nama-toko-online

Tips dalam Menentukan Nama Toko Online yang Menjual

Diposting pada

Hallo rekan belanja, apa kabarnya? Pada artikel ini harga belanja dot com akan memberikan tips untuk menentukan nama toko online yang menjual.

Untuk dapat membentuk sebuah perusahaan yang besar pasti diawali dengan sebuah langkah yaitu penamaan perusahaan tersebut. Nama merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, dan nama yang bagus pasti akan memberikan kesan terhadap para pengunjung yang datang.

Di Indonesia terdapat puluhan juta toko online yang tentunya telah memiliki nama yang berbeda. Oleh karena itu jika anda ingin memberikan nama toko online yang baru anda ingin bangun, maka anda membutuhkan nama yang unik, bermakna, dan tentunya berkesan.

Namun apakah anda sudah tau bagaimana cara memberikan nama kepada perusahaan anda agar dapat tersimpan di hati para pengunjung?

Bila anda ingin mengetahui lebih panjang tentang tips & trik untuk membuat nama toko online yang tepat di kala sudah terlalu banyak nama toko yang mainstream maka anda sedang membaca artikel yang tepat.

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan ada baiknya terlebih dahulu anda simak pembahasan tentang makna penting dalam penamaan sebuah toko online.

Nama Merupakan Label atau Identitas Suatu Bisnis

Dalam menjalankan suatu bisnis khususnya dalam hal ini bisnis alat tulis kantor yang pertama kali akan diingat oleh para pengunjung pasti adalah nama. Dengan kata lain melalui nama perusahaan seorang pengunjung dapat lebih dekat dengan perusahaan anda.

Sebagai jembatan yang menghubungkan perusahaan dengan para pengunjung, sebuah nama yang baik untuk perusahaan harus memiliki sebuah power untuk terus melekat dan menjadi karakter sehingga dapat memberikan harapan dan anggapan yang sesuai dengan kinerja keras anda selama bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Ini Juga  Contoh Soal Fungsi Linear Matematika Ekonomi dan Jawabannya

Nama Memiliki Koneksi yang Kuat dengan Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran seseorang terhadap suatu merek merupakan salah satu hal yang menentukan kesuksesan sebuah perusahaan. Melalui kesadaran merek para pengunjung perusahaan anda dapat mengenali dan mengingat perbedaan antara kualitas barang atau jasa dalam kondisi yang berbeda.

Kesadaran merek ini penting sebab bukan hanya ditujukan agar anda bisa mendapatkan loyalitas pelanggan lama namun juga dapat pelanggan baru karena menurut Dr. Indrawan Nugroho media pengiklan terbaik bukanlah sebuah studio pengiklan namun pelanggan yang mempromosikan barang atau jasa tersebut ke para sanak saudaranya.

Nama yang keren dan bermakna baik tentunya berperan cukup dalam menjaga hubungan baik dengan para pengunjung toko alat tulis kantor anda.

Pentingnya Nama untuk Toko Online

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, hampir setiap bisnis memiliki jaringan penjualan secara online. Betapa tidak? Platform yang menyediakan toko online gratis bagi masyarakat Indonesia kini tersebar luas seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada.

Kini kebanyakan para pengunjung lebih memilih untuk melihat produk terlebih dahulu di toko online ketimbang datang langsung ke toko.

Di balik hal yang praktis tersebut tantangan kita dalam menjaga toko agar tetap mendapatkan pelanggan akan naik. Ketika para pelanggan tidak dapat mengecek kualitas produk secara langsung

Penamaan yang baik pada toko online anda diharapkan dapat mendeksripsikan kualitas produk oleh karena itu penamaan yang bermakna baik sangatlah penting.

Langkah-Langkah untuk Membuat Nama Toko Online

Memiliki Bentuk Idealisme dan Makna yang Mencerminkan Toko

Nama toko merupakan hal yang paling pertama kali akan dibaca dan diingat oleh para pengunjung toko, oleh karena itu pentingnya makna filosofis yang dalam agar para pengunjung dapat merasakan feeling yang sesuai ketika berkunjung ke toko. Nama toko tidak boleh terlalu berlebihan atau lebay sehingga para pengunjung tidak illfeel.

Baca Ini Juga  Bosan? Coba Inspirasi Warna Cat Soft Ini Yuk!

Nama Toko Memiliki Keauntentikan dan Orisinil

Nama toko diharapkan mampu menciptakan suasana baru ketika dikunjungi oleh para pengunjung sehingga nantinya tidak akan dicemooh dan dapat tersimpan dengan baik di hati para pengunjung toko anda. Contoh kasus ini terdapat pada berbagai bisnis ayam goreng dan elektronik seperti; KFC menjadi KVC ataupun Blackberry menjadi Yellowberry.

Memiliki Background cerita

Ketika seseorang membaca nama toko yang berkesan mungkin terdapat keinginan dari orang tersebut untuk menanyakan langsung tentang kenapa anda menamakan toko ini dengan nama yang dapat membuat orang tersebut terkesan. Anda sebagai pemilik toko diharapkan dapat menceritakan background cerita yang dikemas semenarik mungkin agar orang tersebut memiliki ingatan yang precious terhadap toko anda.

Gabungkan Dua Kata Menjadi Bentuk Satu Kata Baru

Untuk mendapatkan nama toko yang autentik, trendi dan orisinil di mana tidak ada toko manapun yang menggunakan nama tersebut melainkan anda. Anda dapat menggabungkan dua kata menjadi satu agar menciptakan nama toko yang padu. Contoh seperti nama perusahaan terkenal Microsoft.inc di mana Micro dan Soft ketika digabungkan secara etimologi akan terlihat tidak masuk akal. Namun maknanya tetap dapat dipahami bahwa Microsoft merupakan bentuk dari perusahaan yang berbasis pada produksi software pada komputer.

Metaphorical/Evocated Name

Jika anda masih belum mendapatkan nama tersebut cara selanjutnya adalah dengan memungut nama seorang karakter atau benda yang mengagumkan. Contohnya ketika anda memberikan nama Aisyah kepada toko anda, maka orang akan langsung mengerti dan berpikir bahwa produk yang anda jual merupakan produk yang indah dan cantik seperti Aisyah istri Nabi Muhammand Saw tidak hanya itu Aisyah yang berarti perempuan dalam bahasa arab juga menandakan bahwa toko tersebut menjual busana muslimah. Hal ini sudah banyak diterapkan oleh para perusahaan besar seperti produk tas terkenal Hermes yang diambil dari bahasa yunani ataupun Nivea yang berarti salju dalam bahasa latin.

Baca Ini Juga  5 Workshop Bisnis Online Terbaik Dijamin Sukses

Nama Toko Tidak Harus Nama Bidang

Dalam memberikan nama pada toko, anda tidak perlu berkutat pada bidang yang toko anda kerjakan karena hal tersebut akan menutupi ide anda untuk lebih imajinatif lagi dalam menamai toko. Anda dapat menggunakan nama-nama berdasarkan hal sebagai berikut:

  • Literal Names, yaitu nama yang menjelaskan deskripsi langsung dari bidang pada toko anda. Contohnya seperti Aqua yang artinya air, Teh Kotak, dan Volkswagen yang artinya mobil penduduk.
  • Acronym Names, yaitu nama dengan singkatan. Contohnya IKEA dan P&G.
  • Founder Names, yaitu nama pendiri perusahaan. Contohnya Mercedez-Benz, Porsche, dan Kawasaki.
  • Geographical Names, yaitu nama tempat daerah perusahaan tersebut berdiri. Contohnya Kentucky Friend Chicken, Bank Sumsel Babel, dan Yokohama Tires.

Sekian pembahasan dari hargabelanja.com tentang bagaimana cara menentukan nama toko online yang menjual, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menentukan nama toko online kamu.