jelaskan perbedaan pemasaran luring dengan bisnis online

Jelaskan Perbedaan Pemasaran Luring Dengan Bisnis Online

Diposting pada

Keberadaan internet membuat opsi pemasaran bisnis bertambah, yang semulanya hanya luring, kini sudah bisa secara online. Mungkin Anda masih asing dengan istilah luring, luring sendiri memiliki arti luar jaringan dan tidak terputus dari jejaring komputer. Kita akan jelaskan perbedaan pemasaran luring dengan bisnis online agar Anda lebih memahaminya.

Kedua jenis pemasaran ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dan tidak semua bisnis bisa menerapkan keduanya, misalnya bisnis tambal ban, tentu tidak bisa melakukan pemasaran secara online. Ataupun ketika bisnis trading forex, pasti akan susah jika pemasarannya secara luring atau offline. Keduanya memiliki perbedaan yang harus Anda ketahui, sehingga bisa memilih yang tepat.

pemasaran offline dan pemasaran online

Jelaskan Perbedaan Pemasaran Luring Dengan Bisnis Online

Meski memiliki perbedaan, namun keduanya memiliki tujuan yang sama yakni untuk menarik minat konsumen. Berikut ini berpedaan dari pemasaran luring dengan bisnis online.

Pemasaran Luring

  1. Pemasaran luring dilakukan dengan bertemu langsung dengan calon konsumen. Dengan kata lain, Anda harus memiliki banyak waktu untuk bertemu dengan mereka, apalagi jika jumlahnya banyak.
  2. Untuk melakukan promosinya, tidak menggunakan internet sama sekali. Metode promosi yang digunakan seperti radio, televisi, koran, brosur, poster, pameran, festival, bazar atau yang lainnya.
  3. Pemasaran luring akan lebih fokus ke produknya yang harus bisa menarik minat calon konsumen untuk membeli. Beberapa hal yang harus jadi perhatian seperti kemasan, kebersihan hingga komposisinya. Karena calon konsumen nantinya akan melihat produk secara langsung.
  4. Memiliki jangkauan yang relatif terbatas. Misalnya Anda melakukan pemasaran di Jakarta Selatan, maka hanya di daerah itu saja yang mengetahui produk Anda. Jika ingin melebarkan pemasarannya, membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
  5. Mudah untuk membangun kepercayaan dengan calon konsumen. Hal ini tak lepas karena Anda nantinya bakal bertemu langsung dengan mereka. Sehingga bisa melakukan sedikit perbincangan yang akan membuat mereka lebih percaya.
Baca Ini Juga  5 Website Untuk Bisnis Online yang Gratis Dan Terbaik

Pemasaran Bisnis Online

  1. Dalam pemasaran online, selurh aktivitasnya melalui internet. Sehingga tidak bisa bertemu langsung dengan calon konsumen. Komunikasinya bisa melalui media sosial atau aplikasi perpesanan.
  2. Mengandalkan internet untuk melakukan promosi produk. Ada beberapa metode yang biasanya dipakai, seperti website, media sosial, mesin pencarian, media berita online, blog, toko online hingga aplikasi.
  3. Yang menjadi fokus dalam pemasaran online ini yakni konten. Konten inilah yang bakal menjadi ujung tombak untuk menarik minat calon konsumen. Untuk itu, wajib menggunakan konten-konten yang berkualitas.
  4. Jangkauan promosinya tidak ada batasan, Anda bisa melakukan promosi di berbagai daerah dengan cepat. Bahkan, Anda bisa mempromosikan produk dengan skala internasional. Biasanya, untuk melakukannya bisa menggunakan iklan berbayar dari Facebook, Instagram atau Twitter.
  5. Untuk membangun kepercayaan dengan calon konsumen agak sulit. Salah satu penyebabnya karena calon konsumen tidak bisa melihat produk secara langsung. Banyak dari mereka juga yang merasa khawatir ketika melakukan transaksi online.

Kedua pemasaran ini memang memiliki kelebihan masing-masing. Ada bisnis yang cocok dengan pemasaran luring, ada juga bisnis yang lebih cocok dengan pemasaran online. Anda bisa menentukan bakal menggunakan pemasaran yang mana, sesuaikan dengan bisnis saja.

Baca Ini Juga  Apakah Bisnis Online Dikenakan Pajak ? Simak Hal ini

Untuk bisa memaksimalkan kedua metode pemasaran ini, Anda membutuhkan strategi. Dengan adanya strategi ini, promosi menjadi lebih tertata dan tertarget.

Demikian kami sudah jelaskan perbedaan pemasaran luring dengan bisnis online yang harus Anda ketahui. Dengan pemasaran ini, bisnis Anda bisa berkembang dengan cepat nantinya.