Harga Gokart Dewasa Terbaru dan Komponen yang Mempengaruhinya

Harga Gokart Dewasa Lengkap Dengan Rinciannya

Diposting pada

Harga gokart dewasa terbilang cukup eksklusif dan tidak sama antara satu tempat dan lainnya, termasuk dengan mobil satu dengan lainnya. Hal ini karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Seperti kualitas komponen, daerah tempat membeli, serta faktor penjual juga mempengaruhi. Adapun untuk komponen, kualitas adalah satu faktor penentu. Anda mungkin pernah mendengar istilah ada harga ada rupa. Hal itu pun berlaku ketika Anda hendak membeli sebuah mobil gokart.

Nah, agar tidak penasaran apa saja bagian atau komponen yang menyusun sebuah mobil gokart. Berikut adalah garis besar dari bagian-bagian mobil gokart.

Komponen Utama Gokart

Sebagaimana produk kendaraan pada umumnya yang melalui proses produksi. Gokart juga terdiri dari komponen-komponen utama yang kemudian menyatu menjadi sebuah mobil utuh dengan spesifikasi tertentu. Spesifikasi itulah yang dapat menjadikannya dapat berfungsi atau berjalan sebagaimana mestinya dan berpengaruh terhadap harga gokart dewasa.

1. Motor atau Mesin

Mesin yang tertancap pada sebuah gokart biasanya adalah motor bensin. Motor tersebut bekerja menggunakan sistem torak bolak-balik (naik turun). Kemudian, sebagaimana sebuah mesin bensin di era sekarang, mesin gokart juga bekerja dengan prinsip 4 langkah.

Baca Ini Juga  Harga Gerobak Bakso Kayu dan Alumunium Terbaru

2. Rangka atau Sasis

Sasis memiliki fungsi sebagai tempat dudukan mesin dan semua beban yang ada di atasnya. Rangka ini menyatukan semua komponen dengan mendapat topangan dari 4 buah roda. Secara umum, sasis gokart terbuat dari pipa segiempat yang memiliki ukuran 38 mm x 38 mm dan ketebalan 3 mm.

3. Poros Utama

Poros utama atau poros belakang merupakan satu bagian yang vital pada sebuah desain mobil gokart. Komponen ini memiliki fungsi sebagai penopang untuk gear, roda dan cakram. Komponen ini melewati proses bubut dan frais, yang meliputi pengerjaan bubut bertingkat serta pembuatan ulir. Lalu pengerjaan alur sepi sebagai pengunci cakram dan gear.

Semua proses tersebut kemudian berpengaruh secara langsung dan tidak langsung dengan harga gokart dewasa di pasaran.

4. Gear Box

Fungsi gearbox yakni perantara antara mesin atau motor dengan poros roda belakang. Karena motor memiliki putaran konstan, maka perlu memakai gearbox sebagai komponen penerus driven dengan driver.

5. Rem Cakram

Rem cakram merupakan sebuah perangkat pengereman pada gokart modern. Komponen rem model ini berfungsi dengan cara menjepit cakram pada roda.

Baca Ini Juga  Harga Kain Flanel Terbaru Untuk Kerajinan Tangan

6. Poros Roda

Pemasangan poros depan wajib memperhatikan posisi dua roda. Karena jika melakukan pemasangan secara tidak benar, maka dapat terjadi ketidakseimbangan antara kedua roda.

7. Terot Setir

Terot setir adalah aplikasi sederhana yang ada pada mobil secara umum. Mengatur sudut terot antara setir dengan penggerak roda harus sebesar mungkin atau mendekati lurus. Agar setir tidak berat saat gokart belok.

8. Poros Setir

Poros Setir merupakan bagian yang membantu sistem kemudi sebuah gokart. Komponen ini berfungsi sebagai penerus dalam menggerakan terot.

Harga Gokart Dewasa

Harga Gokart Dewasa

Setelah Anda tahu komponen atau bagian apa saja yang menyusun sebuah mobil gokart. Maka mungkin saja Anda sudah dapat mengira-ngira berapa harganya. Belum lagi jika ingin memesan dengan kualitas yang istimewa, maka pastilah harganya juga menjadi istimewa.

Sebagai gambaran saja, untuk gokart yang bisa digunakan oleh orang dewasa. Ukuran mesin dan dimensi sasisnya jelas berbeda. Kedua hal dasar itu saja sudah bisa terbayang.

Harga gokart dewasa berada di kisaran Rp. 25 juta hingga Rp. 50 juta. Anda bisa membelinya di tempat penyewaan sirkuit balap gokart yang ada di kota-kota besar. Atau Anda juga bisa memesannya kepada mekanik mobil gokart, biasanya mereka menerima jasa pembuatan mobil gokart.

Baca Ini Juga  Harga GT 86 Terbaru di Indonesia, Baru dan Bekas