3++ Cara Memilih Asuransi yang Tepat

3+ Cara Memilih Asuransi yang Tepat Untuk Pemula

Diposting pada

Cara memilih asuransi yang tepat seharusnya diketahui siapa saja yang ingin memilikinya. Adanya kesadaran untuk membutuhkan asuransi saja sudah bagus, semakin bagus lagi jika Anda tahu cara pilihnya.

Jika sudah tahu bagaimana cara memilih asuransi yang tepat, penggunaan asuransi bisa semakin maksimal saja. Akan sesuai dengan manfaatnya. Meskipun asuransi tujuannya untuk memberikan proteksi, siapa sangka ada asuransi yang bisa merugikan pemiliknya?

Memang ada, bahkan tak jarang. Karena kurang hati-hati dalam memilih produk asuransi, klaim tidak bisa dilakukan, perusahaannya tidak terpercaya, atau masalah-masalah lainnya. Namun untungnya, saat ini juga Anda akan menemukan prosedur untuk mendapatkan asuransi yang tepat.

Mengapa Asuransi Anda Butuhkan?

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya mengapa asuransi begitu penting untuk dimiliki? Mengapa orang-orang di luar sana tertarik untuk punya asuransi? Mungkin Anda belum menyadari betapa pentingnya untuk memiliki produk ini.

Pentingnya memiliki asuransi adalah supaya apa yang akan terjadi di masa depan pada Anda, lebih terproteksi. Itulah mengapa ada banyak jenis asuransi yang tersedia. Kerugian bisa lebih diminimalisir, sebab asuransi bisa memberikan klaim sesuai perjanjian di awal.

Baca Ini Juga  Tips Memilih Asuransi Rumah Online Mudah dan Terpercaya

Cara Memilih Asuransi yang Tepat

Beberapa hal sederhana ini bisa Anda terapkan demi didapatkannya asuransi yang lebih menguntungkan, aman, dan memberikan manfaat sebagaimana mestinya.

1. Memperhatikan Track Record Perusahaan

Pertama-tama sebaiknya perhatikan dulu bagaimana track record perusahaan. Saat ini Anda pasti sudah mengantongi beberapa nama produk asuransi atau nama perusahaan, namun Anda masih bingung untuk memilih.

Apakah perusahaan yang akan Anda pilih nanti sebelumnya memiliki skandal? Apakah pernah muncul berita negatif untuk perusahaan tersebut?

Memastikan hal ini sama saja Anda telah mengupayakan kepemilikan asuransi yang aman-aman saja kedepannya. Tidak sulit untuk dilakukan bukan?

2. Memperhatikan Premi

Setelah memastikan perusahaan atau nama produk asuransi yang akan Anda gunakan, ada lagi yang harus dilakukan. Yaitu untuk memperhatikan premi atas produk asuransi yang Anda pilih.

Boleh jadi di satu perusahaan menawarkan beberapa jenis asuransi jiwa sekaligus, karena sama-sama asuransi jiwa, sebaiknya pilih berdasarkan premi. Sesuaikan antara premi dengan kemampuan Anda membayar per bulan.

Baca Ini Juga  Review Asuransi Mobil ABDA

3. Memilih Sesuai Kebutuhan

Cara selanjutnya adalah untuk memilih sesuai kebutuhan. Nantinya Anda akan menemukan banyak sekali jenis asuransi. Asuransi jiwa, asuransi kesehatan, pendidikan, asuransi kendaraan pun ada.

Tidak semua asuransi Anda butuhkan, meski mungkin saja benar-benar semuanya dibutuhkan. Namun caranya, adalah untuk menyeleksi mana yang memang dibutuhkan.

4. Memilih yang Klaim Ganda

Cara yang terakhir ini boleh dikatakan sebagai tips pilih produk asuransi, sebab akan membantu Anda lebih untung kedepannya namun bersifat opsional. Jika Anda memilih asuransi yang bisa klaim ganda, akan lebih untung.

Sebab saat klaim nanti, jika Anda menggunakan beberapa asuransi sekaligus, maka semuanya bisa diklaim. Sedangkan asuransi normalnya, hanya bisa satu saja yang bisa diklaim.

Terdengar pepatah yang menyatakan bahwa asuransi bekerja seperti payung, jika disiapkan sesegera mungkin maka akan semakin melindungi. Memang ada benarnya analogi ini, sebab semakin cepat Anda punya asuransi, maka akan semakin baik pula.

Semakin muda usia Anda saat memiliki asuransi, semakin rendah pula asuransinya. Anda juga akan memiliki lifetime lebih panjang untuk mendapatkan proteksi. Terapkan bagaimana cara memilih asuransi yang tepat sesuai daftar di atas. 

Baca Ini Juga  Daftar Aplikasi Asuransi HP Android yang Recommended