cara membuat bolu kukus

Cara Membuat Bolu Kukus untuk Jualan di Rumah

Diposting pada

Halo sobat belanja, pada artikel ini hargabelanja.com akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat bolu kukus untuk jualan di rumah.

Cara membuat bolu kukus sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan cara membuat bolu biasa. Perbedaan mendasar hanya pada komposisi air yang kita gunakan.

Dalam pembuatan bolu kukus, air dimasukkan ke dalam adonan. Hal ini dilakukan agar bolu dapat mengembang saat dikukus sehingga memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Bahan yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Namun, seringkali terjadi kegagalan dalam pembuatannya.

Cara Membuat Bolu Kukus

Agar kamu tidak gagal dalam membuat bolu kukus, pastikan kamu membaca artikel ini hingga akhir ya. Nah tanpa banyak berbasa-basi berkut ini adalah resepnya:

Resep 1

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur
  • 50 gram ceri merah, potong kotak kecil
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan emulsifier (SP/TBM)
  • 275 gram tepung terigu protein sedang (ayak)
  • 1 sendok teh baking powder
  • 225 ml pewarna makanan sesuai selera
  • 180 gram gula pasir

Cara membuat:

  1. Pertama-tama kocok telur, garam, gula pasir, dan emulsifier sampai bahan menjadi kaku dan kental
  2. Tambahkan campuran baking powder dan tepung, sambil diayak. Tambahkan juga pewarna makanan.
  3. Tambahkan ceri merah, dan aduk sampai ceri tersebar
  4. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dialasi kertas roti
  5. Kukus dengan api besar hingga matang, sekitar 10 menit
  6. Jika sudah matang angkat dan sajikan

Nah itu tadi adalah resep bolu kukus yang pertama, bagaimana kamu sudah mencobanya? Jika kamu belum merasa cocok dengan resep yang pertama silahkan coba resep yang berikut ini.

Baca Ini Juga  Penasaran Dengan Macam-Macam Keripik? Yuk Simak Ulasan Ini!

Resep 2

Bahan kocok:

  • 5 kuning telur
  • 4 putih telur
  • 250 gram gula pasir
  • 175 ml air soda manis (ssprite)
  • pewarna sesuai selera

Bahan ayakan:

  • 300 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1 sendok teh vanili bubuk

Cara membuat:

  1. Siapkan cetakan yang sudah dialasi kertas roti
  2. Lalu masukkan ke dalam panci yang sudah berkobar api
  3. Kocok telur dan gula hingga kental dan kaku
  4. Selanjutnya masukkan tepung terigu dan air soda secara bergantian sambil diaduk rata
  5. Ambil beberapa sendok adonan, dan beri warna sesuai keinginan
  6. Masukkan ke dalam cetakan bolu kukus, agar lebih cantik beri warna pada bagian atas bolu kukus
  7. Kemudian kukus selama 30 menit sampai bolu matang, jangan buka tutup panci sebelum waktunya 30 menit
  8. Angkat dan dinginkan. Bolu kukus siap disajikan

Tips Cara Membuat Bolu Kukus Mengembang

Kualitas bahan bolu kukus

Pastikan bahan berkualitas baik. Cek dulu masa kadaluarsanya, seperti telur atau tepung yang akan kamu gunakan. Jangan gunakan telur yang baru keluar dari kulkas, sesuaikan dulu dengan suhu ruangan.

Peralatan

Siapkan semua peralatan seperti cetakan, tutup dengan paper cup. Pastikan juga peralatannya bersih, tidak ada bahan lain dari resep bolu kukus yang menempel sebelumnya.

Soda manis

Sebenarnya banyak bahan cair yang bisa digunakan untuk membuat bolu kukus, seperti air biasa, susu, santan, air kelapa, atau air soda manis. Namun, jika kamu menginginkan tekstur bolu yang mekar sempurna dan empuk, maka kamu bisa mencobanya dengan menggunakan air soda manis. Hanya saja adonan spon yang sudah dikukus sebaiknya tidak dicampur lagi dengan baking soda atau baking powder. Sebaiknya air direbus beberapa saat sebelum cetakan berisi adonan dimasukkan.

Baca Ini Juga  100+ Nama Akun Bisnis Instagram yang Bagus dan Menarik

Kocokan Gula dan Telur

Waktu yang dibutuhkan untuk mencampur gula dan telur dengan menggunakan mixer berkecepatan tinggi relatif lebih lama dibandingkan dengan kue pada umumnya. Hal ini karena dalam membuat bolu kukus butuh banyak udara yang masuk ke dalam adonan. Kocok telur hingga adonan benar-benar mengembang, kental dan berwarna putih bersih. Ciri-cirinya bisa kamu lihat jika adonan kamu angkat dan membaliknya maka adonan itu akan jatuh dengan perlahan.

Cetakan

Cetakan yang tepat bisa menopang agar adonan dalam resep iniĀ  bisa mengembang dengan maksimal. Tentu akan lebih baik jika kamu menggunakan cetakan kue yang dilubangi plastik atau aluminium. Paper cup yang kamu gunakan juga tidak boleh terlalu tebal atau tinggi agar adonan lebih mudah mengembang. Rapikan paper cup agar sesuai dengan cetakan. Isi cetakan sampai penuh dan kukus secukupnya. Tujuannya agar ada celah untuk uap panas naik agar adonan matang dan mengembang dengan sempurna.

Mengukus

Saat mengukus, jangan lupa untuk membungkus penutup pengukus dengan kain dan sejenisnya. Hal ini bertujuan agar uap air yang mengepul tidak jatuh langsung ke bagian atas adonan. Dengan demikian, adonan bisa matang secara merata dan mengembang dengan sempurna.

Baca Ini Juga  Bagaimana Cara Menghadapi Orang Yang Suka Adu Domba?

Peluang Usaha Bolu Kukus

Bisnis ini memiliki prospek yang cerah di masa mendatang. Mengingat ini merupakan makanan yang sering di suguhkan saat ada perayaan pesta atau sejenisnya.

Untuk memulai bisnis ini pun kamu tidak memerlukan modal yang besar. Kamu hanya memerlukan mixer sebagai inventaris utama, apa lagi jika kamu seorang ibu rumah tangga peralatan pendukung lainnya pasti sudah tersedia di rumah.

Namun ada hal yang harus kamu ingat, kamu memerlukan USP pada produk yang akan kamu jual. USP ini merupakan hal apa yang membuat produk kamu itu unik dan unggul dari para kompetitor.

Melihat jumlah pesaing yang sudah banyak bergelut di bidang ini, bukan berarti tidak ada kesempatan. Apa lagi di era digital seperti sekarang ini. Kamu dapat dengan mudah membuka toko tanpa harus menyewa ruko. Ya, dengan berjualan online.

Itulah tadi tips dan cara membuat bolu kukus, mekar, lembut, dan empuk. Jika berhasil, cobalah untuk menjual hasil karya kamu tersebut. Terimakasih telah berkunjung di hargabelanja.com, semoga beruntung!