Cara Membuat Butter Cream untuk Jualan Aneka Kue

Cara Membuat Butter Cream untuk Jualan Aneka Kue

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas tentang bagaimana cara membuat butter cream untuk jualan aneka kue.

Butter cream atau juga yang menyebutnya dengan froasting buttercream sebenarnya sangat mudah sekali untuk membuat. Namun tetap butuh keterampilan khusu agar butter cream yang dibuat bisa terasa enak.

Rasa dari butter cream ini bisa divariasikan menjadi berbagai macam rasa yang enak untuk berbagai jenis kue.

Cara Membuat Butter Cream

Seperti sudah dibahas di atas, butter cream ini bisa kamu variasikan dalam berbagai macam rasa. Nah untuk meringkas agar artikel ini tidak terlalu panjang, berikut ini kami akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat butter cream rasa vanilla:

Bahan-bahan:

  • 1 cangkir (230 gram) mentega tawar
  • 3 cangkir (360 gram) gula bubuk
  • 2-3 sendok makan (30 hingga 45 ml) heavy cream
  • 1 sendok teh ekstrak vanila (bisa kamu ganti dengan karamel, cokelat, stroberi dsb)
  • Sejumput kecil garam

Cara membuat:

  1. Pertama-tama siapkan mentega tawar dalam mangkuk besar dan kocok mentega hingga halus menggunakan mixer.
  2. Tambahkan gula bubuk dan aduk dengan kecepatan mula-mula rendah, kemudian naikkan ke kecepatan sedang dan lanjutkan mengaduk selama 1 hingga 2 menit atau hingga semua tercampur sempurna.
  3. Tambahkan heavy cream (mulai dengan 2 sendok makan dan tambahkan sedikit lagi jika perlu untuk mengatur kekentalannya), ekstrak vanila, dan garam dan lanjutkan mengaduk dengan kecepatan sedang hingga semuanya tercampur rata.
  4. Gunakan frosting untuk topping cupcakes atau juga dapat kamu gunakan frosting kue dan jika kamu tidak langsung menggunakannya kamu kamu dapat menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat.

Baca Juga:

Cara Membuat Brownies Kukus untuk Jualan

Cara Membuat Puding untuk Jualan

Variasi Resep Butter Cream

Nah resep yang kami bagikan ini merupakan resep yang sempurna, karena kamu dapat dengan mudah memvariasikannya dalam berbagai rasa yang menggugah selera. Nah berkut ini kami berikan 4 variasi yang berbeda. Namun perlu kamu ingat bahwa resep ini dapat kamu variasikan ke berbagai rasa yang lebih banyak lagi sesuai dengan kreativitas kamu.

  • Vanilla:  Jika kamu hanya membuat frosting buttercream vanilla polos untuk topping cupcakes atau frosting kue, kamu hanya perlu menambahkan satu sendok teh ekstrak vanila tambahan untuk meningkatkan rasa vanila.
  • Cokelat:  Ayak 1/2 cangkir (40 gram) bubuk kakao tanpa pemanis, lalu campurkan ke adonan butter cream hingga tercampur rata. Tambahkan 1 hingga 2 sendok makan ekstra heavy cream jika diperlukan untuk frosting yang lebih lembut dan kental. Jika kamu lebih suka frosting yang lebih manis, campurkan tambahan 1/2 hingga 1 cangkir gula bubuk.
  • Karamel:  Campurkan 1/3 hingga 1/2 cangkir saus karamel buatan sendiri atau kamu dapat membeli di toko.
  • Stroberi:  Tambahkan 1 ons stroberi kering beku ke dalam blender atau pengolah makanan dan proses sampai buah stroberi menjadi bubuk halus. Campur bubuk strawberry kering beku ke dalam frosting sampai tercampur rata.

Tips Membuat Buttercream

Kamu juga dapat menambahkan pewarna makanan ke dalam resep ini jika kamu menginginkan buttercream yang memiliki warna kontras atau dapat kamu sesuaikan dengan rasanya. Jika kamu ingin menggunakan pewarna makanan cair, kami sarankan untuk menggunakan beberapa tetes saja karena pewarna jenis ini beresiko dapat mengencerkan frosting. Untuk warna yang lebih gelap, pewarna makanan gel adalah pilihan yang tepat.

Resep ini menghasilkan sekitar 2 dan 1/2 cangkir frosting, yang cukup untuk lapisan 12 hingga 14 cup cake. Jika kamu lebih suka sedikit frosting, kamu bisa menggunakan rasio yang lebih kecil misalnya hanya menggunakan 1/2 dari semua ukuran yang tersedia. Resep butter cream ini juga akan cukup untuk frostingan kue berukuran 9×13 atau yang lebih kecil. Jika kamu lebih suka frosting  sebagai bahan untuk membuat dekorasi pada kue kamu dapat menambahkan takarannya. Kami sarankan untuk membuat resep ini lebih banyak atau kamu dapat mengalikan resepnya dengan 1,5 kali lipat.

Nah itu lah tadi adalah pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat butter cream untuk jualan aneka kue. Semoga artikel ini bermanfaatm, jika kamu merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share ini ke orang terdekat kamu ya. Semoga sukses.

Baca Ini Juga  Harga Motor Yamaha R1m Terbaru

2 komentar.

Comments are closed.