jelaskan apa yang dimaksud dengan bisnis online

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Online ?

Diposting pada

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Online ? – Seiring berjalannya waktu, banyak orang lebih memilih untuk menjalankan bisnis online. Mereka menganggap, jenis bisnis ini tidak terlalu sulit dan mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Saat masa pandemi, bisnis online banyak menjadi pilihan untuk menyelamatkan perusahaan. Karena model bisnis ini bisa dikerjakan melalui internet dengan mudah.

jelaskan apa yang dimaksud dengan bisnis online

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Bisnis Online ?

Pada artikel ini, kita akan mengupas informasi lengkap mengenai bisnis online.

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online merupakan salah satu jenis bisnis yang memanfaatkan internet untuk menjalankan opersional. Ada berbagai jenis bisnis online mulai dari jasa, jual beli pakaian, jual beli makanan dan sebagainya. Berbeda dengan bisnis offline yang hanya bisa menjual produk fisik saja, bisnis online memungkinkan untuk menjual produk nonfisik. Misalnya seperti Ebook, program komputer atau yang lainnnya.

Jangkauan pasar bisnis online lebih luas, tidak hanya di satu daerah saja. Bahkan bisa sampai ke berbagai negara melalui koneksi internet. Cocok banget buat Anda yang memiliki produk dan ingin memasarkannya ke luar negeri. Anda bisa mempromosikan produknya melalui marketplace maupun media sosial.

Baca Ini Juga  8 Strategi dalam Berbisnis Minuman Beras Kencur Agar Sukses

Bisnis online juga tidak mengharuskan Anda memiliki produk. Ada beberapa jenis bisnis online yang bisa Anda coba seperti dropship hingga afiliasi. Anda bisa memulai bisnis tersebut tanpa modal sama sekali.

Kelebihan Bisnis Online

Memanfaatkan internet untuk menjalankan bisnis merupakan keputusan yang bagus. Karena ada beberapa kelebihan bisnis online yang bakal Anda rasakan nantinya.

Modal yang Kecil

Untuk memulai bisnis online, Anda tidak membutuhkan modal yang besar. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahkan Anda bisa memulai tanpa modal sama sekali. Berbeda dengan bisnis offline, banyak anggaran yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Seperti menyewa tempat usaha, membeli peralatan pendukung, membayar karyawan dan sebagainya.

Jangkauan Pasar Luas

Kelebihan yang satu ini seringkali menjadi alasan orang lebih memilih bisnis online. Dengan bisnis online, produk Anda bisa dipasarkan ke berbagai daerah bahkan luar negeri. Caranya dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya.

Keuntungan Lebih Besar

Keuntungan bisnis online juga lebih besar, karena biaya operasionalnya kecil. Setiap keuntungan dari penjualan bisa langsung masuk ke kantong Anda sendiri. Ini apabila Anda tidak memiliki karyawan yang membantu opersional bisnis. Biasanya, penjualan melalui online juga lebih banyak, sehingga akan meningkatkan keuntungan Anda nantinya.

Baca Ini Juga  Cara Membuat Seblak yang Cocok untuk Usaha Rumahan

Minim Biaya Promosi

Untuk bisnis online sendiri memang tidak membutuhkan modal yang besar untuk promosi. Anda bisa memanfaatkan media sosial secara gratis untuk melakukan promosi. Dengan cara ini, tidak perlu menyediakan anggaran khusus nantinya. Ini akan membuat bisnis Anda bisa menghasilkan uang lebih banyak.

Hambatan Bisnis Online

Dalam menjalankan bisnis online, tentu ada hambatan yang bakal Anda hadapi. Hambatan ini berkaitan dengan persaingan yang begitu ketat. Tidak seperti bisnis offline yang biasanya hanya ada satu penjual sejenis di satu daerah saja. Anda harus bersaing dengan pebisnis lain dari berbagai daerah jika bisnis online.

Selain itu, hambatan lainnya juga berupa koneksi internet. Jika koneksinya mengalami gangguan, pasti akan sulit untuk menjalankan opersional bisnis online.

Demikian informasi mengenai jelaskan apa yang dimaksud dengan bisnis online. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Bisnis online memang menarik, namun banyak hal yang harus Anda persiapkan dengan baik.