Cara Membuat Telur Asin untuk Jualan, Enak dan Lembut

Cara Membuat Telur Asin untuk Jualan, Enak dan Lembut

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas tentang bagaimana cara membuat telur asin untuk jualan.

Telur asin adalah kuliner berbahan dasar telur yang diawetkan dengan melalui cara diberi garam berlebih untuk menonaktifkan perubahan enzim. Sebagian besar telur adalah telur bebek asin, meskipun tidak menutup kemungkinan ada telur asin yang terbuat dari telur ayam.

Di Indonesia khususnya di Pulau Jawa, Telur Asin Pulau biasanya dihasilkan dari telur bebek dalam bahasa latin Anas platyrhynchos domesticus yang memiliki ciri khas kulit telur berwarna hijau kebiruan.

Telur asin yang di anggap bermutu tinggi memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna agak kemerahan, kering (jika digigit tidak mengeluarkan cairan), tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak terlalu menyengat, serta memiliki tekstur agak berminyak. Dengan ciri-ciri tersebut, hasil rasa telur ini dianggap sempurna.

Cara Membuat Telur Asin

Nah berikut ini adalah cara membuat telur asin untuk jualan, kamu dapat mempraktekannya dengan mudah di rumah:

Alat dan bahan-bahan:

  • 10 butir telur bebek segar (telur terbaik umur 1-2 hari)
  • Abu gosok 1/2 kg atau seukuran satu ember
  • 4 buah batu bata (haluskan hingga benar-benar lembut)
  • 500 gr garam/garam batangan/garam kasar
  • air secukupnya (lebih baik menggunakan air mineral)
  • Wadah / plastik yang bisa ditutup rapat, atau ember plastik dengan penutup juga bisa.
  • Amplas

Cara membuat:

  1. Siapkan alat dan bahan. Cuci ember yang akan kamu gunakan, pastikan kamu menggunakan ember yang benar-benar bersih agar tidak ada bakteri atau patogen yang akan menyebabkan telur asn kamu rusak. Pada saat merendam telur pastikan tidak ada yang mengapung. Jika ada yang mengapung buang saja, telur pasti tidak akan bagus.
  2. Cuci telur bebek segar umur sekitar1-2 hari. Pemilihan telur segar bertujuan untuk menghindari telur menjadi busuk karena akan didiamkan dalam beberapa hari.
  3. Setelah telur dicuci bersih siapkan lap dan keringkan telur hingga benar-benar kering.
  4. Amplas telur untuk membuka pori-porinya agar garam lebih mudah untuk meresap masuk hingga ke kuningnya.
  5. Buat pasta yang terdiri dari campuran air, batu bata, abu gosok dan garam sesuai ukuran yang ada di atas.
  6. Jika adonan pasta sudah jadi, baluri telur bebek yang telah kamu amplas dengan menggunakan campuran bahan tersebut hingga setebal 3 cm. Maka dari itu penting untuk membuat adonan yang pas tidak terlalu encer atau terlalu kering. Ulang perlakuan ini satu per satu pada semua telur.
  7. Taruh telur yang telah di lumuri campuran tadi ke dalam ember atau wadah dengan perlahan dan hati-hati. Jika sudah beri tambahan batu bata bubuk hingga menutupi seluruh permukaannya.
  8. Simpan telur dalam wadah tertutup dan simpan selama 15 hingga 20 hari. Semakin lama penyimpanan maka telur akan semakin asin.
  9. Setelah menunggu hingga waktu yang di inginkan masak telur dengan cara direbus atau dikukus. Jika kamu memasak dengan cara rebusan jangan menggunakan air yang terlalu panas karena akan merusak tekstur telur. Lebih baik memasaknya dengan cara mengkukusnya.
  10. Angkat dan telur siap untuk di nikmati.
Baca Ini Juga  Download Livery Bussid HD, XHD, SHD, Truck Keren

Peluang Usaha Telur Asin

Telur asin yang terbuat dari telur bebek adalah bahan makanan yang kini marak sebagai bahan tambahan pada setiap makanan. Telur asin bisa dimakan langsung atau dapat juga dinimkati dengan nasi atau dicampur dalam gaya salad dengan tomat potong dadu dan bawang. Kuliner ini juga digunakan sebagai bahan untuk kue kering dan topping pada roti dan produk roti lainnya, terutama hidangan yang tersaji di restoran-restoran

Dari segi kandungan nutrisinya, telur yang telah di asinkan memang kaya akan nutrisi dengan kandungan kalsium (120 mg), karbohidrat (4,4 mg), abu (202 mg), dan thiamin (0,47 mg) di bandingkan dengan telur segar pada umumnya.

Telur asin rumahan atau di produksi secara komersial, produk ini memiliki permintaan tinggi di pasar yang memberikan pendapatan yang menguntungkan bagi para pelaku bisnis.

Cara Penyimpanan

Telur asin yang telah di rebus atau di kukus memiliki ketahanan hingga sekitar 10 hari jika di simpan di suhu kamar atau tidak dalam kulkas. Jika kamu menyimpannya menggunakan lemari pendingin telur bisa tahan 2-3 minggu, maksimal hingga satu bulan.

Baca Ini Juga  Cara Mandi Wajib Pria

Telur asin pada dasarnya merupakan makanan yang sudah di awetkan. Penambahan kadar garam pada telur bebek dapat menekan enzim pembusukkan. Sehingga telur  yang telah di asinkan dan belum di masak juga bisa tahan hingga sekitar 10 hari.

Namun demikian, kamu juga harus menyimpannya dengan cara yang baik dan benar agar bisa betahan hingga selama itu. Apa lagi jika kamu tidak menggunakan bahan pengawet.

Cara menyimpan telur asin yang baik dan benar adalah dengan cara menaruhnya pada wadah tanpa tutup, sebaiknya kamu menyimpannya di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan terhhindar dari udara lembab.

Jika kamu menyimpan pada suhu ruangan, simpanlah dalam mangkuk terbuka atau lebih lagi menggunakan keranang dengan sirkulasi udara yang lebih baik. Menyimpan dengan wadah terbuka juga berlaku jika kamu menggunakan lemari pendingin. Jangan menggunakan wadah tertutup karena akan membuat telur kamu menjadi lembab dan tidak akan bisa bertahan lama.

Cara Mengemas

Kini kamu sudah memiliki produk untuk di distribusikan. Bagaimana cara menangani permintaan ke luar kota?

Baca Ini Juga  Harga Memori Kamera Canon 16GB, 32GB & 64GB

Untuk pengemasan yang lebih aman untuk keluar kota gunakan karpet kertas khusus untuk telur seperti yang biasa di gunakan untuk mengemas telur mentah. Jika kamu memutuskan untuk menjualnya secara eceran kamu bisa menggunakan mika yang memiliki lubang yang cukup.

Kamu juga bisa menambahkan cap pada telur asin kamu untuk mem-branding produk kamu. Hal ini penting apa lagi jika kamu memiliki produk yang cukup di minati oleh masyarakat. Jangan sampai orang memillih produk orang lain padahal sebelumnya ia telah jatuh cinta pada produk buatan kamu.

Nah itulah tadi adalah pembahasan dari hargabelanja.com tentang cara membuat telur asin untuk jualan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memulai bisnis ya. Terimakasih telah berikunjung!