cara membuat telur gulung untuk jualan

Cara Membuat Telur Gulung Anti Gagal untuk Jualan

Diposting pada

Halo sobat belanja, pada artikel ini hargabelanja.com akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat telur gulung anti gagal untuk jualan.

Telur gulung adalah jajanan jadul yang sangat simpel untuk membuatnya. Prospek menjual makanan ini sangat bagus untuk kedepannya karena kini telur gulung di sebagian besar kota sudah jarang ditemui. Hal ini tentu membuat peluang berjualan telur gulung layak untuk kamu jadikan sebagai bisnis.

Apa lagi telur gulung sangat fleksibel untuk dikreasikan dengan makanan lain sepert bihun, sosis, otak-otak, cilok dan lain sebagainya. Untuk bisa menambahkan daya jual yang lebih baik, kamu bisa mencoba untuk menambahkan USP (Unik Selling Point) pada makanan ini. Sehingga, telur gulung buatan kamu bisa di terima oleh segala kalangan.

Cara Membuat Telur Gulung

Sebenarnya sangat simpel dalam pembuatan telur gulung. Namun demikian, banyak orang gagal dalam membuat telur gulung di rumah. Nah berikut ini kami hadirkan resep telur gulung anti gagal:

Bahan-bahan:

  • 3 butir telur ayam ukuran sedang
  • 100 ml air bersih
  • Sejumput garam
  • Minyak goreng
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Tusukan sate secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pecahkan telur pada gelas besar atau wadah yang sejenis.
  2. Kocok lepas telur dan tambahkan air, garam, dan kaldu bubuk. Kocok telur hingga benar-benar tercampur sempurna atau hingga sedikit berbuih.
  3. Panaskan minyak goreng dalam kuali atau wajan ukuran sedang cenderung kecil. Janan menggunakan teflon atau panci dengan dasar yang berbentuk datar.
  4. Jika minyak sudah mencapai panas yang cukup (cek dengan meletakkan telapak tangan pada jarak 15 cm di atas minyak) mulai tuangkan telur gelung dengan jarak 30 cm dari minyak menggunakan sendok makan. Kamu bisa menuangkannya 2-4 sendok tergantung ukuran yang kamu inginkan. Tuangkan kocokan telur usahakan agak jauh dari minyak sehingga membuat telur kamu bisa menyebar secara merata.
  5. Setelah didiamkan beberapa saat, ambil tusukan sate dan mulailah dengan menggulung jaring-jaring telur dari pinggir ke tengah dengan gerakan melingkari wajan. Jika sudah tergulung semua, tekan gulungan telur ke pinggir wajan hingga bentuknya sempurna.
  6. Terus ulangi membuat telur gulung satu per satu seperti itu.
  7. Makanan ini siap kamu nikmati dengan menggunakan saus sambal.
Baca Ini Juga  Inilah Beberapa Tips Memilih Botol Minum

Cara Membuat Saus Cocolan

Bahan-bahan:

  • Saus sambal
  • Air secukupnya
  • Cabe rawit 5 buah
  • Bawang putih 1 siung
  • Garam sejumput
  • Micin sejumput
  • Sedikit minyak

Cara membuat:

  1. Haluskan cabe, bawang putih dan cabe menggunakan ulekan.
  2. Ambil ulekan cabe bawang itu dan tumis dengan menggunakan sedikit minyak hingga aromanya keluar.
  3. Tuangkan saus sambal secukupnya dan encerkan dengan menggunakan air hingga kekentalan yan kamu inginkan (agak sedikit encer).
  4. Tambahkan tumisan cabe bawang tadi dengan campuran saus sambal.
  5. Tambahkan dengan garam dan micin seckupnya. Koreksi rasa hingga saus menjadi nikmat.
  6. Saos cocolan siap untuk dinikmati.

Tips Telur Gulung Anti Gagal

Membuat telur gulung memang tak semudah kelihatannya. Ketika kamu pertama kali membuatnya hal yang biasa jika kamu gagal dalam menggulung telur yang sudah kamu masukkan dalam minyak panas. Nah berikut hargabelanja.com berikan tips dan trik agar kamu kamu tidak gagal dalam membuat telur gulung pertamamu:

  1. Jangan takut menambahkan 100 ml air dalam 3 butir telur ayam. Air di sini bukan hanya sebagai penambah volume adoanan telur kocok agar terlihat banyak. Jika kamu berpikir untuk tidak menambahkan air agar telur gulung kamu menjadi lebih premium, kamu salah besar. Air dalam pembuatan kuliner jadul ini berfungsi agar adonan bisa menyebar ketika dituang dalam minyak panas.
  2. Tuang telur dari jarak yang cukup tinggi agar telur mempunyai momentum saat jatuh ke minyak panas.
  3. Gunakan ujung tumpul tusukan sate dalam menggulung. Bagian ujung sate yang tumpul bisa berfungsi sebagai pengait pertama. Tahap awal menggulung inilah adalah tahap yang benar-benar menentukan apakah kamu gagal atau tidak dalam menggulung telur sebelum telur itu benar benar kering dan tidak bisa digulung.
  4. Jangan menambahkan tepung pada adonan.
  5. Jangan menambahkan toping dalam kocokan telur, hal ini semakin membuat telur kamu susah untuk digulung.
Baca Ini Juga  Biaya Cat Mobil di Auto2000

Variasi Telur Gulung

  1. Kamu bisa menggunakan makanan seperti otak-otak, cilok, sosis atau makanan sejenis dalam variasi telur gulung. Cara membuatnya pun cukup mudah kamu hanya perlu menggulung kocokan telur dalam minyak panas dengan menggunakan tusukan yang telah ditusukan ke otak-otak, sosis, atau cilok tersebut.
  2. Kamu juga bisa membuat inovasi makanan kekinian dalam olahan telur gulung seperti pada olahan sate taican, telur puyuh, cumi-cumi, atau bahkan gurita. Dengan begini kamu bisa membuat telur gulung menjadi makanan naik kelas layaknya makanan ala resto bintang lima.
  3. Telur gulung juga sangat cocok di kombinasikan dengan bihun jagung dengan sedikit tambahan daun bawang dan atau seledri.
  4. Kamu juga bisa membuat variasi saus dalam produk telur gulung buatan kamu, seperti dengan menambahkan ebi atau udang rebon. Atau kamu bisa menambahkan variasi pada bubuk perasanya seperti variasi kaldu jamur. Kecap asin juga sepertinya cocok untuk ditambahkan pada saus cocolannya.
  5. Penambahan toping seperti keju mozarela, bawang goreng, kulit ayam goreng, mayonais, indomie, atau kamu punya ide sendiri?
Baca Ini Juga  Apa Saja Dampak Dari Adu Domba?

Gimana nih sobat belanja, pemikiran kamu tentang berjualan telur gulung sudah agak berubah kan? Ternyata telur gulung bisa di buat menjadi makanan yang sangat enak, mewah dan bahkan elegan.

Jika kamu ternyata masih kesulitan dalam menggunakan teknik tradisional seperti di atas, kini ada alat yang bisa kamu gunakan dalam membantu kamu dalam membuat olahan telur yang berbentuk lonjong. Namanya loyang sostel.

Jual loyang sostel wajan sostel tanpa kompor sostel - 7 - Jakarta Pusat - Run store354 | Tokopedia

Source: tokopedia.com

Dengan menggunakan loyang sostel ini, kamu bisa membuat olahan kuliner telur dengan beragam variasi tanpa harus bersusah payah menggulunya satu per satu. Dengan demikian kamu bisa mengembangkan bisnis kamu lebih besar lagi. Kamu bisa merekrut pegawai dengan memberi pelatihan yang tidak begitu sulit.

Nah itulah tadi adalah pembahasan dari hargabelanja.com tentang cara membuat telur gulung untuk jualan. Artikel ini semoga membantu kamu dalam peruntungan binis ini ya, terimakasih telah berkunjun!