Cara Membuat Nasi Kuning yang Enak untuk Jualan

Cara Membuat Nasi Kuning yang Enak untuk Jualan

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas bagaimana cara membuat nasi kuning yang enak untuk jualan.

Nasi kuning adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia, biasanya tersajikan dalam bentuk tumpeng atau juga yang menjajakan di pinggir jalan sebagai santapan pagi atau sarapan.

Warna kuning keemasan yang kaya dengan rasa dari nasi kuning sangat cocok untuk merayakan acara khusus seperti ulang tahun, pernikahan, kelahiran bayi, dll. Nasi kuning biasanya dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk kerucut untuk membuat nasi tumpeng.

Cara Membuat Nasi Kuning

Untuk membuat nasi kuning kamu harus menyiapkan bahan-bahan berikut:

Rasio beras:

  • 2 cangkir beras merek apapun (lebih baik menggunakan beras panjang)
  • 2 cangki air, namun tambahkan 1/2 cangkir air lagi jika kamu memasak menggunakan kompor
  • 1 cangkir santan

Rempah-rempah:

  • 1 sdt kunyit bubuk
  • 3 lembar daun pandan segar
  • 1 batang serai memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk purut sobek tepinya untuk mengeluarkan rasa

Bumbu:

  • 1 sdt garam (secukupnya)

1. Mencuci Beras

Cuci beras dengan beberapa kali pergantian air hingga bersih. Tiriskan dengan saringan untuk memastikan semua air telah terkuras. Penting untuk menghilangkan kelebihan pati (yang menyebabkan air beras menjadi putih) atau nasi akan lengket dan lembek.

2. Cara memasak Nasi Kuning di atas Kompor

Didihkan air dan santan, lalu masukkan nasi dan bahan lainnya. Aduk hinggga tercampur rata. Kecilkan api ke rendah dan membiarkannya hingga mendidih. Tutup dengan penutup dan biarkan masak selama 20 menit berikutnya. Setelah 20 menit matikan api tapi JANGAN buka tutupnya dulu. Biarkan nasi kuning beristirahat dengan uap selama 10 menit, agar nasi menjadi pulen.

Baca Ini Juga  Contoh Surat Izin Sakit Sekol

3. Cara Memasak Nasi Kuning di Rice Cooker

Masukkan beras, santan, air, dan bumu-bumbu ke dalam panci bagian dalam penanak nasi. Aduk untuk mencampur semuanya dan masak dengan pengaturan nasi putih atau pengaturan apa pun yang biasa kamu gunakan untuk memasak nasi putih. Tunggu 10 menit atau hingga indikator penanda telah memberi tahu bahwa nasi telah masak, lalu buka tutupnya untuk mengembangkan nasi.

Toping yang Harus Ada pada Nasi Kuning

Nasi kuning adalah makanan yang sangat cepat dan mudahu untuk dibuat dan sangat cocok dengan hidangan pendamping seperti Rendang Daging atau hidangan pedas lainnya seperti Kering Kentang Garing, Kering Tempe Kacang (Pedas dan Manis Tempe Goreng dan Kacang Tanah), Ikan Goreng Sambal, dan  perkedel kentang. Jangan lupa untuk menambahkan kerupuk dan sambal.

Hidangan ini juga sangat cocok disajikan dengan olahan sayuran seperti urap atau lalapan untuk mendapatkan tekstur dan kesegaran dalam setiap gigitannya.

Kamu juga masih bisa mengkreasikannya dengan beragam makanan yang lain tergantung selera. Atau jika kamu mau membuka bisnis nasi kuning atau bisnis tumpeng, makanan pendamping bisa di kustom sesuai permintaan pelanggan. Seperti ingkung ayam, telur dadar, atau makanan lainnya yang kamu rasa cocok di sandingkan dengan nasi kuning.

Tips Membuat Nasi Kuning yang Baik

  1. Bilas beras sampai airnya jernih. Ini untuk memastikan nasi kamu tidak mengandung serbuk putih (pati) dan itulah yang membuatnya lengket.
  2. Perhatikan rasio beras:air. Kami sarankan untuk membuat rasio 1:1 untuk memasak nasi di rice cooker atau panci instan. Airnya tidak banyak keluar dibandingkan saat kamu memasak di atas kompor. Untuk memasak di atas kompor, tambahkan 1/2 gelas air lagi agar nasi tidak terlalu keras.
  3. Gunakan bubuk kunyit dengan kualitas bagus
  4. Diamkan 10 menit setelah nasi matang.
Baca Ini Juga  Cara Transfer Uang Lewat Indomaret, Syarat dan Biaya

Cara Menyimpan

Jika kamu tidak langsung menggunakan semua nasi yang telah kamu buat, sisanya dapat kamu simpan di lemari es hingga maksimal satu minggu. Semakin lama disimpan, akan semakin kering dan keras, tapi cocok untuk di buat menjadi nasi goreng.

Cara Memanaskan Ulang

Cukup didihkan air dalam kukusan lalu kukus dengan api besar selama 5 menit. Jika kamu ingin menggunakan microwave, taburkan sedikit air di atas nasi, lalu panaskan dalam microwave selama satu atau dua menit atau sampai nasinya panas. Jika kamu berencana untuk membuat nasi goreng, kamu tidak perlu memanaskanya lagi.

Peluang Usaha Nasi Kuning

Usaha nasi kuning adalah salah satu bisnis yang dapat dengan mudah kamu jalankan dari rumah. Dengan hanya mengandalkan lingkungan sekitar, kamu sudah bisa membuat peluang usaha yang sangat potensial.

Menu Sarapan atau Makan Siang

Jangan anggap remeh peluang usaha rumahan, bisnis ini sebenarnya sangat menjanjikan jika kamu bisa menjalankannya dengan benar. Karena bisnis kuliner ngga ada matinya, karena makanan adalah salah satu kebutuhan dasar.

Apa lagi jika kamu tinggal di kawasan perumahan atau padat penduduk. Orang-orang yang tinggal di perumahan biasanya banyak pekerja kantoran yang tidak memiliki waktu memasak di pagi hari Ini adalah peluang usaha yang sangat baik!

Baca Ini Juga  5 Template Blog Bisnis Online Premium Gratis

Kamu tidak perlu mendirikan ruko yang mewah atau tempat makan ala kafe untuk menjalankan bisnis ini. Tinggal membuka etalase atau meja di depan rumah kamu sudah bisa membuka usaha ini.

Nasi kuning untuk sarapan atau makan siang biasanya di sajikan dengan makanan pendamping seperti kering tempe, telur dadar, kerupuk dan sambal. Untuk versi premiumnya kamu bisa menambahkan ayam goreng, rendang atau olahan protein lainnya.

Nasi Tumpeng

Selain di jadikan sebagai menu sarapan atau makan siang, hidangan ini juga dapat kamu jadikan bsnis tumpeng. Bisnis ini memiliki untung yang besar. Karena sekali orderan kamu bisa mendapatkan omset ratusan ribu rupiah.

Tumpeng memang memiliki rate harga yang tinggi, hal ini sesuai dengan ukuran dan toping yang ada di dalamnya. Kamu bisa menjalankan bisnis online jika kamu memutuskan untuk menjual nasi kuning yang enak dalam bentuk tumpeng.

Tumpeng biasanya di butuhkan oleh perusahaan, kantor atau perorangan dalam memeriahkan acara-acara seperti ulang tahun, syukuran, atau peresmian.

Nah itulah tadi adalah pembahasan yang dapat hargabelanja.com rangkum tentang bagaimana cara membuat nasi kuning yang enak untuk jualan. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung!