Cara Membuat Martabak Manis Untuk Jualan, Dijamin Laris

Cara Membuat Martabak Manis Untuk Jualan, Dijamin Laris

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas tentang bagiamana cara membuat martabak manis untuk jualan yang laris manis.

Martabak manis merupakan cemilan manis khas Indonesia yang dapat kamu nikmati kapan saja dan momen apa saja. Apa lagi makanan ini biasanya dijajakan di pinggir jalan oleh pedagang kaki lima tapi tidak jarang juga orang menjualnya di kios atau tempat yang cukup mewah.

Kuliner ini memiliki tekstur cukup tebal yang membungkus isian manis umumnya seperti taburan cokelat, keju parut, kacang yang dihancurkan, dan tambahan susu kental manis. Martabak juga kerap kali di jadikan sebagai bahan sogokan kepada calon mertua jika lelaki pergi ngapel kerumah pacarnya.

Cara Membuat Martabak Manis

Resep martabak manis yang kami bagikan ini mudah untuk kamu tiru dan praktekkan sendiri di rumah. Nah berikut ini adalah cara membuat martabak manis untuk jualan yang pasti enak:

Bahan adonan martabak manis:

  • 500 gr tepung terigu
  • 2 telur
  • 120 gr gula pasir
  • 1 sdt ragi
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt soda kue
  • 20 gr mentega, lelehkan
  • 20 gr susu bubuk
  • sdt garam
  • 600ml air

Bahan untuk topping martabak manis:

  • 2 sdt susu kental manis (Opsional topping)
  • 2 sdt gula (tambahan opsional)
  • 2 sdt taburan coklat (tambahan opsional)
  • 2 sdt keju cheddar parut (tambahan opsional)

Langkah membuat martabak manis:

  1. Pertama siapkan mangkuk besar, tambahkan tepung, air, telur, gula, ragi, baking powder, baking soda, sdt garam, mentega cair dan susu bubuk, dan aduk hingga tercampur rata.
  2. Kemudian angkat kocokan adonan untuk memeriksa konsistensi adonan dan jangan buat adonan jangan telalu kental atau terlalu encer.
  3. Setelah itu diamkan adonan atau diamkan selama kurang lebih satu atau dua jam agar bahan tercampur dan bisa mengembang dengan baik.
  4. Lalu siapkan wajan anti lengket yang tebal kemudian panaskan dengan api kecil.
  5. Lalu tambahkan 1 sendok adonan dan ratakan. Setelah adonan mulai menggelembung, taburi 1 sdt gula dan tutup dengan tutupnya sampai matang sepenuhnya. Ini membutuhkan waktu sekitar 8 menit.
  6. Pilihan topping martabak yang populer dan memanjakan di Indonesia termasuk cokelat, susu kental, mentega, dan keju parut. Kamu bisa mencoba salah satu dari bahan-bahan ini atau buat isian sendiri sesuai dengan kreativitas kamu!
  7. Terakhir letakkan martabak di piring atau talenan, olesi martabak dengan mentega, dan taburkan topping sesuai selera. Potong dan sajikan panas!
Baca Ini Juga  Harga Parfum Bvlgari Terpopuler

Variasi Topping Martabak Manis

Martabak manis tekenal dengan taburan meses dan susu kental manis. Atau biasanya juga kerap di temui martabak dengan toping keju, kacang, atau wijen. Jika kamu merasa ini terlalu mainstream kamu bisa melihat saran topping anti mainstream berikut:

1. Potongan buah segar

Kamu bisa menambahkan topping aneka buah segar pada martabak manis buatan kamu. Variasi asam manis yang berasal dari buah-buahan seperti nanas, strawberi, mangga, akan memberikan sensasi kesegaran tersendiri jika di tambahkan ke dalam martabak.

Sensasi kesegaran ini akan membantahkan rasa enek yang sering muncul jika orang mengkonsumsi martabak. Ini adalah trobosan untuk kemajuan bisnis kamu!

2. Espresso

Espresso adalah ekstrak kopi yang di hasilkan lewat proses penyeduhan biji kopi dengan tekanan tinggi dan suhu tertentu. Oleh karena itu bagi pecinta kopi sejati, espresso adalah hal wajib bagi mereka. Rasa pahit khas kopi akan semakin nikmat jika dipadukan dengan rasa manis dari martabak buatan kamu.

3. Durian

Durian adalah rajanya buah di Indonesia. Rasa manis yang khas dan aromanya yang menggugah selera orang Indonesia membuat duren sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai topping.

Baca Ini Juga  Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

4. Oreo

Oreo merupakan biskuit yang populer untuk di jadikan sebagai topping. Topping oreo banyak di gunakan dari minuman hingga makanan manis sangat cocok jika di padu-padankan dengan oreo yang di hancurkan. Teksturnya yang renyah dengan rasa vanila khas oreo akan membuat martabak kamu menjadi lebih sempurna.

5. Nutella

Nutella adalah salah satu brand terkenal cokelat hazelnut. Rasa manis premium yang di hasilkan dari selai ini akan memberikan kesan yang mewah saat di jadikan sebagai topping martabak. Nuttea memiliki harga yang lumayan mahal, jadi kamu perlu menjadikan masyarakat kelas menengah ke atas sebagai target market kamu.

6. Matcha

Matcha merupakan salah satu golongan teh yang berasal dari Jepang. Greentea dan Matcha itu berbeda. Matha adalah teh hijau asal jepang yang telah mengalami proses atau perlakuan khusus yang membuat rasanya menjadi lebih creamy, aromanya khas, dan memiliki rasa yang premium.

Olahan selai matcha banyak di jual di toko-toko kue, jadi kamu tidak perlu repot membuat selai matcha sendiri.

7. Bobba

Bobba tidak hanya cocok sebagai topping minuman. Martabak juga cocok bila diberi tambahan bobba sebagai topingnya. Rasa manis dan tekstur yang kenyal dari bobba akan membuat terobosan baru di dunia martabak.

Baca Ini Juga  Download Among Us Mod Apk All Unlocked Versi Terbaru 2021

8. Yogurt

Brand yoggurt seperti Cimory yang memiliki produk yogurt kental akan sangat cocok jika dijadikan sebagai topping dari martabak manis. Rasa manis sedikit asam akan memberikan rasa yang bervariatif saat menggigit martabak dengan toping yogurt.

9. Kayu Manis

Bagi pecinta herbal, kayu manis adalah topping yang sangat sempurna. Rasa herbal yang unik dan sangat cocok bila dipadukan dengan makanan manis membuat kayu manis layak untuk kamu jadikan sebagai topping. Apa lagi kayu manis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tips Memulai Usaha Martabak Manis

  1. Pertimbangkan lokasi usaha. Jika lokasi usaha memiliki tempat yang strategis, tentu itu akan sangat menentukan kemajuan bisnis kamu.
  2. Perhitungkan modal dan estimasi pendapatan.
  3. Manfaatkan teknologi informasi sebagai media promosi.
  4. Buat campaign iklan digital.
  5. Cobalah untuk menggunakan mesin kasir agar dapat menuliskan secara rinci pemasukan kamu.

Dengan kelima tips di atas, kami sangat berharap akan keberhasilan bisnis kamu. Namun demikian, jangan lupa untuk tetap berdoa di samping bekerja keras dan ulet, karena doa tanpa usaha itu bohong dan usaha tanpa doa itu sombong.

Nah itulah tadi adalah pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat martabak manis untuk jualan. Terimakasih telah berkunjung dan semoga sukses selalu!