Harga Tiket Masuk Candi Sambisari

Diposting pada

Candi Sambisari Yogyakarta merupakan salah satu candi yang ada di kota Yogyakarta selain Candi Prambanan dan puluhan lainnya, yang kebanyakan candi tersebut berada di daerah Sleman. Candi Sambisari ini ramai dikunjungi oleh pengunjung menghabiskan waktu berlibur dengan berkunjung ke tempat wisata yang berupa candi.

Candi Sambisari tersebut yang terletak sekitar 4 km dari Candi Prambanan, dengan adanya bangunan yang bersejarah tersebut yang dibangun pada abad ke-9 di masa pemerintahan Rakai Garung dan sampai kini masih berfungsi.

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari

Pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata yang berupa candi tersebut yang dikenakan biaya yang termasuk murah. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang terdapat di sekitar candi Sambisari. Harga Tiket Masuk Candi Sambisari yakni hanya Rp5.000

Candi Sambisari ini yang dibuka untuk setiap hari dimulai dari pagi hari sampai sore hari, pengunjung dapat datang setiap hari dengan waktu kapanpun.

Wisata Menarik di Candi Sambisari

Terdapat sebuah bangunan kuno yaitu Candi Sambisari yang menjadi salah satu daya tarik yang paling utama para pengunjung, selain terdapat candi juga telah tersedia daya tarik yang lainnya. Yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Posisi Candi yang Tidak Biasa

Candi Sambisari ini yang berada di 6,5 meter dibawah permukaan tanah, berbeda dengan candi yang lainnya yang berada di atas permukaan tanah, dengan adanya arkeologi tersebut telah memberikan penjelasan ilmiah tentang candi yang berada dibawah permukaan tanah tersebut.

Baca Ini Juga  8 Destinasi Wisata Cilacap Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Dengan memiliki permukaan tanah yang tidak terlalu tinggi tersebut dari lahan yang terdapat di area candi tersebut. Dengan terjadinya letusan gunung yan telah mengakibatkan tanah pasir tersebut menimbun daerah tersebut dan bangunan tersebut juga ikut terkubur oleh timbunan tanah pasir tersebut.

Dengan adanya candi Sambisari yang berlokasi di posisi bawah tanah tersebut sehingga menjadi salah satu daya tarik tarik untuk para pengunjung. Candi Sembari tersebut yang selalu ramai dikunjungi oleh para pengunjung dengan memiliki sejarah yang terbilang masih misterius tersebut membuat pengunjung menjadi penasaran sehingga mengundang rasa ketertarikan untuk bisa datang ke Candi Sambisari.

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari

Keunikan Struktur Bangunan Candi

Pada tahun 1966 seorang petani yang telah menemukan sebuah bangunan candi dan pada saat penggalian tersebut telah menemukan sebuah perhiasan, terdapat beberapa tembikar, prasasti serta cermin logam. Pada saat tahun 1986 candi tersebut telah mengalami pemugaran oleh Dimas Purbakala pada saat itu.

Candi Sambisari ini yang berada di antara 2 lapis pagar yaitu terdapat halaman luar yang telah dikelilingi oleh pagar batu yang rendah dengan memiliki luas halaman yaitu 50 x 48 meter. Dan untuk halaman yang didalam yang telah dikelilingi oleh pagar batu dengan memiliki tinggi yaitu 2 meter serta memiliki tebal 50 centimeter.

Baca Ini Juga  7 Rekomendasi Hotel Honeymoon di Malang

Candi Sambisari tersebut memiliki 1 candi utama ditambah dengan 3 candi pendukung, untuk pintu masuk ke dalam candi tersebut yang berada di setiap sisi. Candi yang utama tersebut yang masih ut7uh dengan menghadap ke barat dan untuk candi pendukungnya yang berada di posisi berhadapan dengan candi yang utama.

Pada setiap 3 candi pendukung tersebut yang memiliki perwara denah dasarnya yang merupakan sebuah bujur sangkar dengan memiliki luas 4,8 meter persegi, ke-3 candi pendukung tersebut yang hanya tersisa batunya saja. Selain terdapat candi di kawasan ini juga telah tersedia 8 buah lingga yang telah tersebar sesuai dengan arah mata angin tersebut.

Museum Mini & Menikmati Soto Bathok Candi Sambisari

Terdapat sebuah tempat bersejarah yang lainnya berupa museum mini yang telah menyimpan berbagai informasi tentang mengenai penemuan candi hingga penggalian bersejarah.

Di Dalamnya yang terdapat arca, bebatuan , serta foto yang menggambarkan situasi candi Sambisari sebelum dipertemukan. Terdapat kuliner yang khas yang dapat dinikmati yaitu Soto Bathok yang sangat murah yaitu Rp5.000 sudah termasuk dengan nasi serta dagin. Terdapat berbagai aneka makanan serta ditambah dengan minuman yang sangat terjangkau.

Baca Ini Juga  Destinasi Wisata Honeymoon di Bogor Terbaik

Pernah dipakai syuting Film di Candi Sambisari

Pada saat sore hari tempat wisata candi Sambisari ini juga tidak kalah serunya dengan candi Borobudur, bersama dengan keluarga yang akan menambah suasana dan semakin lengkap pula.

Sebelum ditutup terdengar suara dentang lonceng yang menandakan bahwa berakhirnya senja. Tempat wisata Candi Sambisari ini pernah digunakan sebagai tempat syuting genre film tersebut yang memakai candi tersebut yaitu sebagai lokasi syuting adalah film kolonial.

Fasilitas & Lokasi Candi Sambisari

Candi Sambisari yang telah tersedia fasilitas yang cukup lengkap seperti area parkir, toilet, gazebo serta persewaan sepeda yang dapat digunakan oleh pengunjung yang berfungsi untuk kenyaman dan keamanan pengunjung.

Lokasi candi Sambisari ini yang berada di JL. Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DI Yogyakarta 55571.