cara membuat akun instagram untuk bisnis online

Cara Membuat Akun Instagram Untuk Bisnis Online

Diposting pada

Instagram merupakan salah satu media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis online. Tapi sebelum itu, Anda harus tahu bagaimana cara membuat akun Instagram untuk bisnis online agar optimal. Ada banyak manfaat jika Anda memanfaatkan Instagram, salah satunya akan mendapatkan trafik yang begitu besar. Pengguna Instagram di Indonesia sendiri mencapai lebih dari 99 juta.

Banyak perusahaan yang menggunakan media sosial ini untuk mempromosikan produk mereka. Contoh akun instagram bisnis yang terkenal seperti milik Geoff Max, Aero Street, Brodo dan masih banyak lagi. Dengan memanfaatkan media sosial ini, bisnis Anda akan lebih cepat berkembang dan meraih banyak penjualan.

cara membuat akun instagram untuk bisnis online

Cara Membuat Akun Instagram Untuk Bisnis Online

Untuk membuat akun Instagram bisnis online gratis, ada beberapa langkah yang harus Anda lalui.

Buat profil bisnis Instagram

Ada tiga jenis akun Instagram, yakni pribadi, kreator, dan bisnis. Akun kreator dan bisnis adalah dua jenis akun profesional yang ditawarkan. Influencer dan content creator bisa membuat akun berjenis kreator, sementara sebagai merek atau bisnis, Anda bisa  membuat akun jenis bisnis.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Analisis SWOT Bisnis Online Dan Contohnya

Dengan memilih jenis profil bisnis, ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan. Seperti bisa melihat insight/analitik Instagram, mengelola iklan instagram hingga membuat toko di Instagram. Fitur-fitur ini hanya bisa didapatkan setelah mengubah akun menjadi profesional.

Optimasi Profil Instagram Bisnis Anda

Ada beberapa bagian pada profil Instagram bisnis Anda yang harus dioptimasi. Misalnya foto profil, sebaiknya menggunakan logo bisnis agar pembeli bisa mengetahui merk Anda. Kemudian nama dan nama pengguna bisa menggunakan nama bisnis online Anda. Di bagian situs web, Anda bisa menambahkan url toko online, company profile atau url dari marketplace tempat berjualan. Jangan lupa juga untuk mengubah bio dengan menambahkan keterangan terkait bisnis Anda.

Agar bisnis online Anda berkembang, optimasi profil Instagram profil bisnis ini sangat penting. Dengan melakukan optimasi ini, akun Instagram Anda akan lebih mudah ketika dicari oleh orang lain. Sehingga akan membantu untuk mendatangkan trafik.

Buat Strategi Pemasaran

Setiap media pemasara memiliki strategi spesifiknya sendiri, termasuk Instagram. Karena Instagram adalah platform yang luas, sehingga Anda harus membuat strategi yang matang. Pertama, pastikan Anda membuat konten yang akan diminati oleh audiens target Anda. Tetapi untuk melakukannya, Anda harus terlebih dahulu menentukan target audiens tersebut.

Baca Ini Juga  Cara Daftar Adsense untuk Blog Paling Mudah

Buat Konten Menarik

Salah satu strategi Instagram Anda yang tidak boleh terlewarkan adalah menentukan jenis konten yang akan Anda buat. Kemudian mulai menjadwalkan posting Anda. Konten yang bagus akan membantu untuk menjangkau audience secara luas. Akan lebih baik jika konten yang dibuat mengikuti apa yang sedang ramai jadi bahan pembicaraan.

Media sosial Instagram didominasi oleh anak muda yang suka dengan konten-konten segar. Untuk itu, Anda harus membuat konten yang mereka sukai. Ini adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk memanfaatkan Instagram sebagai media promosi bisnis Anda.

Lacak Performa Akun Instagram

Terkahir, Anda perlu melakukan pelacakan dari hasil strategi pemasaran akun Instagram. Dengan akun Instagram profesional, tersedia fitur untuk membantu pelacakan, sehingga analisanya bisa tepat. Anda bisa mengetahui presentase jenis kelamin pengguna yang melihat konten Anda. Kemudian mengetahui lokasi pengguna, yang akan berguna untuk melakukan pemasaran selanjutya.

Demikian informais mengenai cara membuat akun Instagram utuk bisnis online. Instagram memang sangat bagus untuk bisnis online saat ini, sehingga sangat layak untuk Anda coba.

Baca Ini Juga  5 Workshop Bisnis Online Terbaik Dijamin Sukses