Harga Kambing
Harga Kambing

Harga Kambing Berbagai Jenis Untuk Kurban atau Aqiqah

Diposting pada

Harga kambing antara satu jenis dengan lainnya memiliki perbedaan. Hal itu tergantung di daerah mana kamu hendak membelinya. Meski hampir di semua wilayah, kambing merupakan hewan ternak yang paling banyak dicari orang. Terutama untuk keperluan kurban, aqiqah, sate, dan masih banyak lainnya.

Daging kambing memang memiliki cita rasa tersendiri. Bahkan ada orang yang begitu fanatik terhadap daging dari hewan berbulu ini. Ada yang suka satenya, gulai, serta jenis masakan lain yang itu merupakan olahan kambing.

Adapun di pasaran terdapat beberapa jenis kambing. Dan tentu saja harga dari setiap jenisnya berbeda-beda. Berikut adalah harga kambing terbaru dari berbagai jenis yang ada di Indonesia, mulai anakan hingga kambing dewasa:

Harga Kambing Etawa

Kambing etawa sendiri terbagi lagi ke dalam dua jenis, yakni peranakan etawa dan etawa. Harga peranakan etawa biasanya tidak lebih mahal dari kambing etawa. Berikut daftar harganya:

Kambing Etawa

  • Etawa jantan anakan dengan usia 3-6 bulan harganya adakan Rp 2 juta sampai Rp 3 juta.
  • Kambing etawa jantan usia 6-7 bulan memiliki harga Rp 2,7 juta sampai Rp 3,3 juta.
  • Etawa jantan yang berusia 8-12 bulan harganya Rp 4 juta sampai Rp 5 juta.
  • Harga kambing etawa jantan dewasa berumur 1-2 tahun bandrol harganya Rp 4,5 juta sampai Rp 6 juta.
  • Etawa betina anakan usia 3-6 bulan harganya Rp 1,2 juta sampai Rp 1,7 juta.
  • Kambing etawa betina berusia 6-7 bulan kisaran Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta.
  • Etawa betina muda usia 8-12 bulan di rentang harga Rp 3 juta sampai Rp 3,5 juta.
  • Kambing betina dewasa dengan usia 1-2 tahun seharga Rp 3,3 juta sampai Rp 4 juta.
  Harga berlangganan Indihome Terbaru Dan Cara Mendaftarnya

Kambing Peranakan Etawa

  • Harga kambing peranakan etawa jantan dengan usia 3-6 bulan harganya adalah Rp 1 juta sampai Rp 1,5 uta.
  • Peranakan etawa usia 6-7 bulan seharga Rp 1,4 juta sampai Rp 1,7 juta.
  • Kambing peranakan etawa sedang berjenis kelamin jantan usia 8-12 bulan seharga Rp 1,9 juta sampai Rp 2,5 juta.
  • Peranakan etawa dewasa jantan berusia 1-2 tahun di pasaran seharga Rp 2,5 juta sampai Rp 3,1 juta.
  • Harga kambing peranakan etawa berjenis kelamin betina: anakan mulai dari Rp 1,4 juta dan dewasa mulai dari Rp. 3 juta.

Harga Kambing Berbagai Jenis Lainnya

Selain jenis etawa, ada juga kambing lain yang tidak kalah populer, seperti boer, jawarandu dan kambing kacang. Harga kambing boer anakan di pasaran di jual mulai dari Rp 3 juta, dan dewasa seharga Rp 7 hingga Rp. 13 juta. Betinanya seharga Rp. 2,5 juta untuk anakan, dan Rp 10 juta untuk yang dewasa.

Adapun kambing jenis jawarandu di pasaran seharga Rp 800 ribu untuk anakan jantan, dan jantan dewasa seharga Rp 2-3 juta. Untuk betina agak lebih murah, untuk anakan yakni Rp 700 ribu, sementara yang dewasa sedikit lebih mahal, yakni Rp 3-4 juta.

  Harga Jual Ayam Joper Terbaru Bulan Ini

Jenis lainnya ada kambing kacang. Harga kambing kacang jantan untuk anakan mulai dari Rp 1 juta, dan jantan dewasanya seharga Rp 2,5 juta hingga Rp 3,5 juta. Kambing kacang betina anakan mulai dari Rp. 600 ribu, sedangkan untuk betina dewasa harganya antara Rp 2 sampai Rp 3 jutaan.

Itulah daftar lengkap harga dari masing-masing jenis kambing yang paling populer di Indonesia. Kamu bisa memilih salah satunya, atau juga bisa menyesuaikan jenis yang ada di daerah kamu. Adapun selain jenis, banyak juga yang menentukan harga berdasarkan beratnya, semakin berat maka akan semakin mahal pula harganya.

Untuk keperluan kurban dan aqiqah, carilah kambing dengan jenis kelamin jantan. Sementara untuk hal lain bisa pilih betina yang harganya lebih murah.