Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko, Update Bulan Ini

Diposting pada

Objek wisata yang berada di kota Yogyakarta ramai dikunjungi oleh para wisatawan dengan tempat yang bersejarah ini tetapi tempat wisata ini bukan sebuah candi melainkan sebuah kompleks kerajaan pada masa lalu yang sekarang ini telah runtuh. Candi Ratu Boko ini yang masih berada dalam satu kepengurusan dengan candi lainnya yaitu Candi Borobudur dan juga Candi Prambanan.

Di area Candi Ratu Boko ini merupakan sebuah peninggalan dengan reruntuhan bangunan batu, oleh sebab itu tempat wisata yang satu ini banyak dari para wisatawan yang menyebutnya dengan sebutan Candi. Tempat wisata Ratu Boko yang kerap menjadi satu dengan Candi Prambanan dan juga Candi Borobudur.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini akan dikenakan biaya dengan tarif yang terjangkau, di sana para pengunjung dapat juga memilih paket wisata dan sekaligus dengan Candi Borobudur maupun Candi Prambanan, untuk para wisatawan dari study tour sekolah akan ada diskon.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

  • Usia 10 tahun ke atas (termasuk asuransi Rp 500 per orang) Rp40.000
  • Usia 3-10 tahun (termasuk asuransi Rp 500 Per Orang) Rp20.000
  • Tiket untuk Study Tour (dilengkapi dengan surat pengantar dari sekolah/universitas, minimal 20 0rang) Rp20.000
Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Taman Wisata Situ Gintung, Update Bulan Ini

Tiket Terusan Ratu Boko – Candi Prambanan (termasuk fasilitas shuttle)

  • Usia 10 tahun ke atas Rp75.000
  • Usia 3-10 tahun Rp35.000

Tiket Terusan Ratu Boko – Candi Borobudur

  • Usia 10 tahun ke atas Rp75.000
  • Usia 3-10 tahun Rp35.000

Para wisatawan yang ingin datang ke tempat wisata yang satu ini dibuka setiap hari, dengan sambil menikmati berwisata dengan sangat menyenangkan dan juga seru mulai dari pagi hari sampai sore hari pengunjung dapat sepuasnya berlibur bersama keluarga.

Wisata Menjelajahi Situs Bersejarah Ratu Boko

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko yang berada di sebelah selatan Candi Prambanan dengan jauh sekitar kurang lebih 3 km, Dengan memiliki ketinggian 15 mdpl. Objek wisata yang satu ini sehingga memiliki pemandangan yang sangat indah degan berupa sebuah kerajaan yang runtuh sebenarnya bangunan tersebut merupakan sebuah keraton.

Kraton tersebut merupakan milik dari Ratu Boko, yang diperkirakan dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra yang memiliki latar belakang agama Buddha. Kemudian kraton tersebut diambil alih oleh raja Mataram Hindu, dengan adanya peralihan kepemilikan sehingga bangunankraton Boko tersebut dipengaruhi oleh Hinduisme dan juga Buddhisme.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Ragunan Jakarta Tebaru

Bagian Gerbang Ratu Boko

Pada bagian arah barat terdapat sebuah Gerbang yang mengelompok dan berdiri di area yang cukup tinggi, di sana para pengunjung akan menjumpai gerbang tersebut ketika akan masuk ke kawasan Ratu Boko. Para wisatawan dari area parkir akan berjalan dengan kurang lebih 100 meter untuk sampai ke tujuan.

Pintu masuk yang terdiri atas dua gerbang yaitu gerbang luar dan gerbang dalam,untuk gerbang dalam merupakan gerbang utama, dengan sekitar 15 meter dari gerbang luar di sana kan terdapat gerbang utama yang terdiri atas 5 gapura paduraksa dengan sebaris sejajar dengan gerbang yang luar. Pada setiap tangga tersebut terdapat hiasan ukel gelung dan raksasa di puncaknya.

Candi Pembokoran

Terdapat sebuah candi yaitu Candi Pembokoran dengan memiliki teras tanah berundak yang mempunyai ketinggian 3 meter dan area luasnya sekitar 26 meter persegi dalam bentuk persegi. Untuk teras yang kedua lebih sempit dibandingkan dengan teras yang pertama yang ditambah dengan rumput yang sangat hijau sehingga menjadi karpet terlihat begitu sangat asri.

Baca Ini Juga  Harga Tiket Masuk Kampung Main Cipulir, Update Bulan Ini

Pada bagian barat terdapat sebuah tangga batu yang dilengkapi dengan pegangannya, di bagian tengah peralatan teras tersebut terdapat sebuah tempat yang berbentuk persegi mirip dengan sebuah sumur, dengan mempunyai ukuran 4×4 meter persegi yang digunakan sebagai pembokoran mayat, Pada bagian tenggara juga terdapat sebuah sumur tua yang dipercayai sebagai tempat sumber air suci.

Di kawasan Ratu Boko tersebut terdapat sebuah Goa Lanang dan Goa Wadon, dan Paseban Keraton Ratu Boko yang dapat dinikmati oleh para wisatawan dan pengunjung yang datang ke tempat ini bertujuan untuk melihat matahari tenggelam (sunset)

Alamat Candi Ratu Boko

Objek wisata Candi Ratu Boko ini yang berlokasi di Jalan Raya Yogyakarta – Solo KM 16 Prambanan, Sleman.