Cara Membuat Web Gratis untuk Jualan Online

Cara Membuat Web Gratis untuk Jualan Online

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membagikan tutorial cara membuat web gratis untuk jualan online.

Di era digitalisasi seperti sekarang ini banyak sekali penyedia pembuat web gratis yang bermunculan. Ini akan sangat memudahkan bagi kamu yang ingin membuat web tapi tidak memiliki keterampilan ngoding.

Web-web seperti bloger.com, wordpress.com, wix.com dsb kini banyak menyediakan template website yang menark dan dapat dicustom sesuai dengan keinginan kamu. Namun, biasanya web gratisan yang kamu buat lewat platform-platform seperti ini memiliki kekurangan, yakni nama domainnya berakhiran agak panjang.

Jika kamu membuat website gratisan biasanya kamu akan mendapatkan nama domain seperti: bisnismu.wix.com, bisnismu.blogspot.com, atau bisnismu.wordpress.com. Nah jika kamu ingin membuat website kamu terlihat profesional kamu harus membeli nama domain dan menyewa server atau hosting.

Namun jika kamu sekarang tidak mau atau tidak memiliki budget untuk membeli nama domain TLD (.net, .com, .net) tapi kamu ingin memiliki website gratisan, baca artikel ini hingga akhir.

Cara Membuat Web Gratis

Untuk membuat web gratisan, dengan membaca artikel ini kamu tidak harus bisa ngoding. Pengaturan dan cara kustomisasinya sangat simpel dan human friendly. Berikut ini adalah beberapa cara membuat website gratisan tanpa koding untuk bisnis online:

Blogger (blogspot)

Nah penyedia layanan untuk membuat web gratisan yang pertama ini adalah blogger.com. Sebenarnya website ini dulunya banyak digunakan oleh orang untuk membuat blog pribadi. Namun dengan seiring berjalannya waktu, kini telah banyak kontributor yang membuat templatenya sehingga web yang dibuat dengan menggunakan blogger kini bisa menjadi sangat menarik. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembuatan website menggunakan blogger:

  1. Pertama-tama pastikan kamu memiliki akun Gmail, jika belum buat dulu, karena ini adalah produk dari Google.
  2. Kunjungin blogger.com.
  3. Kemudian lihat di sebelah kiri, klik Panah bawah.
  4. Klik buat blog baru.
  5. Masukkan nama untuk blog yang ingin kamu buat.
  6. Klik Berikutnya .
  7. Pilih alamat blog atau URL, kamu dapat menyesuaikannya.
  8. Klik Simpan.
Baca Ini Juga  Gaji Kurir Anteraja Lengkap dengan Tunjangannya

Baca Juga:

Cara Membuat Website Tanpa Koding

Cara Membuat Link WA untuk Jualan

Kustom Tema Blogger

Ada banyak sekali penyedia tema atau template blogger yang cantik dan dapat kamu ubah dengan mudah. Kunjungi https://btemplates.com/, di sana kamu dapat memilih beragam tema yang bagus-bagus. Berikut ini adalah cara mengganti tema blogger:

  1. Kunjungi web penyedia tema blogger dan download tema yang kamu pilih, biasanya ekstensi filenya berupa .xml
  2. Kemudian kunjungi dashboard blogger.
  3. Dalam dashboard blogger pilih Theme atau Tema.
  4. Setelah itu klik tanda panah ke bawah disamping tombol “customize” atau “sesuaikan”
  5. Lalu pilih restore atau pulihkan.
  6. Nanti akan muncul jendela window yang biasa kamu gunakan untuk mengupload file pada umunya. Lalu pilih file tema yang sudah kamu download sebelumnya.
  7. Lalu klik upload dan blog kamu sudah menjadi web gratis dengan tampilan yang keren.
  8. Kamu tinggal sesuaikan web kamu dengan menuju dashboard lalu pilih “layout” atau “Tata letak”.
  9. Didalam menu in kamu dapat mengatur menu, footer dan logo yang mencirikan identitas bisnis kamu.
  10. Tinggal upload konten untuk menarik para pengunjung.

Catatan: Beli domain adalah keputusan yang baik untuk membuat web menggunakan blogger, karena harga domain tidak terlalu mahal. Jika nantinya kamu sudah bisa menarik banyak pengunjung dengan nama domain dengan akhiran .blogspot.com dan ingin beralih ke TLD .com kamu akan kehilangan banyak pengunjung. Hal ini karena google telah mengindex nama domain panjang kamu dan ketika kamu membeli domain itu sama seperti membangun web baru, artinya tanpa pengunjung!

Cara Membuat Web Gratis dengan WIX

Wix adalah pembuat situs website gratisan yang menawarkan solusi lengkap mulai dari infrastruktur web dan fitur bisnis tingkat perusahaan. Wix juga menawarkan alat peninjau SEO dan alat pemasaran tingkat lanjut. Dengan menggunakan wix, siapa pun dapat berkreasi dalam membuat web tanpa koding. Nah berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat web gratis dengan menggunakan WIX.

1. Buat Akun

Pertama tama kunjungi situs wix.com. Setelah kamu masuk beranda Wix, buat akun dengan mengklik “get started”. Jika akun kamu berhasil dibuat, Wix akan menanyakan beberapa pertanyaan lanjutan untuk membantu kamu membuat situs yang kamu cari. Pertanyaan-pertanyaan ini membantu Wix untuk membuat situs yang kamu sukai lebih cepat.

Pilihan jenis web yang ditawarkan oleh wix meliputi:

  • bisnis
  • toko online
  • musik
  • perancang
  • blog
  • portofolio
  • acara
  • fotografi
  • restoran dan makanan
  • akomodasi
  • kecantikan dan kesehatan

2. Pilih Template

Ada ratusan template web gratisan yang disediakan oleh Wix. Kamu dapat mencari template berdasarkan kategori. Misalnya, jika kamu ingin membuat situs web bisnis Wix. Beberapa kategori populer meliputi:

  • otomotif & mobil
  • pemasaran iklan
  • konsultasi & pelatihan
  • keuangan & hukum
  • hewan peliharaan & hewan
  • perumahan
  • layanan & pemeliharaan
  • teknologi & aplikasi

Semua opsi template terletak di sisi kiri dasbor. Cobalah luangkan waktu untuk menelusuri dan menemukan satu yang paling cocok untuk jenis situs web yang ingin kamu buat.

3. Edit Website Kamu

Setelah kamu memilih template, kamu akan dibawa ke Wix Editor. Apa pun dapat kamu edit hanya dengan mengkliknya. Mulailah dengan dasar-dasar, seperti mengedit nama bisnis kamu.

Kamu dapat mengganti gambar dengan foto kustom apa pun yang kamu suka untuk situs web gratisan kamu. Sangat mudah untuk menyeret dan mengubah ukuran konten apa pun. Wix Editor memungkinkan penyesuaian lengkap berdasarkan preferensi pribadi kamu.

4. Optimalkan Web Gratis Kamu

Versi seluler situs web kamu tidak boleh terlihat sama dengan versi desktop. Ukuran web harus bisa menyesuaikan dengan layar pengguna web kamu. Artinya kamu harus membuat website kamu menjadi mobile friendly.

Jika kamu tidak mengoptimalkan web kamu menjadi web yang mobile friendly, kamu bisa kehilangan lebih dari setengah pengunjung. Menurut penelitian lebih dari 52% dari semua lalu lintas Internet berasal dari perangkat seluler atau mobile.

Cara Membuat Web Menggunakan WordPress

WordPress.com menawarkan untuk meng-host situs web kamu secara gratis. Kamu juga tidak perlu mengunduh perangkat lunak apa pun atau mengelola server. Jika kamu memilih WordPress.com, URL situs web Anda akan terlihat seperti ini: www.mywebsite.wordpress.com.

Nah berikut ini adalah langkah membuat web menggunakan wordpress:

  1. Kunjungin wordpress.com.
  2. Isi form pendaftaran.
  3. Gunakan alamat email yang aktif.
  4. Pilih username yang mudah untuk kamu ingat.
  5. Gunakan password yang unik.
  6. Cek ketersediaan nama. Pilihlah nama blog / website kamu pada kolom yang disediakan, nantinya nama ini adalah alamat yang akan digunakan oleh orang lain untuk mengunjungi website WordPress.com kamu.
  7. Pilih paket. Klik tulisan “mulai dengan situs gratis”, karena kita akan membuat versi blog WordPress yang gratisan. Nanti WordPress akan mengirimkan email konfirmasi berkaitan dengan akun yang baru saja kamu daftarkan.
  8. Lakukan pengaturan singkat.
  9. Aktivasi email.

Setelah kamu berhasil meluncurkan website buatan kamu, cobalah cek tampilan website yang baru saja kamu buat. Cara yang paling praktis, adalah dengan membuka tab baru pada browser, kemudian ketikkan nama alamat website yang kamu buat. Silakan lihat hasilnya.

Nah itulah tadi adalah cara membuat web gratis untuk bisnis online yang dapat hargabelanja.com sampaikan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya, terimakasih telah berkunjung.