Cara Membuat Nugget Ayam Rumahan untuk Jualan

Cara Membuat Nugget Ayam Rumahan untuk Jualan

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat nugget ayam untuk jualan di rumah.

Nugget ayam buatan sendiri jauh lebih sehat dan enak daripada nugget yang tersedia di frozen food atau makanan cepat saji. Selain itu nugget rumahan sangat mudah sekali untuk di buat. Nuget ayam buatan kamu sendiri juga sangat layak untuk kamu jual.

Jika kamu sekarang siap untuk menguji rasa nugget buatan sendiri, baca terus artikel ini untuk mengetahui bagaimana kamu dapat dengan cepat membuat nugget ayam yang enak, gurih, dan juga krispi.

Cara Membuat Nugget Ayam Rumahan

Sebagai tips agar menghemat waktu, kamu tidak perlu repot-repot menyalin resep ini. Cukup kembali ke artikel ini, setiap kali kamu ingin membuatnya.

1. Menyiapkan Bahan

Untuk membuat nugget ayam yang enak di rumah, kamu hanya membutuhkan bahan-bahan berikut:

Bahan untuk Nugget Ayamnya:

  • 1/2 kg dada ayam
  • 1 sendok teh bubuk bawang bombay
  • 1 sendok teh bubuk bawang putih
  • 1 sendok teh lada hitam
  • 1 sendok teh paprika
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula
  • 1/4 cangkir tepung jagung
  • 1/4 gelas air

Bahan untuk Kulit Nugget Krispi

  • 1 cangkir tepung serbaguna
  • 2 butir telur besar
  • 1 cangkir tepung roti

Menggoreng Nugget Ayam

  • 3-4 cangkir minyak sayur atau lebih, sesuai kebutuhan

2. Cara Membuat Nugget Ayam

Untuk resep ini, daging dada ayam yang baru digiling dicampur dengan bumbu, tepung maizena, dan air. Nugget kemudian dilapisi tepung terigu, telur kocok, dan tepung roti sebelum digoreng hingga keemasan. Berikut detailnya:

  1. Masukkan dada ayam ke dalam food processor dan blender sampai ayam tercincang hingga halus. Selanjutnya, tambahkan bumbu, tepung maizena, dan air. Proses hingga menyatu. Atau kamu juga bisa menggunakan blender untuk menggiling dada ayam dan menguleni adonan secara manual menggunakan tangan.
  2. Ambil sejumput adonan dengan menggunakan ukuran 1 sendok makan, bentuk campuran ayam menjadi bentuk persegi panjang di tangan dan letakkan di atas nampan dengan kertas roti dan bekukan di dalam freezer selama 30 menit.
  3. Panaskan sekitar 3-4 cangkir minyak sayur dalam wajan atau penggorengan.
  4. Gulingkan setiap nuget ayam yang telah di bekukan ke tepung terigu, lalu ke telur, dan terakhir gulingkan ke tepung roti.
  5. Goreng nuget ayam dalam minyak selama sekitar 6-8 menit.
  6. Pindahkan ke piring atau baki berlapis tissue makanan sebentar untuk menyerap sebagian minyak berlebih sebelum disajikan.
Baca Ini Juga  Tabel Pinjaman KSP Nasari Terbaru

Topping Nugget Ayam

Berikut ini kami rekomendasikan beberapa topping pilihan untuk nugget ayam buatan kamu:

1. Saus Sambal

Memakan nugget dengan cocolan saus sambal adalah hal paling basic untuk menikmati makanan ini. Memang ngga pernah gagal jika makanan yang di olah dengan cara di goreng dan memiliki cita rasa gurih asin disandingkan dengan saos sambal.

2. Mayonais

Mayonais pada dasarnya dibuat dengan mengemulsikan telur, minyak, dan beberapa jenis asam, biasanya cuka atau jus lemon. Emulsifikasi berarti menggabungkan dua atau lebih cairan yang biasanya tidak dapat dicampur karena perbedaan kepolarannya seperti minyak dan air.

Sebenarnya kamu dapat dengan mudah mencari mayonais kemasan yang tersebar hampir di seluruh minimarket atau toko kelontong. Namun jika kamu ingin membuat mayonais sendiri kamu hanya perlu mencampurkan telur, minyak dan asam menggunakan mixer berkecapatan tinggi.

Mayonais sangat cocok untuk segala jenis makanan goreng-gorengan tak terkecuali chicken nugget buatan kamu. Dengan rasa yang gurih, sedikit manis dan asin membuat mayonais wajib untuk kamu coba sebagai topping andalan.

Baca Ini Juga  University Of Bradford, Yuk Kenali Lebih Dalam!

3. Saus BBQ

Saus BBQ sangat populer untuk dijadikan sebagai cocolan untuk menikmati makanan yang terbuat dari daging ayam maupun sapi.

Secara umum saus ini biasanya oleh oleh orang indonesia dijadikan sebgai pelengkap bumbu bakaran. Namun seiring berjalannya waktu saus ini banyak juga di jadikan sebgai bahan pelengkap untuk gorengan

Di pasaran banyak yang menjual saus BBQ pabrikan. Varian rasanya pun bervariasi namun yang khas dari saus ini adalah rasa manis, asin, gurih, dan juga pedas yang membuat saus BBQ sangat cocok untuk menjadi topping nugget buatanmu.

4. Keju Mozarella

Tekstur dari keju mozarella yang sangat unik yakni bisa memanjang ketika di panaskan sangat cocok sekali jika dijadikan sebagai toping.

Hampir segala jenis makanan gurih sangat cocok dengan keju yang satu ini.

Tips Bisnis Nuget Ayam

  1. Resep yang kami bagikan ini bisa dibilang lebih sehat ketimbang nugget yang dijual dari olahan pabrikan yang biasanya menambahkan bahan pengawt. Ini bisa menjadikan produk kamu lebih unggul ketimbang saingan kamu. Kamu bisa menambahkan kalimat seperti “Nugget Ayam Sehat, Buatan Sendiri” untuk menarik minat dari para calon pelanggan.
  2. Untuk memastikan nugget kamu tetap fresh dan kriuk setelah di goreng. Pastikan kamu menriskan minyak yang berlebih, jika perlu gunakan tisu makanan. Minyak yang berlebih akan membuat nugget kamu cepat “melempem”.
  3. Bahan nugget yang belum di goreng kamu dapat menyimpannya dalam freezer. Nugget ayam mentah buatan kamu bisa tahan hingga maksimal 1 bulan.
  4. Kamu bisa merubah variasi daging, bebas sesuai dengan kreativitas kamu.
  5. Jangan takut untuk melakukan inovasi pada resep ini. Kamu juga bisa menambahkan daun-daunan seperti seledri atau daun bawang pada adonan mentah. Intinya kamu bebas berkreasi.
  6. Untuk memastikan nugget kamu selalu fresh untuk dinikmati oleh pelanggan, sajikanlah dalam keadaan masih hangat. Artinya kamu perlu hanya menggoreng nugget jika ada pembeli yang memesan.
  7. Jika kamu ingin menjual nugget kamu sebagai makanan dengan label frozen food kamu bisa menggunakan plastik kedap udara untuk menjaga kualitas dari produk kamu. Kamu juga perlu menambahkan ornamen yang menarik pada kemasan yang kamu buat untuk menarik minat calon pembeli.
Baca Ini Juga  Cara Download Video Twitter Tanpa Aplikasi Secara Online dan Mudah

Nah bagaimana? Sekarang apakah kamu sudah siap untuk menjalankan bisnis nugget ayam ini? Sekian pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara membuat nugget ayam untuk jualan. Terimakasih telah mampir, semoga sukses selalu!