harga Getah Pinus – Pohon pinus yang banyak tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, lebih khusus di Pulau Sumatera dan Jawa menyimpan banyak sekali kegunaan dalam dunia industri dan kesehatan. Terpentin atau getah pohon pinus dapat membantu dalam mengurangi stres.

Manfaat Getah Pohon Pinus atau Terpentin

Dalam sebuah penelitian di Universitas Kyoto, Jepang, aroma getah pohon pinus mampu memberikan efek terapi sebagai penghilang stres. Getah pohon pinus dapat Anda gunakan sebagai aroma terapi di rumah sebagai pereda stres dari kegiatan sehari-hari.

Lebih lanjut, getah pinus juga memiliki manfaat dalam membantu seseorang yang memiliki gangguan pernafasan. Seperti pasien dengan gangguan bronkitis maupun penyakit pernafasan lainnya. Penyakit tersebut meliputi pilek, sinus atau gejala sesak nafas, semuanya dapat mengambil manfaat dari minyak esensial pinus.

Adapun cara penggunaannya adalah dengan mencampur minyak esensial pinus dengan air panas, kemudian Anda bisa menghirup aromanya. Harga getah pinus yang terjangkau menjadikannya sebagai bahan baku yang baik.

Baca Ini Juga  Harga GTA 5 Terbaru, Versi Online Lebih Murah

Selain itu, penggunaan terpentin juga banyak terdapat dalam industri lainnya. Getah pohon pinus ini biasanya menjadi bahan baku utama ataupun pendukung di industri minyak cat, kosmetik, antiseptik, campuran bahan pelarut, farmasi, hingga kamper.

Berikut adalah beberapa contoh industri yang memanfaatkan getah pohon pinus.

1. Bahan Pembuat Cat

Industri pembuatan cat banyak yang memanfaatkan getah pinus sebagai salah satu bahan baku utamanya. Tidak sama dengan jenis bahan baku lainnya, getah pohon pinus yang ada dalam cat menjadikannya lebih berkualitas. Alasannya adalah karena penggunaan terpentin merupakan bahan alami.

2. Pelapis Bagian Luar Ban

Selain berguna dan menjadi salah satu bahan baku utama dalam industri cat. Getah pohon pinus atau terpentin juga memiliki fungsi yang tidak kalah penting dalam dunia otomotif. Harga getah pinus murah menjadi bahan penting untuk menjadi pelapis bagian luar dari ban. Terpentin berperan sebagai pelapis luar yang menjaga ban agar tidak mudah bocor ketika sedang melaju.

3. Bahan Baku Plastik

Plastik adalah salah satu benda yang tidak bisa kita pisahkan dari kehidupan sehari-hari. Meski kebanyakan plastik terbuat dari bahan kimia, namun ada juga yang menggunakan getah pohon pinus sebagai bahan bakunya. Dengan menggunakan terpentin ini, maka plastik jenis ini memiliki keunggulan tersendiri, yakni lebih ramah lingkungan.

Baca Ini Juga  Jasa Pasang TV Digital Purwokerto Cilacap Paling Murah

4. Bahan Pembuat Sabun

Kegunaan lain dari getah pohon pinus yakni sebagai salah satu bahan dalam pembuatan sabun. Getah pohon pinus atau terpentin menjadi salah satu bahan yang berfungsi sebagai pembersih kotoran yang baik.

5. Bahan Perekat Lem

Lem juga menjadi salah satu produk turunan dari getah pohon pinus. Lem yang terbuat dari terpentin memiliki ciri-ciri dari warnanya yang bening. Hal ini tentu berbeda dengan lem yang bahan baku utamanya bukan getah pohon pinus.

Harga Getah Pinus

Harga Getah Pinus Terbaru

Berikut adalah produk dari getah pinus yang ada di pasaran lengkap dengan harga terbarunya yang murah.

  • Getah PINUS Resin Trigona Klanceng Teuweul 1 kg seharga Rp35 ribu
  • Getah Pinus/Resin/sarang trigona seharga Rp18 ribu
  • Getah pinus per kilo gram seharga Rp50 ribu
  • Arpus / Siongka / Gondorukem / Getah Pinus seharga Rp29 ribu per kilogram

Itulah beberapa referensi harga getah pinus murah terbaru yang ada di pasaran Indonesia. Anda bisa membelinya langsung dari penyadap getah pinus atau membelinya di toko. Harga di setiap daerah mungkin saja berbeda-beda. Tergantung dari letak daerah Anda dari perkebunan pinus. Semakin dekat, maka semakin murah juga getah pinus atau terpentinnya.

Baca Ini Juga  Harga Jual Akun Gojek Terbaru Bulan Ini