Negeri Atas Awan, Berikut 7 Destinasi Wisata Dieng Yang Wajid Dikunjungi

Diposting pada

Destinasi Wisata Dieng menjadi salah satu favorit traveler yang ada di Indonesia. Tak hanya traveler lokal, ternyata banyak traveler asing yang ingin mencoba untuk mengunjingi Dieng.

Dieng merupakan salah satu wisata alam yang indah dengan alamnya yang mempesona, disini kita bakalan disuguhkan dengan negeri diatas awan yang indah. Tertarik berlibur ke Dieng? Berikut beberapa wisata dieng terbaik yang bisa Anda nikmati.

Berikut ini adalah Tempat Wisata Dieng yang wajib dikunjungi!!

1.Obyek Wisata Alam Bukit Sikunir

Destinasi Wisata Dieng

Tempat palinng eksotis untuk menikmati keindahan dunia di atas awan. Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit dari sisni. Tempat ini juga jarang sepi, selalu ramai oleh pengunjung baik dari Jawa Tengah juga dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari bernagai negara.

Perlu kita ketahui, untuk waktu terbaik buat menikmati sunrise adalah sekitar pada bulan Juli-Agustus dimana pada bulan itu merupakan musim kemarau sehingga langit akan tampak bersih dan tidak ada hujan.

2. Telaga Pengilon

Destinasi Wisata Dieng

Telaga ini letaknya bersebelahan dengan Telaga Warna. Uniknya meskipun letaknya berdekatan, Telaga Pangilon ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna.

Baca Ini Juga  5 Destinasi Wisata Batam Yang Wajib Dikunjungi

Telaga Pangilon memiliki warna air yang jernih dan tidak memiliki warna seperti Telaga Warna. Bagi penggemar fotografi pasti akan senang dengan pemandangan di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pangilon ini, dimana terdapat Telaga yang dikelilingi perbukitan yang asri dan hijau.

3. Telaga Merdada

Destinasi Wisata Dieng

Telaga ini merupakan Telaga yang terluas di Dieng. Telaga Merdada terdapat di desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Destinasi wisata Dieng beruba Telaga ini jika dilihat dari bentuknya menyerupai kaldera bekas letusan gunung berapi, yang kemudian tergenang dengan air. Kontur ini akan terlihat jelas apabila dilihat dari ketinggian.

4. Pendakian Gunung Prau

Destinasi Wisata Dieng

Anda suka Hiking? Nah, di Dieng ada pilihannya. Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, pendakian Gunung Prau ini merupakan sebuah wisata yang di khususkan bagi anda yang hobi mendaki gunung atau pecinta alam.

Sama seperti pendakian lainnya, untuk mendaki Gunung Prau diperlukan persiapan yang lebih matang terutama kesiapan fisik dari pendaki itu sendiri. Ketinggian puncak Gunung Prau adalah 2.565 mdpl, lumayan pendek dibandingkan gunung lainnya.

Baca Ini Juga  7 Rekomendasi Hotel Honeymoon di Malang

5. Obyek Wisata Candi Arjuna

blank

Ini dia salah satu candi yang ada di Dieng., disini tidak hanya candi Arjuna, saja, ada juga candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra, sehingga komplek ini dikenal dengan komplek percandian Arjuna. Berdasarkan prasasti yang dulu pernah ditemukan di komplek Candi Arjuna ini, Kemungkinan Candi Arjuna ini di bangun pada awal abad IX M.

6. Batu Ratapan Angin

blank

Tempat ini adalah sebuah tebing di ketinggian yang terletak berdekatan dengan Telaga Warna kawasan Dieng Plateau. Tempat ini menjadi salah satu favorit pengunjung wisata Dieng karena dari tempat ini Anda dapat melihat Talag Warna dan Talaga Pengilon dari ketinggian.

7. Sumur Jalatunda

blank

Sumur ini terbentuk karena adanya fenomena geologi. Sumur ini memiliki diameter 90 meter. sumur Jalatunda terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu. Bekas letusan ini kemudian membentuk lubang kawah seperti sumur. Lambat laun lubang ini terisi dengan air sampai saat ini.

Baca Ini Juga  5 Destinasi Wisata Terbaik Yang Ada Di Cirebon

Nah itu dia beberapa destinasi Dieng yang wajib Anda kunjungi. Semoag artikel ini beramanfaat untuk menambah wawasan traveling Anda. Selamat berlibur.