Cara Membuat Kentang Goreng Frozen untuk Jualan

Cara Membuat Kentang Goreng Frozen untuk Jualan

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas tentang bagaimana cara membuat kentang goreng frozen untuk jualan.

Memotong kentang lalu kemudian menggorengnya adalah cara tradisional untuk membuat cemilan ini. Ternyata setelah kentang di potong-potong dan di bumbui, kentang dapat dapat di bekukan dan dapat di jual sebagai frozen food.

Jangan salah, mungkin kamu berpikiran membuat cemilan ini kan mudah banget, orang-orang bisa memotong dan membumbuinya sendiri. Tapi tahu kah kamu, ini juga yang ada di pikiran orang-orang saat founder air mineral dengan merek “AQUA” menjual air putih dalam kemasan.

Cara Membuat Kentang Goreng Frozen Food

Pada resep yang akan kami bagikan ini kamu hanya perlu beberapa bahan yang mudah untuk di dapatkan dan juga dengan langkah mudah. Dengan resep ini kamu dapat membuat kentang goreng yang dapat disimpan di Freezer.

Bahan untuk membuat kentang goreng:

  • 2 buah kentang yang berukuran besar.
  • 5 sendok makan tepung terigu.
  • 2 sendok maka tepung maizena.
  • 5 siung bawang putih (haluskan).
  • 1,5 sdt garam.
  • 1 sdt penyedap rasa.
  • Merica.
  • Air.

Cara membuat kentang goreng mentah:

  1. Kupas kentang kemudian cuci hingga bersih. Selesai di cuci tiriskan hingga airnya hilang.
  2. Didihkan air bersama bumbu halus (bawang putih, merica, garam dan penyedap rasa).
  3. Setelah air mendidih masukkan kentang selama 5-7 menit hingga bumbu meresap. Angkat kentang dan tiriskan.
  4. Siapkan air dingin ke dalam wadah besar. Masukkan kentang menggunkan saringan ke dalam air es beberapa saat kemudian tiriskan.
  5. Siapkan wadah (baki atau nampan) yang berisi campuran tepung terigu dan tepung maizena. Kocok merata. Dan kentang siap di kemas dan masukkan kedalam freezer.
Baca Ini Juga  Harga Tanaman Hias Miana Berkualitas

Intruksi menggoreng kentang:

  • Gunakan minyak panas yang cukup banyak, kira-kira hingga bisa merendam semua kentang yang akan di goreng.
  • Tunggu minyak hingga benar-benar panas dan goreng kentang dengan waktu yang singkat.
  • Pertahankan api kompor agar tetap besar.
  • Jangan tunggu kentang beku cair untuk menggorengnya, karena dapat menyebabkan kentang menjadi lembek dan berwarna cokelat. Goreng dalam keadaan beku dengan hati-hati.

Tips

Untuk dapat menjalankan bisnis atau usaha kentang goreng frozen food terbaik kamu harus mengikuti tips-tips berikut ini:

1. Kenapa Kentang Goreng Beku?

Meski pun orang-orang dapat dengan mudah membeli kentang goreng di restoran cepat saji tentu menu kentang goreng di sana terlalu mahal. Atau orang dapat juga membuatnya di rumah, tapi terkadang orang tidak memiliki banyak waktu untuk mengupas dan memotong kentang. Nah sektor pasar inilah yang menjadi target kamu.

2. Pilihan Kentang untuk Kentang Goreng Terbaik

Kentang terbaik untuk membuat kentang goreng adalah kentang Russet. Kentang russet memiliki tekstur bertepung, kadar air dan gula yang rendah, serta pati yang tinggi. Kandungan ini membuatnya sempurna untuk di jadikan sebagai kentang panggang atau goreng yang lembut di bagian dalam tapi renyah di luar. Karena kelembapannya rendah, kentang russet juga membeku dengan baik.

Jika kamu tidak dapat menemukan kentang russet, pastikan kamu memilih kentang yang berukuran besar serta kentang yang sudah di simpan dalam waktu yang cukup lama. Penyimpanan kentang ini bermaksud untuk mengurangi kadar air yang terkandung di dalamnya.

Baca Ini Juga  Penjelasan Tentang Youtube Biru Lengkap + Cara Install

Kentang yang di simpan dalam waktu yang cukup lama akan membuatnya mengeluarkan kadar air. Kadar air yang berlebih pada kentang dapat mengurangi kualitas kentang goreng frozen buatan kamu.

Sedangkan ukuran kentang yang besar dapat memudahkan kamu dalam mengupas dan memotongnya.

3. Cara Membersihkan Kentang

Gosok kentang kamu di bawah air mengalir dan keringkan dengan handuk dapur atau lap. Saat kamu mengupas kentang potong mata, koreng, memar, dan bintik-bintik hijau yang mungkin terdapat pada kulitnya. Kemudian bilas kentang dengan baik di bawah air dingin dan keringkan dengan handuk dapur bersih.

4. Cara Memotong Kentang Goreng

Untuk menstabilkan kentang dan membuat pemotongan lebih mudah, pertama potong kentang menjadi dua bagian memanjang. Balikkan sisi bagian yang dipotong ke bawah pada talenan untuk menstabilkan, iris kentang memanjang menjadi lembaran selebar yang kamu inginkan. Berikut ini adalah jenis-jenis potongan kentang:

  • Shoestrings adalah jenis potongan kentang yang memanjang, di potong lurus, di iris tipis juga dikenal sebagai batang korek api (matchsticks) atau kentang dengan potongan julienne. Untuk membuatnya, potong kentang dengan lebar sekitar 1/8 hingga 1/4 inci.
  • Potato Wedges juga disebut steak fries, jojos, atau home-style kentang. Untuk membuatnya, kentang di potong menjadi irisan setebal 1/2 hingga 1 inci. Karena wedges jauh lebih tebal daripada potongan shoestings, potongan wedges akan terasa renyah di luar dan lembut di dalam. Untuk memotong kentang berbentuk baji, pertama potong kentang menjadi dua, lalu potong masing-masing setengah menjadi irisan panjang dan tebal dengan memiringkan pisau.
  • Cottage Fries , juga disebut rounds, home fries, dan dinner fries adalah kentang goreng berbentuk koin yang menyerupai keripik tebal. Kadang-kadang mereka bergerigi. Untuk membuat kentang dengan potongan ini, pilih kentang yang lebih kecil dengan lebar di bawah 2 inci. Iris kentang menjadi putaran 1/4 inci.
  • Crinkle Cut Fries adalah potongan kentang yang bergelombang tebal dengan tepi beralur bergelombang yang dibuat dengan pemotong khusus. Kentang yang dipotong bergelombang dapat matang secara merata, karena sisi yang dipotong bergelombang akan mencegah kentang saling menempel, dan membuat sirkulasi udara lebih merata.
  • Waffle Fries , juga dikenal sebagai windowpane, grid, atau criss-cross fries juga dibuat menggunakan pemotong bergelombang . Pola kisi dicapai dengan memberikan kentang seperempat putaran setelah setiap irisan tipis. Dibutuhkan beberapa latihan untuk mendapatkan ketebalan yang tepat.
Baca Ini Juga  Resep Coffe Dalgona Enak dan Mudah

5. Cara Menyimpan

Sesuai dengan namanya, kentang goreng frozen food dapat kamu simpan dalam lemari pendingin hingga maksimal 1 bulan. Gunakan plastik vakum untuk menjaga dari kualitas kentang kamu.

Nah itulah tadi pembahasan tentang cara membuat kentang goreng frozen food untuk jualan yang dapat hargabelanja.com sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat. Sukses selalu!