Cara Membuat Bolu Pisang Untuk Jualan

Cara Membuat Bolu Pisang Untuk Jualan

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas tentang bagaimana cara membuat bolu pisang untuk jualan di rumah atau di mana saja.

Bolu merupakan kuliner yang dapat di nikmati sebagai cemilan atau makanan penutup (dessert). Tak hany di situ bolu biasanya juga tersajikan dalam berbagai acara resmi. Nah dengan begitu kamu dapat memanfaatkan peluang ini untuk berjualan bolu.

Bahan campuran yang digunakan dalam pembuatan bolu ini sangatlah beragam, salah satunya adalah pisang. Pisang sangat cocok untuk dijadikan sebagai perasa bolu karena dapat membuat tekstur dan rasa bolu buatan kamu menjadi lebih enak.

Cara Membuat Bolu Pisang untuk Jualan

Campuran pisang yang akan kita gunakan dalam resp ini tidak harus pisang segar lho. Pisang dengan kondisi fisik yang sudah agak benyek malah lebih baik dijadikan sebagai bahan tambahn bolu karena rasa pisangnya bisa keluar dengan baik jika pisang dalam keadaan benar-benar masak.

Pisang yang dimaksud di sini bukan berarti pisang busuk ya. Kamu pasti pernah menemukan pisang yang sudah tidak menarik lagi jika di makan langsung, nah kamu bisa menggunakan pisang dengan kondisi seperti ini.

Beraam jenis pisang sebenarnya bisa kamu jadikan sebagai bolu pisang, namun akan lebih baik jika kamu menggunakan pisang kepok yang sangat matang. Nah untuk membuat bolu pisang, kamu bisa mengikuti resep cara membuat bolu pisang berikut ini:

Bahan bolu pisang:

  • 200g pisang rebus (hancurkan pisang dengan garpu/ mashed banana)
  • 160g gula
  • 4 butir telur besar
  • 40g susu segar
  • 1/2 sdm SP
  • 1/2 sdt esens pisang
  • 1/2 sdt esens vanila
  • 160g Tepung terigu – ayak bersama baking powder dan soda kue
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue
  • 100 gram minyak

Langkah cara membuat bolu pisang:

  1. Pertama-tama siapkan dalam mangkuk mixer bahan-bahan kemudian kocok pisang yang sudah dihaluskan bersama dengan gula, telur, susu dan SP dengan kecepatan tinggi hingga kental.
  2. Kemudian turunkan kecepatan mixer lalu masukkan esens pisang dan esens vanila, lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit.
  3. Hentikan mesin dan gunakan pengocok tangan agar tercampur rata.
  4. Setelah itu tuang minyak dalam 3 tahap dan aduk rata lagi.
  5. Lanjut dengan menuang adonan ke dalam loyang persegi 9″ (berlapis).
  6. Selanjutnya panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 170C selama sekitar satu jam.
  7. Tempatkan loyang kue di rak oven paling bawah dan tutupi kue dengan kertas timah jika topping terlalu cokelat setelah 40 menit.
  8. Kamu bisa menambahka varian topping seperti butter cream.
  9. Kue bolu pisang siap unruk dinikmati
Baca Ini Juga  Aplikasi Pengganti X8 Speeder Terbaik untuk Higgs Domino

Baca juga:

Cara Membuat Bolu Kukus untuk Jualan

Cara Membuat Kue Nastar untuk Jualan

Cara Membuat Butter Cream

Cara Menyimpan Bolu Pisang

Agar kue bolu pisang buatan kamu bisa tetap fresh dan bertahan lama, kamu perlu memperhatikan tips menyimpa kue bolu berikut ini:

  1. Pastikan kamu menyimpannya dalam keadaan benar-benar dingin sehabis keluar dari oven. Mendiamkannya dalam sushu kamar bertujuan agar kue kamu telah terbebas dari uap air yang masih tersimpan di dalamnya. Jika kamu memaksa untuk menyimpan bolu pisang kamu dalam keadaan hangat, maka bolu buatan kamu tidak akan bisa bertahan lama.
  2. Kamu dapat menimpan bolu di freezer hingga 2 bulan, jika kamu menggunakan kertas cling wrap. Namun perlu kamu perhatikan toping yang kamu pakai. Jika kamu menggunakan buah segar sebagai topping tentu ini akan mempersingkat umur penyimpanan bolu pisang.
  3. Gunakan wadah kedap udara dan atau cling wrap agar tidak ada udara kotor yang masuk ke dalam bolu buatan kamu. Jika kamu menggunakan wadah kedap udara kue kamu akan bertahan 3 hari, jika kamu menggunakan cling wrap akan bertahan lima hari. Namun jika kamu menggunakan cling wrap dalam wadah kedap udara maka akan bertahan hingga maksimal empat bulan.

Tips dalam Berbisnis Kue Bolu

Setiap rencana bisnis adalah unik, namun rencana yang paling efektif memiliki beberapa ciri penting. Dengan tidak mempelajari materi-materi yang mungkin akan memakan banyak waktu seperti tentang pemasaran, keuangan, dan bidang bisnis utama lainnya, kamu akan membahayakan efektivitas keseluruhan rencana bisnis. Nah berikut ini adalah materi atau tips yang mungkin akan membantu kamu dalam mengembangkan bisnis ini:

1. Mempertimbangkan pesaing

Sebelum membuka bisnis bolu di daerah kamu, penting untuk mengetahui seperti apa persaingannya. Seberapa keras persaingan di pasar yang akan menjadi target market kamu? Jika persaingan terlalu ketat, kamu mungkin perlu berpikir untuk memulai bisnis di area yang berbeda atau bahkan memulai bisnis yang sama sekali berbeda.

2. Mempelajari pasar

Setelah kamu selesai menilai persaingan, langkah selanjutnya adalah mempelajari pasar. Materi ini dapat kamu dapatkan dengan berbicara langsung dengan seseorang yang sudah berkecimpung dalam bisnis tersebut. Pesaing lokal di daerah kamu tentu tidak akan memberikan kamu pelajaran apa pun tentang bisnis ini.

Tapi, seseorang yang memiliki bisnis bolu di kota lain mungkin akan dengan senang hati memberikan kamu beberapa tips. Mengingat kamu tidak bersaing dengan mereka di daerah mereka. Bahkan, mereka seringkali sangat bersedia untuk berbagi saran startup dengan kamu.

3. Pertimbangkan Waralaba

Membeli waralaba dalam memulai bisnis adalah salah satu pilihan yang baik. Dengan membeli waralaba, berarti kamu juga telah membeli sistem mereka sehingga kamu tidak harus belajar dari awal tentang bisnsi ini.

4. Pilihan tempat

Kamu harus bisa memilih tempat yang memiliki potesi yang besar. Namun jika kamu tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli atau menyewa ruko, kamu masih bisa berjualan kue bolu pisang melalui sosial media. Gunakan sosial media dengan sebaik mungkin, karena dengan menggunakan sosmed kamu bisa melakukan upaya promosi dengan gratis.

5. Promosikan bolu pisang buatan kamu

Hal wajib yang harus kamu lakukan ketika pertama kali membuka bisnis, apa pun modelnya, kamu harus meluangkan anggaran untuk melakukan promosi. Promosi ini dapat berupa give away, potongan harga dan beriklan.

6. Pertahankan kualitas bolu pisang

Mempertahan kualitas adalah salah satu kunci sukses dalam berbisni. Karena walau bagaimana pun pembeli adalah raja. Jika kamu memiliki produk yang berkualitas kamu berpeluang besar untuk memiliki loyal customer.

Bukan hanya kualitas produk yang harus kamu jaga, kualitas pelayanan juga perlu kamu pertahankann atau bahkan kamu tingkatkan.

7. Jangan buat pelanggan kecewa

Membuat kecewa pelanggan adalah sebuah kesalahan besar, walaupun kamu hanya melakukannya kepada 1 orang. Namun orang 1 ini jika kamu mengecewakannya, orang tersebut berpeluang untuk menjatuhkan bisnis kue bolu pisang kamu. Karena pelanggan yang kecewa sangat mungkin bsa untuk membuat bad testimoniĀ dan akan mempengaruhi pelanggan kamu yang lain.

8. Konsisten

Bekerjalah dengan tekun dan hadapi semua tantangan dan rintangan yang ada. Tidak ada bisnis yang dibangun dengan cara mudah kecuali kamu anak orang konglomerat yang ketika bisnisnya hancur bisa pulang kembali ke pangkuan orangtuanya.

Nah itulah tadi pembahasan tentang bagaimana cara membuat bolu pisang untuk jualanĀ  yang telah hargabelanja.com rangkum. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga sukses selalu.

1 komentar.

Comments are closed.