cara membuat bakso ayam

Cara Membuat Bakso Ayam yang Cocok untuk Usaha Rumahan

Diposting pada

Halo sobat hargabelanja.com, apa kabarnya? Pada artikel ini kami akan membagikan cara membuat bakso ayam yang cocok untuk usaha rumahan.

Bakso jelas merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Siapa sih yang ga suka bakso? Bakso populer yang populer sekarang ini terdiri dari bakso ayam , bakso sapi, dan bakso ikan. Namun akhir-akhir ini bakso aci khas bandung mulai di gandrungi oleh kalangan milenal.

Cara membuat bakso kurang lebih sama (kecuali bakso aci), jadi pada kali ini kami hanya akan berbagi cara membuat bakso ayam dan semoga bisa bereksperimen dengan daging lain pilihan anda.

Cara Membuat Bakso Ayam

Apa yang kamu butuhkan untuk membuat bakso ayam? Sebenarnya tidak banyak bahan yang dibutuhkan ketika kamu ingin membuat bakso ayam buatan sendiri. Berikut ini adalah cara membuat bakso ayam yang cocok untuk usaha rumahan atau hanya untuk di makan sendiri.

1. Menyiapkan Adonan

Bahan:

  • daging dada ayam, giling sendiri di food processor, tapi kamu bisa beli ayam giling juga
  • bawang putih, parut
  • garam
  • gula
  • baking powder
  • tepung tapioka
  • minyak
  • air es, lebih baik jika kamu menggunakan es batu yang meleleh saja

Cara membuat:

Sangat mudah untuk menyiapkan campuran ayam giling untuk bakso ayam. Rahasia pertama untuk mendapatkan bakso yang juicy dan kenyal adalah penggunaan air es saat mencampur ayam giling. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat bakso ayam:

  1. Tempatkan ayam giling dalam mangkuk pencampur yang cukup besar, perlahan tambahkan 5 sendok makan air es, satu sendok perlahan, aduk sampai tercampur sepenuhnya dengan setiap penambahan.
  2. Dalam mangkuk lain, campurkan semua bahan halus seperti bawang putih, garam, gula, baking powder, tepung tapioka (atau tepung jagung), minyak, dan 4 sendok makan air es. Tuang perlahan larutan ini ke ayam giling, aduk hingga tercampur rata.
  3. Bungkus mangkuk dengan plastik, dan dinginkan campuran ayam di lemari es setidaknya selama 30 menit dan hingga 2 jam.
Baca Ini Juga  100+ Nama FF Keren Bucin Terbaru Paling Romantis

Sekarang kamu memiliki campuran adonan ayam giling yang siap untuk cetak menjadi bakso ayam.

2. Mencetak dan Merebus Adonan

Rahasia kedua untuk membuat bakso yang empuk dan juicy adalah dengan memasak bakso di dalam panci berisi air panas yang hampir mendidih . Berikut langkah-langkahnya:

  1. Rebus air dalam panci besar.
  2. Isi mangkuk besar dengan air dingin dan banyak es batu. Pastikan Anda memiliki banyak es batu tambahan untuk ditambahkan ke mangkuk pencampur sesuai kebutuhan.
  3. Setelah air mendidih, kecilkan api sampai air hampir mendidih. Masukkan sendok makan campuran ayam giling ke dalam panci berisi air panas. Tunggu hingga bakso mengapung ke permukaan, lalu tunggu lagi selama 30 detik lalu keluarkan dari air panas dan celupkan ke dalam mangkuk yang sudah disiapkan berisi air es dan es batu.

TIPS: Kamu mungkin perlu terus menambahkan es batu karena semakin banyak bakso matang yang ditambahkan ke dalam mangkuk untuk menjaga suhu sedingin mungkin.

Pada tahap ini, bakso ayam kamu sudah matang sepenuhnya. Kamu dapat menikmatinya apa adanya jika kamu mau, tetapi biasanya untuk menikmati bakso ayam ini adalah dengan membuat kuahnya juga.

Cara membuat Kuah Kaldu Bakso

Bakso ayam yang telah kamu buat di atas dapat kamu nikmati dengan cara di makan langsung atau dengan tambahan kuah. Tapi memang bakso umumnya di makan bersama  dengan kuah kaldu yang gurih dan harum. Berikut ini adalah cara membuat kuah kaldu yang gurih dan nikmat:

Bahan:

  • 1 kg tulang ayam (sisa dari pembuatan bakso)
  • 2.5 liter air bersih
  • 1/2 buah bawang bombay (iris)
  • 2 batang daun bawang (iris sesuai selera)
  • 5 siung bawang putih (cincang)
  • 3 sdm minyak sayur
  • 5 siung bawang putih (cincang halus)
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdm kaldu ayam instan
  • 2 sdt garam (sesuai selera)
Baca Ini Juga  Cara Tracking Indah Logistik Cargo

Cara membuat:

Cuci tulang ayam dan tiriskan.

  1. Rebus 2,5 liter air bersih dalam panci sampai mendidih. Masukkan tulang ayam, kecilkan api dan masak hingga mendidih.
  2. Hilangkan kotoran yang mungkin muncul dipermukaan.
  3. Tambahkan bawang bombay dan bawang putih yang telah dihaluskan.
  4. Rebuslah hingga air kuah berkurang. (Reduce atau hingga asat)
  5. Angkat kuah lalu saring dan tuangkan kembali kaldu ke dalam panci (menyesuaikan kamu mungkin tidak perlu cara ini).
  6. Tumis bawang putih hingga harum, angkat dan tambahkan ke kaldu.
  7. Tambahkan kaldu bubuk, merica dan garam.
  8. Masak dengan api kecil hingga mendidih kembali.
  9. Matikan api,  dan kaldu siap digunakan untuk bakso ayam.

Nah itulah tadi adalah cara membuat bakso ayam beserta kuah kaldunya yang telah hargabelanja.com rangkum, kamu bisa menambahkan kondimen seperti sayuran pakcoy dan juga bihun kedalam mangkok.

Tips Menyimpan Bakso Ayam agar Tahan Lama

Jika kamu tidak berencana untuk memakan/menggunakan bakso ayam secara langsung, kamu juga dapat membekukannya dan menggunakannya nanti. Atau kamu juga dapat menyimpan bakso yang sudah dimasak di atas loyang dan membekukan sampai padat, lalu memindahkan bakso beku ke dalam kantong ziplock yang aman untuk freezer.

Selain dimakan bersama kuah kaldu yang gurih, kamu juga dapat menambahkan bakso buatan kamu sendiri ketika kamu memasak beberapa ramen atau mie instan lainnya. Kamu cukup menambahkan bakso beku langsung ke dalam kuah ramen/mie instan kamu dan masak sampai empuk kembali.

Baca Ini Juga  Redeem Code Genshin Impact

Rangkuman

Bahan:

  • 500 gram dada ayam tanpa kulit tanpa tulang, haluskan
  • 5 sendok makan air es dingin
  • 4 siung bawang putih, halus
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan gula
  • 1 sendok teh baking powder
  • 2 sendok makan tepung tapioka
  • 1 sendok makan minyak
  • 4 sendok makan air es

Cara Membuat:

  1. Tempatkan ayam giling dalam mangkuk pencampur besar, perlahan tambahkan 5 sendok makan air es satu sendok makan sekaligus, aduk sampai tercampur sepenuhnya dengan setiap penambahan.
  2. Dalam mangkuk lain, pukul bersama parutan bawang putih, garam, gula, baking powder, tepung tapioka, minyak, dan 4 sendok makan air es. Perlahan tuangkan larutan ini ke ayam giling, dan aduk hingga benar-benar tercampur.
  3. Bungkus mangkuk pencampur dengan plastik, dan dinginkan campuran ayam di lemari es setidaknya selama 30 menit dan hingga 2 jam.
  4. Rebus air dalam panci besar. Isi mangkuk besar dengan air dingin dan banyak es batu.
  5. Setelah air mendidih, kecilkan api hingga air hampir mendidih, lalu masukkan satu sendok makan campuran ayam (saya bentuk dengan 2 sendok makan menjadi bentuk bulat) ke dalam panci berisi air panas.
  6. Setelah bakso mengapung ke permukaan, tunggu 30 detik lagi, lalu keluarkan dari air panas dan celupkan ke dalam es batu dan mangkuk air dingin yang sudah disiapkan. Anda mungkin ingin terus menambahkan es batu karena semakin banyak bakso matang yang ditambahkan ke dalam mangkuk untuk menjaga suhu sedingin mungkin.
  7. Bola-bola bakso ayam sudah matang sepenuhnya pada tahap ini, dan kamu pasti dapat menikmatinya.