Pinjaman Online

Pinjaman Online: Kelebihan, Persyaratan, Ciri-ciri dan Tips Mengajukannya

Diposting pada

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital, kini pinjaman dapat dilakukan dengan mudah melalui online. Tidak sedikit orang yang melakukan transaksi pinjaman online sebagai jalan keluar dalam menghadapi masalah keuangan secara instan.

Menilik sejarah, pinjaman online telah hadir di Indonesia sejak tahun 2016. Saat itu, target pinjaman online lebih terfokus untuk biaya usaha makro, usaha mikro, serta usaha menengah.

Nah seiring dengan berkembangnya zaman, kini pinjaman tersebut sebagai solusi tepat bagi masyarakat secara praktis tanpa ribet. Tidak heran bila hingga saat ini, kehadiran situs lembagan pinjaman telah menjamur.

Kelebihan Pinjaman Online

Dibandingkan dengan lembaga pinjam seperti koperasi dll, pinjaman online tergolong cukup praktis dan simple. Biasanya, calon peminjam hanya memverifikasi data sebagai syarat meminjam online. Maka dari itu, tidak heran bila pinjol semakin banyak di berbagai kalangan masyarakat.

Masih ragu?

Berikut beberapa kelebihan pinjaman online yang kini telah menjadi favorit dikalangan masyarakat, diantaranya;

  1. Pinjaman dapat cair instan dalam waktu 24 jam
  2. Solusi tepat dalam kebutuhan mendesak
  3. Persyaratan praktis dan mudah dilakukan
  4. Cocok untuk pembisnis yang memiliki aktivitas padat
  5. Cukup melalui smarthphone tanpa meninggalkan aktivitas
  6. Layanan call center fast respon 24 jam

Persyaratan Umum Melakukan Pinjaman Online

Seluruh lembaga peminjam sudah pasti menerapkan beberapa persyaratan yang berlaku untuk seluruh calon peminjam. Secara umum, berikut beberapa persyaratan yang diterapkan;

1. Minimal Telah Mencapai Usia 18 tahun.

Dalam kaitannya, beberapa lembaga menerapkan kriteria umur yang relatif berbeda-beda.

2. Memiliki Kartu Identitas Diri atau KTP

KTP sudah menjadi indikator terpenting dalam melakukan pengarsipan data. Dengan KTP, lembaga peminjam dapat mengetahui informasi calon pengguna secara detail.

3. Memiliki NPWP

Selain KTP, NPWP sering sebagai salah satu persayaratan dalam melakukan pinjaman online. Biasanya NPWP sebagai data pajak tambahan yang dibebankan ke pengguna namun sudah otomatis diproses melalui lembaga terkait.

  Ide Bisnis Modal Kecil Ini Jaminan Sukses, Cuss !!!

4. Memiliki Rekening Tabungan Aktif

Selain sebagai wadah transaksi, rekening juga bisa sebagai indikator penting untuk melihat jejak riwayat pengajuan kredit berdasarkan nama yang tercantum. Pastikan juga rekening tabungan aktif selama beberapa bulan untuk menambah peluang disetujui pinjaman oleh lembaga yang dikehendaki.

5. Rentang Penghasilan

Nyatanya, penghasilan juga sebagai tolak ukur untuk menentukan jumlah plafon atau tenor kepada pengguna. Umumnya, semakin tinggi penghasilan maka plafon semakin sedikit. Sebaliknya, jika penghasilan cukup rendah maka plafon semakin banyak.

6. Domisili

Beberapa lembaga peminjaman online menyertakan aturan domisili yang bervariatif. Hal ini guna memudahkan lembaga untuk mengontrol jika ada keperluan khusus. Jadi, pastikan anda meminjam di lembaga yang menupport daerah anda.

Kenali 5 Ciri Mudah Memilih Pinjaman Online Terpercaya

Perlu Anda ingat, tidak semua layanan pinjaman berbasis online terpercaya. Sebab banyak sekali kasus penipuan pinjaman masih massif terutama di perkotaan besar. Jangan sampai hal tersebut menimpa anda.

Selektif dan bijak merupakan kunci konsumen cerdas. Sebelum memutuskan memilih layanan pinjaman, ada baiknya anda mengetahui beberapa indikator kriteria pinjaman online terpecaya berikut ini;

1. Lembaga Telah Terdaftar Resmi OJK

Indikator utama dalam menentukan kredibilitas terpercaya suatu lembaga pinjaman yakni dengan mengetahui telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Mudahnya, anda hanya perlu mencari di situs resmi www.ojk.go.id. Jadi meskipun dalam bentuk aplikasi pinjaman online baik itu android maupun ios dan juga platform web maka harus terdaftar OJK.

Seberapa penting mengetahui legalitas situs resmi di OJK?

Melakukan pinjaman melalui lembaga manapun, pastikan lembaga tersebut memang sudah terdaftar melalui situs OJK. Dengan demikian, anda tidak perlu merasa was-was atau khawatir terjebak pada layanan palsu yang berpotensi merugikan diri anda.

  7++ Tips Bisnis Frozen Food agar Untung Jutaan

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecek situs resmi OJK;

  • Kunjungi situs resmi OJK www.ojk.go.id
  • Setelah terbuka, silahkan pilih menu publik dengan, lalu pilih ikon yang terdapat garis empat secara horizontal yang berada diselah icon menu.
  • Kemudian, akan muncul sub menu berupa Berita dan Kegiatan. Anda dapat memilih menu Publikasi.
  • Setelahnya, didalam menu Publikasi anda dapat melakukan pencarian  berjudul Penyelenggara Fintech Terdaftar dan Berizin di OJK.

2. Pesyaratan Umum Masuk Akal

Ketika hendak melakukan pinjaman, biasanya pengguna harus memenuhi berbagai persyaratan dan aturan berlaku. Anda harus memepersiapkan seperti melampirkan bukti identitas diri, NPWP, rekening koran, riwayat kredit, hingga SIUP jika seorang pembisnis.

Nah sebaliknya, anda harus mewasapadai jika menemukan persyaratan pinjaman hanya bermodalkan KTP dan tabungan. Memang tergolong sangat praktis namun sepatutnya anda perlu merasa curiga sebab bisa jadi bahwa anda terjebak pada pinjaman illegal. Seram bukan?

3. Cicilan Beban Biaya dan Bunga Bersifat Transparan

Sebelum terjadinya akad, anda juga harus mengetahui besaran rincian beban biaya dan bunga yang akan menjadi kewajiban anda nantinya. Biasanya, lembaga pinjaman akan menerangkan dengan jelas kepada calon peminjam.

4. Terdapat Situs Resmi Lembaga Pinjaman

Indikator lainnya, anda perlu mengetahui apakah lembaga pinjaman online menyediakan situs resmi atau tidak. Situs resmi berupa alamat url sebuah website.

Sebagai layanan berbasis online, sudah seharusnya lembaga pinjaman menghadirkan situs resmi dengan menampilkan informasi dan tata cara lengkap untuk mengajukan prosedur peminjaman dana.

Uniknya, dari sebuah situs calon pengguna dapat mengetahui kredibilitas suatu lembaga. Hal tersebut umumnya bisa kita lihat dari informasi, layanan, fitur, kemudahan akses, hingga tampilan yang nyaman dipandang. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengulik keseluruhan isi situs lembaga pinjaman yang Anda kehendaki.

  5 Cara Sukses Bisnis Properti Yang Paling Oke

5. Layanan Customer Service Mudah Dihubungi

Terakhir, anda juga harus menilik kontak informasi si lembaga pinjaman online. Tidak hanya hanya nomor customer service, namun pastikan juga anda mengetahui lokasi kantor pusat, alamat email, media social, serta situs dari perusahaan pinjmanan online.

Dengan demikian, maka anda tidak perlu khawatir bila terjadi permasalahan mendatang.

Tips Ajukan Pinjaman Dengan Mudah Agar Disetujui

Faktanya, tidak sedikit pengguna yang memahami permainan pinjaman online sehingga beberapa diantaranya berimbas tidak disetujui. Rasanya menjengkelkan bukan?

Oleh sebab itu, agar permohonan pinjaman anda langsung disetujui. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai calon peminjam dana;

  1. Penuhi persyaratan dan pastikan bahwa anda telah memenuhi kriteria calon peminjam
  2. Ikuti alur dan prosedur yang berlaku
  3. Jangan lupa untuk memeriksa kembali terhadap dokumen yang akan diberikan, dikhawatirkan terdapat kesalahan
  4. Jika skor kredit anda tergolong tinggi diatas angka 2, sebaiknya jangan gunakan data identitas tersebut untuk meminjam
  5. Ajukan pinjaman dengan memiliki lembaga pinjaman terpercaya.

Nah itulah ulasan seputar pinjaman online yang harus Anda ketahui oleh calon nasabah. Semoga hadirnya ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi khalayak luas, khususnya calon peminjam dana. Setelah meminjam, pastikan bayar tepat waktu sebelum jatuh tempo agar anda tidak menanggung denda keterlambatan. Yuk bijak dalam meminjam.