Cara Membuat Website Tanpa Coding

Cara Membuat Website Tanpa Coding untuk Binsis Online

Diposting pada

Halo sobat belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan membahas tentang bagaimana cara membuat website tanpa coding untuk bisnis online.

Kebutuhan akan web site semakin berkembang pesat setiap harinya. Semua sektor industri sekarang sudah mesti harus memiliki situs website agar tidak kalah saing dari kompetitor.

Apakah kamu sekarang sedang membangun bisnis online dan sedang mencari tahu bagaimana cara membuat website tanpa coding kamu datang pada artikel yang tepat.

Cara Membuat Website Menggunakan CMS

Content Management System atau yang biasa disingkat dengan CMS adalah software yang memungkinkan kamu untuk membuat website tanpa coding. Dengan menggunakan CMS kamu dapat dengan mudah membuat website. Nah di Indonesia ada dua CMS paling umum digunakan dalam membuat website yakni blogger.com dan wordpress.com.

Kedua CMS ini sangat populer bagi para pembuat website di Indonesia. Nah sekarang kamu harus memilih yang mana? Berikut ini hargabelanja.com akan memberikan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing keduanya:

1. WordPress.com

WordPress adalah CMS paling populer dan sangat mudah dalam membuat website tanpa koding. Tapi kamu memerlukan biaya ekstra untuk membeli layanan hosting dan domain agar dapat menggunakan WordPress secara maksimal.

Keunggulan:

  • Ada banyak template.
  • Ada banyak plugin pihak ketiga yang sangat membantu. Salah satunya adalah plugin yang dapat membantu kamu dalam menulis artikel yang SEO friendly.
  • Bisa custom link.
  • Kustom lebih mudah dari blogger

Kekurangan:

  • Biaya hosting lumayan mahal.
  • Website bisa down saat trafic tinggi jika layanan hosting kamu murah atau kurang berkualitas.
Baca Ini Juga  Harga dan Review Sepatu Vans Old Skool

2. Blogger.com

Blogger adalah platform CMS milik google sehingga membuatnya sangat kompatibel dengan google itu sendiri. Hanya dengan bermodal akun google kamu sebenarnya sudah dapat membuat website mudah dan gratis tapi nama domainnya masih berbuntut contoh.blogspot.com.

Keunggulan:

  • Sangat mudah untuk membuatnya. Banyak sekali template blogger yang di jual di pasaran atau di bagikan secara gratis. Template ini sangat menarik dan dapat dengan mudah dipersonalisasi.
  • Untuk terlihat profesional, kamu hanya perlu membeli domain (.com, .net, .id, .co.id) tanpa harus menyewa layanan hosting.
  • Tidak akan down karena server dikelola langsung oleh Google walaupun trafic sangat tinggi.

Kekurangan:

  • Tidak ada plugin. Jadi tidak ada SEO managemen apa lagi plugin yang lain.
  • Tidak bisa kustom permalink. Jadi setiap postingan akan ada tahun dan bulan sehingga konten tidak bisa diperbarui.

Nah itulah tadi adalah beberapa keunggulan dan kekurangan dari masing-masing CMS. Tidak hanya dua CMS tersebut, masih ada banyak pembuat website yang akan kami rekomendasikan, berikut di anta

Cara Membuat Website Tanpa Coding

Pada dasarnya struktur dasar dari website dibangun oleh sekumpulan kode HTML, Java Script, Java, CSS, PHP, dan masih banyak lagi bahasa pemograman yang lain. Namun bagaimana jika seseorang tidak memiliki kemampuan tersebut alias tidak bisa ngoding. Nah untungnya di zaman sekarang ada banyak sekali platform website builders atau pembuat website. Berikut ini cara membuat membuat website tanpa coding untuk keperluan bisnis kamu menggunakan website builder:

Baca Ini Juga  Inilah Tips Mengelola Keuangan Bagi Anak Kos

1. Cara Membuat Website Tanpa Coding Menggunakan WIX

Wix.com adalah platform pembuat situs web yang bisa kamu gunakan untuk membuat website tanpa koding. Sekarang wix.com menjadi salah satu platform paling populer dan tepercaya. Kamu dapat menggunakan wix dalam membuat web site dengan berbagai jenis proyek, tanpa harus ngoding, yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Layanan all-in-one yang dimiliki wix hadir dengan banyak fitur, opsi penyesuaian desain tingkat lanjut, dan alat yang diperlukan untuk memulai dan mengelola situs web. Wix menghadirkan kenyamanan, kemudahan penggunaan, dan fleksibilitas yang menyatu dengan fungsionalitas – inilah yang kurang dimiliki oleh kebanyakan pemula di pembuat situs web lainnya.

2.Cara Membuat Website Tanpa Coding Menggunakan uKit

uKit adalah pembuat situs web yang mudah untuk memulai dan mengelola situs web bisnis kecil dari awal. uKit juga merupakan salah satu platform paling terjangkau yang dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan pemula.

uKit sangat sederhana dan nyaman untuk pemula sehingga kamu tidak membutuhkan banyak usaha dan waktu untuk membuat proyek kelas atas dengannya. Apa pun niche bisnis yang kamu fokuskan dan walau pun kamu tidak memiliki kemampuan programming, kamu pasti akan dapat menjelajahi dan menggunakan seluruh fitur yang ada pada uKit.

3. Cara Membuat Web Site Menggunakan Site123

SITE123 di anggap sebagai salah satu pembuat situs web paling sederhana di pasar desain web modern. Dasbornya yang intuitif, panel kontrol yang sederhana, dan navigasi yang nyaman membuat para pemula bahkan dapat mengatasi pengembangan situs web mereka dalam waktu sekitar satu jam.

Baca Ini Juga  Tips Menentukan Rapat Bisnis yang Efektif

Pembuat situs web ini memberikan akses ke beberapa add-on, widget, dan ekstensi. Mengintegrasikan SITE123 hanya membutuhkan beberapa menit dan tidak melibatkan kemampuan coding sama sekali. Di antara aplikasi yang dapat kamu pilih di antaranya adalah: Obrolan Langsung, widget Jejaring Sosial, Galeri, Alat Analitik, dll. Pembuat Formulir Online juga tersedia di sini untuk integrasi bebas kode dari formulir populer.

4. Cara Membuat Website Menggunakan Squarespace

Squarespace menawarkan koleksi tema yang berkualitas, responsif, gratis, dan sepenuhnya dapat disesuaikan. Kamu tidak harus memiliki keahlian pemrograman untuk mengeditnya – seluruh prosesnya intuitif, cepat, dan sederhana untuk semua orang. Satu-satunya hal yang harus kamu ketahui tentang tema adalah bahwa semua pengeditan yang kamu buat selama proses penyesuaian proyek disimpan secara otomatis. Jadi tidak ada mode pratinjau di sini. Akibatnya, suntingan kamu hanya akan terlihat setelah publikasi situs web, yang tidak cukup nyaman untuk pemula.

Nah itulah tadi adalah pembahasan tentang cara membuat website tanpa coding untuk bisnis online yang dapat hargabelanja.com sampaikan. Terimakasih telah berkunjung dan semoga sukses selalu!