Cara Membuat Donat Kentang untuk Jualan Empuk dan Enak

Cara Membuat Donat Kentang untuk Jualan Empuk dan Enak

Diposting pada

Halo sobat belanja apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas tentang bagaimana cara membuat donat kentang empuk dan enak.

Donat adalah cemilan yang mengenyangkan namun tetap enak. Tak heran donat kerap kali menjadi favorit untuk menemai masa-masa santai maupun masa kerja sembari menunggu waktu makan tiba.

Donat sebenarnya memiliki banyak sekali variasi. Bukan hanya dari toping bahan dasar pembuatan donat juga dapat divariasikan, misalnya dengan menambahkan kentang dalam adonan donat. Penambahan kentang dalam adonan donat dapat memberikan tekstur dan rasa tersendiri, khas kentang.

Cara Membuat Donat Kentang

Nah sekali lagi ada banyak sekali varian donat. Nah bagi kamu yang ingin memulai berjualan donat kentang dan ingin mencari resep donat kentang yang enak, berikut hargabelanja.com telah merangkum beberapa resep donat kentang untuk jualan:

1. Donat Kentang NCC by Fatwa Bahalwan

Bahan-bahan:

  • 1000 gr terigu
  • 100 gr susu bubuk
  • 22 gr ragi
  • 400 gr kentang kukus (haluskan+dinginkan) atau nama kerennya mashed potato
  • 200 gr gula kastor/gula halus
  • 150 gr mentega
  • 1/2 sdt garam
  • 8 butir kuning telur
  • 200 ml air dingin
  • Gula bubuk dan kayu manis untuk taburan

Cara membuat:

  1. Ayak tepung terigu, susu bubuk, ragi instan dan gula pasir. Campurkan kentang tumbuk atau mashed potato, kuning telur dan air dingin. Uleni adonan hingga kalis, kemudian uleni dengan mentega dan garam. Lanjutkan menguleni sampai kamu mendapatkan adonan yang halus dan elastis (benar-benar kalis). Kamu bisa mengaduk adonan donat kentang menggunakan mixer atau menguleni secara manual menggunakan tangan. Adonan agak lengket. Diamkan adonan selama kurang lebih 15-25 menit menit.
  2. Ratakan adonan dan gulingkan di atas meja kerja dengan tepung terigu. Gunakan rolling pin dan gulung hingga menjadi lembaran adonan dengan tebal sekitar 3 cm. Kemudian potong adonan menggunakan cookie cutter kecil. Atau kamu juga bisa lagsung membagi adonan menjadi bola-bola kecil. 
  3. Tutup dengan handuk dapur basah atau bungkus plastik dan diamkan kembali selama sekitar 20 menit atau sampai mengembang.
  4. Panaskan minyak goreng secukupnya di deep fry pan. Goreng adonan di atas api sedang sampai berwarna cokelat keemasan. Gunakan tusuk sate atau sumpit untuk mmbuat lubang saat sedang menggoreng.
  5. Tiriskan donat dari minyak yang berlebih dan biarkan hingga benar-benar dingin. Jika kamu ingin lapisan gula yang lebih tebal, taburi donat kamu menggunakan gula dan kayu manis bubuk saat sedang sedikit hangat.
  6. Beri taburan kayu manis dan gula bubuk. Donat kentang NCC siap untuk dinikmati.
Baca Ini Juga  Kuota Aplikasi Tinder Axis

2. Donat Kentang Tanpa Susu

Salah satu keunggulan dari produk ini adalah kamu dapat menekan biaya produksi sehingga kamu dapat menekan juga harga jual. Namun demikian kamu tetap masih bisa mendapatkan kualitas yang baik dan tak harus kehilangan kualitas buatan kamu.

Bahan-bahan:

  • 230 g kentang kukus tumbuk atau mashed potato
  • 125 g tepung terigu
  • 1 1/2 baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Ayak tepung roti dan tambahkan garam dan baking powder. Aduk hingga rata. Sampai tahap ini kamu tidak perlu menambahkan air.
  2. Tambahkan minyak ke panci sedang, panaskan.
  3. Selagi meunggu minyak memanas, buat adonan. Tambahkan kentang tumbuk dan tepung ke dalam mangkuk besar. Aduk dengan sendok sampai tepung benar-benar tercampur dan adonan bisa dibentuk. Uleni menggunakan tangan hingga kalis. Kamu bisa menambahkan air jika perlu. Penambahan air disesuaikan dengan air yang terkandung dalam mashed potato, jika adonan terlalu kering tambahkan air.
  4. Setelah minyak mencapai suhu yang di inginkan, ambil sejumput adonan menggunakan sendok. Cetak adonan donat dan langsung masukkan ke dalam minyak panas. Ulangi sampai terdapat cukup adonan dalam penggorengan (jangan sampai terlalu banyak). Kamu hanya perlu menggoreng adonan hingga satu lapis donat. Donat kentang buatan kamu awalnya mungkin tenggelam dan menempel di dasar panci. Jika hal itu terjadi, gunakan spatula untuk melepaskan bola donat dari bawah agar bisa mengapung ke atas. Masak donat sampai semua sisinya berwarna cokelat keemasan, jangan lupa untuk mebaliknya agar tidak gosong. Angkat donat, dan tiriskan dari minyak berlebih. Letakkan di atas piring yang dilapisi dengan kertas tisue untuk makanan. Ulangi dengan sisa adonan donat sampai semua adonan donat habis.
  5. Saat donat tidak lagi terlalu panas, kamu bisa menambahkan gula atau topping donat lainnya. Kamu juga bisa membiarkannya polos untuk donat gurih.
Baca Ini Juga  Apa Saja Tips Memilih WO untuk Resepsi Pernikahan?

Toping

Kamu bisa menambahkan banyak sekali jenis toping di atas donat kentang buatan kamu. Nah berikut ini adalah rekomendasi ide toping donat yang wajib kamu coba:

  • Gula bubuk tabur. Ini adalah cara klasik dan paling sederhana dalam memakan donat.
  • Mengolesi dengan margarin atau butter kemudian ditaburi dengan meses.
  • Glaze donat. Toping yang terdapat pada varian ini dibuat dengan melapisi bagian atas donat dengan menggunakan campuran dengan bahan dasar seperti susu, gula cokelat dan perasa. Setelah dilapisi dengan campuran bahan dasar di atas kamu juga bisa menambahkan taburan berupa kacang-kacangan yang telah di tumbuk.
  • Donat karakter. Nah semakin ke sini orang-orang semakin suka dengan produk yang bisa di kustom sesuai dengan karakter mereka. Kamu bisa menambahkan toping yang sesuai dengan minat dari target market kamu. Misalnya saja kamu bisa menambahkan tokoh kartun atau anime, karena fans anime terkenal cukup militan untuk membeli produk yang berhubungan dengan kesukaan mereka pada tokoh yang mereka suka.
  • Oreo. Makanan ini merupakan biskuit hitam yang populer untuk dijadikan sebagai topping. Oreo tumbuk merupakan ide baik untuk menjadi toping donat kentang.
  • Matcha. Banyak sekali jenis makanan yang menggunakan jenis toping ini.
Baca Ini Juga  Fakta Menarik Belatung Viral Tiktok

Cara Menyimpan Donat Kentang

Cara terbaik untuk menyimpan donat kentang berbahan dasar ragi adalah dalam wadah kedap udara seperti kantong Ziplock. Kamu juga dapat menggunakan aluminium foil, tetapi cara ini tidak efektif untuk mencegah masuknya udara ke dalam wadah. Setelah kamu memasukkan donat ke dalam wadah kedap udara, kamu bisa menyimpan donat dalam kulkas untuk beberapa hari.

Nah itulah tadi adalah cara membuat donat kentang untuk jualan yang telah harga belanja rangkum, terimakasih telah berkunjung.