Cara Membuat Magnet Sederhana dengan 3 Metode Mudah

Diposting pada

Halo sobat, apa kabarnya? Pada artikel ini hargabelanja.com akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat magnet sederhana dengan 3 metode mudah.

Kamu tidak haru selalu membeli magnet di toko, tapi kamu juga bisa mengaplikasikan cara membuat magnet sendiri di rumah. Magnet adalah logam yang dapat menarik besi, pertama kali ditemukan di suatu tempat yang bernama Magnesia.

Magnet alam merupakan salah satu jenis magnet yang jarang ditemukan. Namun, kabar baiknya adalah jika kamu membutuhkan magnet untuk proyek kerja praktik dari sekolah, ada cara sederhana untuk membuat magnet buatan.

Cara Membuat Magnet Sederhana

Sangat mudah untuk membuat magnet, bahkan hanya dengan menggunakan beberapa bahan sederhana kamu sudah bisa memiliki magnet buatan. Berikut 3 cara membuat magnet sederhana yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

1. Metode Induksi

Cara pertama membuat magnet adalah dengan menggunakan metode induksi. Metode induksi adalah metode yang memberikan daya tarik dengan memanfaatkan unsur-unsur penghantar. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan magnet permanen dan besi non-magnetik lainnya yang akan kamu ubah menjadi magnet buatan dalam proses ini.

Setelah kedua bahan ini siap digunakan, letakkan magnet permanen dan besi non-magnetik dalam posisi sejajar. Letakkan kedua benda terebut sedekat mungkin namun usahakan agar tidak saling menempel. Pastikan juga tidak ada benda logam lain di sekitar area tempat kedua material ini diletakkan agar tidak mengganggu medan magnet dan proses induksi itu sendiri.

Selama dalam posisi ini, besi non-magnetik yang di siapkan perlahan-lahan akan menarik daya tarik magnet permanen. Jika beberapa benda yang terbuat dari besi didekatkan dengan besi non-magnetik ini, maka benda tersebut dapat menarik benda untuk menempel. Bahkan, setelah beberapa jam, jika magnet permanen dipisahkan dari besi non-magnetik, besi tidak akan kehilangan kemampuan magnetnya yang sama dalam waktu dekat.

Baca Ini Juga  Apa Itu Dea OnlyFans Instagram?

2. Metode Elektromagnetik

Aliran listrik juga dapat digunakan sebagai cara untuk membuat magnet. Itulah sebabnya metode pembuatan magnet buatan ini di kenal sebagai proses elektromagnetik. Satu hal yang harus kamu perhatikan selama proses pembuatan magnet ini adalah sumber listrik itu sendiri. Untuk tujuan keamanan, kamu sebaiknya tidak menggunakan sumber listrik langsung dari PLN atau dari stopkontak di rumah kamu ya!

Cukup gunakan baterai biasa, kamu sudah dapat membuat magnet sendiri dengan teknik elektromagnetik ini. Ukuran baterai yang ingin kamu gunakan bebas. Karena proses elektromagnetik ini membutuhkan arus searah, berarti kamu harus menyiapkan baterai. Siapkan juga benda besi yang ingin diubah menjadi magnet dan kawat besi.

Kawat besi akan di gunakan untuk membuat kumparan yang akan memediasi aliran listrik antara kutub positif dan negatif batu baterai. Kumparan adalah besi yang di lilitkan dengan kawat (umumnya kawat yang di lapisi oleh kro, kamu bisa mendapatkannya pada dinamo tamiya atau lampu tabung). Berikut adalah contoh magnet sederhana menggunakan metode elektromagnet:

cara membuat magnet sederhana

Sumber gambar: Youtube.com

Di ujung yang lain, hubungkan kumparan ke benda besi yang akan dimagnetisasi. Tunggu sebentar, barulah magnet buatan sendiri bisa kamu gunakan dan memiliki daya tarik terhadap benda besi lainnya.

Baca Ini Juga  Inilah Menu Makanan Rumahan Yang Mudah Dibuat

3. Menggosok ke Magnet Permanen

Cara terakhir ini bisa terbilamg cara paling sederhana untuk membuat magnet. Untuk menerapkan metode ini, kamu hanya memerlukan magnet permanen serta benda besi non-magnetik lainnya yang ingin kamu jadikan magnet buatan. Selanjutnya, kamu tinggal menggosokkan magnet permanen pada permukaan besi non-magnetik.

Untuk menggosok magnet permanen ini tidak bisa kamu lakukan dengan sembarangan. Metode ini tidak akan berhasil jika kamu hanya asal menggosoknya. Pastikan kamu menggosok magnet permanen hanya dalam satu arah pada permukaan logam non-magnetik. Lakukan secara konsisten dan teratur. Konsistensi arah dan gerakan ini akan mentransfer daya tarik magnet permanen ke besi non-magnetik.

Gosok berkali-kali dalam waktu yang agak lama, sekitar 2-3 menit. Ini juga tergantung pada ukuran objek yang ingin kamu gunakan sebagai magnet. Semakin besar dan luas penampang, semakin lama kamu perlu menggosok magnet permanen ini. Setelah selesai, benda besi non-magnetik akan menjadi magnet buatan, yang siap di gunakan.

Meski terlihat sederhana, prinsip pembuatan magnet juga telah banyak mengadaptasi untuk membuat magnet dalam skala yang lebih besar. Seperti magnet yang memiliki fungsi lebih besar di berbagai bidang industri, mulai dari magnet untuk peralatan medis hingga magnet pengangkat yang biasa di gunakan di industri konstruksi. Semuanya di buat dari prinsip cara membuat magnet mirip dengan yang ada di atas.

Sejarah Singkat Magnet

Menurut legenda Yunani, magnet pertama kali di temukan oleh seorang penggembala bernama Magnes, yang tinggal di Magnesia, Yunani. Magnes menggembalakan dombanya melewati pegunungan. Tiba-tiba dia melihat ferrule tongkat dan paku di sandalnya menempel di batu. Besi di tongkat dan pakunya menjadi tertarik pada batu magnet. Batu itu di beri nama magnetit, sesuai dengan nama gembala atau negara tempat batu itu di temukan. Ia juga di kenal sebagai batu beban karena sifatnya yang menarik.

Baca Ini Juga  Cara Download Sertifikat Vaksin

Orang-orang dari Mesir Kuno mulai menggunakan magnet untuk bermain trik, dengan membuat benda-benda pemujaan melayang di udara dengan penempatan magnet yang tepat. Kaisar dari Tiongkok menggunakan magnet untuk menyelamatkan istananya dengan membangun gerbang yang terbuat dari magnet. Amor yang terbuat dari logam tertarik ke gerbang magnet dan mencegahnya miring lebih jauh.

Fungsi Magnet

Magnet sangat berguna sekali dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali peran magnet dalam kehidupan manusia. Contohnya saja seperti penggunannya pada segel pintu kulkas atau freezer. Benda ini juga berperan aktif dalam alat elektronik lainnya seperti pada speaker, dinamo, dan masih banyak lagi yang lainnya. Para pelaut juga sudah sejak lama menjadikan magnet sebagai jarum penunjuk kompas untuk kebutuhan navigasi dalam perjalanan laut.

Nah itulah tadi adalah pembahasan dari hargabelanja.com tentang cara membuat magnet sederhana yang dapat kamu lakukan di rumah. Semoga artikel ini dapat membantu kamu ya, terimakasih telah berkunjung!