Cara Membuat Kulit Lumpia untuk Jualan

Cara Membuat Kulit Lumpia untuk Jualan

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas tentang bagaimana cara membuat kulit lumpia untuk jualan.

Lumpia merupaka n makanan yang dapat di kreasikan dengan berbagai macam isian, mulai dari daging ayam, daging ayam cincang, hingga aneka jenis sayuran-sayuran.

Sayuran yang biasa digunakan untuk mengisi kulit lumpia biasanya sayuran yang bertekstur seperti toge, wortel dan kol. Kadang juga ada yang mengisi kulit lmpia dengan menggunakan bahan-bahan lain seperti bihun, telur dan masih banyak lainnya.

Nah untuk kulit lumpia sendiri itu sangat mudah sekali untuk dibuat, namun kamu butuh ketelatenan yang tinggi karena membuatnya harus satu persatu.

Cara Membuat Kulit Lumpia

Ada banyak sekali resep untuk membuat kulit lumpia. Kamu dapat memilih beberapa resep berikut ini yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

1. Cara Membuat Kulit Lumpia Kering

Kulit lumpia yang dibuat dengan resep ini akan memiliki tekstur yang lebih kering dan sangat krispi jika di goreng. Ini sangat cocok untuk lumpia dengan isian sayuran, sehingga tekstur lumpia yang kamu buat akan menjadi sempurna.

Bahan kulit lumpia kering:

  • 1 (125 gr) cangkir tepung terigu protein sedang
  • sendok makan tepung jagung (maizena)
  • 1,25 gelas air atau sesuai kebutuhan untuk membuat adonan cair dengan konsistensi yang sedikit encer
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 hingga 2 sendok teh minyak untuk mencetak

Cara mencampur adonan kulit lumpia kering:

  1. Pertama-tama siapkan mangkuk ukuran besar, ambil 1 cangkir tepung terigu protein sednag, 3 sdm tepung maizena dan 1/4 sdt garam.
  2. Stelah itu campur bahan kering hingga merata.
  3. Tambahkan 1,25 gelas air.
  4. Kocok dengan baik untuk mendapatkan konsistensi adonan yang halus dan sedikit encer tanpa gumpalan.
  5. Adonan harus memiliki konsistensi yang agak kental cenderung encer. Tergantung pada kualitas tepung, kamu dapat menambahkan lebih sedikit atau lebih banyak air.

Cara mencetak kulit lumpia kering:

  1. Pertama, panaskan wajan anti lengket dengan api kecil. Panci atau teflon harus dalam keadaan sedikit panas dan tidak terlalu panas. Kamu juga bisa menggunakan panci besi atau baja yang biasa digunakan untuk membuat martabak. Olesi wajan dengan tisu kertas atau sepotong kecil handuk dapur yang dicelupkan ke dalam minyak. Untuk wajan antilengket, kamu tidak harus mengolesinya dengan minyak. Namun jika dirasa adonan lengket maka olesi loyang anti lengket dengan minyak.
  2. Kemudian angkatlah panci sehingga jauh dari api. Tambahkan 2 sdm adonan ke dalam wajan. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa mengolesi adonan dengan menggunakan kuas.
  3. Perlahan, sebarkan sendok searah jarum jam untuk membuat panekuk tipis kecil.  Tambahkan 1 hingga 2 sdm lebih banyak air jika adonan menjadi kental saat mencetak adonan lumpia di teplon.
  4. Ingatlah bahwa kamu harus mencetaknya dengan tipis. Jika kamu membuatnya terlalu tebal, maka kulit lumpia buatan kamu akan pecah saat digulung atau saat di isi dengan isian.
  5. Masak adonan lumpia dengan api kecil sampai pinggirannya mulai menggulung dan panekuk menjadi agak tembus pandang.
  6. Kamu hanya perlu dimasak satu bagiannya saja. Tidak perlu membalik dan memasak sisi lainnya. Masak satu sisi saja.
  7. Angkat lumpia yang sudah masak dengan spatula.
  8. Tempatkan kulit lumpia di nampan atau piring dengan sisi matang menghadap ke atas. Biarkan lembaran lumpia menjadi dingin lalu susun dengan sisi yang sudah matang di atasnya. Simpan dalam wadah atau mangkuk kecil.
  9. Setelah bungkus lumpia datang pada suhu kamar, kamu bisa mulai membuat lumpia. Atau simpan dalam wadah tertutup di lemari es.
  10. Saat menyimpan di lemari es, letakkan kertas roti atau kertas mentega di antara dua lembar, agar mudah dipisahkan. Kamu dapat menyimpan lembaran lumpia ini di lemari es atau di dalam freezer. Di lemari es, pembungkus ini bertahan selama seminggu dan di dalam freezer hingga sebulan. Setelah dikeluarkan dari freezer, cairkan sepenuhnya pada suhu kamar sebelum digunakan.

Baca Juga:

Cara Membuat Bolu Pisang untuk Jualan

Cara Membuat Puding untuk Jualan

2. Cara Membuat Kulit Lumpia Basah

Kulit lumpia basah memliki karakteristik yang lembut dan agak tebal sehingga jenis ini sangat cocok untuk diisi dengan isian yang manis. Dan untuk jenis yang ini tidak kami sarankan untuk membuat gorengan. Berikut cara membuatny:

Bahan:

  • 150 gram tepung terigu protein sedang.
  •  1 sdm tepung beras.
  •  350 ml susu cair fullcream.
  • 2 butir telur.
  •  1,5 sdm minyak sayur.
  •  1 sdt gula pasir.
  •  1 sdt garam.
  •  1 sdt lada (opsional).

Cara membuat:

  1. Pertama-tama campurkan semua bahan kering mulai dari terigu, tepung beras, dan bumbu. Aduk rata menggunakan sendok.
  2. Bila perlu ayak bahan-bahan kering ini agar tidak menggumpal saat diberi susu.
  3. Kemudian tambahkan susu cair sedikit demi sedikit. Kocok dan aduk hingga rata.
  4. Setelah itu panaskan teflon dengan api kecil.
  5. Jika kamu merasa teflon kamu terasa lengket dengan adonan. Kamu bisa mengoleskan teflon kamu dengan tisu yang sudah dicelupkan ke minyak.
  6. Tuangkan adonan secukupnya ke atas teflon yang sudah panas. Lebarkan sehingga terbentuk kulit lumpia yang benar-benar tipsi. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu bisa menggunakan kuas untuk mengoleskan adonan ke atas teflon.
  7. Kamu tidak perlu membalik adonan, masak satu bagian sisinya saja.
  8. Jika kamu rasa adonan sudah matang angkat lapisan lumpia.
  9. Kulit tipis lumpia siap di gunakan.

3. Cara Membuat Lumpia Anti Sobek

Nah jika kamu pernah memasak kulit lumpia dan memiliki kendala sering robek dalam pembuatannya, kamu perlu mengikuti resep berikut ini:

Bahan:

  • 250 gram tepung terigu.
  • 2 sdm tepung tapioka.
  • 2 butir telur ukuran sedang.
  • 1/2 sdt garam (secukupnya).
  • 450 cc air.
  • minyak goreng secukupnya (oleskan ke teflon menggunakan tisu).

Cara membuat:

  1. Siapkan semua bahan dan masukkan ke dalam mangkok besar, kecuali air.
  2. Aduk hingga rata adoanan itu setelah tercampur rata baru boleh kamu tambahkan air 450 cc.
  3. Setelah di beri air saring adonan agar tidak menggumpal.
  4. Panaskan teflon dan beri olesan minyak menggunakan tisu. Ini langkah opsional, jika kamu memiliki teflon dengan kualitas yang cukup baik, kamu boleh skip langkah ini.
  5. Tuang satu sendok adoan, ratakan adonan dengan cara memutar dan bentuk adonan jangan terlalu tipis agar tidak mudah robek.
  6. Tunggu hingga adonan matang, kemudian angkat.
  7. Kulit lumpia siap untuk digunakan.

Tips Berbisnis Kulit Lumpia

Usaha ini memiliki prospek yang sangat baik di masa depan, karena ada banyak para pedagang kaki lima yang membutuhkannya. Nah berikut ini adalah kiat sukses bisnis kulit lumpia.

  1. Gunakan kemasan yang aman. Kamu perlu menggunakan plastik atau pembungkus kedap udara agar kulit lumpia buatan kamu bisa awet.
  2. Lakukan promosi dengan menawarkan ke para pedagang.
  3. Jaga kualitas produk buatan kamu.
  4. Jangan kecewakan pelanggan.
  5.  Berikan harga sedikit lebih murah ketimbang pesaing.

Nah itulah tadi adalah pembahasan tentang bagaimana cara membuat kulit lumpia untuk jualan yang telah hargabelanja.com rangkum. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga sukses.

Baca Ini Juga  Warna Cat Avitex untuk Kamar Tidur yang Murah Harganya

1 komentar.

Comments are closed.