Harga Dinamo Mesin Cuci (Samsung, Sanken, Sharp)

Diposting pada

Mesin cuci merupakan alat elektronik yang membantu aktivitas mencuci harian anda. Dengan menggunakan ini mencuci akan terasa mudah, praktis dan cepat dalam proses pengeringan. Dengan kegunaan mesin cuci yang luar biasa, maka tidak heran jika banyak pula yang memiliki mesin yang satu ini.

perlu anda ketahui sebuah mesin cuci dapat berjalan jika mesin tersebut memiliki motor listrik atau dinamo. Dinamo merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi kinetik atau gerak. Dalam hal ini, gerak yang dihasilkan yaitu berupa putaran tabung pada mesin cuci.



Tetapi pada dasarnya, dinamo pada mesin cuci yang anda gunakan tidak akan selamanya tetap dalam keadaan baik- baik saja, karena pasti akan mengalami yang namanya kerusakan. Dan pastinya pada saat dinamo tersebut mengalami kerusakan, mesin cuci tidak akan dapat berputar.

Biasanya jika mesin cuci tidak dapat berputar itu disebabkan oleh berbagai masalah pada dinamo, seperti dinamo yang terbakar, mesin cuci yang berdengung, dan kerusakan- kerusakan yang lainnya.

Ciri-ciri Kerusakan pada Dinamo

Harga Dinamo Mesin Cuci (Samsung, Sanken, Sharp)

Ketika mesin cuci anda mengalami kerusakan, ada sebaiknya untuk memeriksa kerusakan mesin mesin cuci tersebut untuk mengetahui bagian mana yang mengalami kerusakan pada mesin cuci tersebut. Bedakan ciri- ciri yang disebabkan oleh kerusakan dinamo yaitu seperti mesin cuci yang tidak mau berputar, mesin cuci yang hanya berdengung, dan putaran mesin yang lemah.

Jika anda telah mengetahui bahwa kerusakan pada mesin cuci disebabkan oleh dinamonya, langkah kedua yang harus anda lakukan yaitu anda harus melakukan pengecekan dengan menggunakan alat ukur.

  Harga Sanyo Panasonic Murah Terbaik

Langkah- langkah Pengecekan menggunakan alat ukur:

1. Pastikan mesin cuci tidak terhubung dengan listrik, atau dengan kata lain mesin cuci dalam posisi OFF.

2. Buka bagian belakang mesin cuci agar bisa mengakses perkabelan dinamo mesin cuci.

3. Pisahkan dinamo mesin dengan rangkaian kabel agar hasil pengukuran dinamo tidak tidak dipengaruhi rangkaian.

4. Terdapat tiga kabel mesin cuci

  • Common, berfungsi seperti kabel netral sebagai supply listrik dinamo.
  • Running, berfungsi sebagai starting fasa/ terminal listrik utama untuk menggerakan dinamo.
  • Start, berfungsi sebagai starting yang dihubungkan dengan kapasitor.

5. Ukur ketiga kabel tersebut dengan Multimeter. Seharusnya resistansi antara Common-Running dan Common Start tidak jauh berbeda.

6.Jika ukuran resistansi berbeda jauh, misalkan Common-Running sekitar 30 Ohm sedangkan Common-Start tidak muncul resistansi maka coil untuk start putus. Demikian juga jika resistansi sampai menunjukan 0 Ohm maka coil tersebut short/ konslet.

7. Semakin besar kapasitas mesin cuci maka makin rendah juga nilai resistansi coil dinamo. Namun sebagai acuan , kisaran 30 Ohm sampai 100 Ohm masih dianggap wajar.

Setelah dilakukan pengecekan oleh alat ukur,kemudian diyakinkan kerusakan mesin cuci disebabkan oleh dinamo mesin cuci, maka selanjutnya dilanjutkan dengan mengganti dinamo dengan yang baru. 

Tips Membeli Dinamo Mesin Cuci

Dalam pembelian dinamo, kami sarankan anda untuk membelinya secara offline. Hal tersebut dilakukan agar anda membeli dinamo yang sesuai dengan mesin cuci anda, karena dengan cara ini anda bisa memperlihatkan dinamo mesin cuci yang sebelumnya yang mengalami kerusakan sebagai contoh.

  Harga TV Samsung Terbaru Tahun 2020

Di bawah ini merupakan beberapa spesifikasi yang wajib diperhatikan karena penting sehingga harus sesuai dan persis:

1. Daya/ Watt dinamo mesin cuci.

2. Tegangan dinamo mesin cuci.

3. Panjang dan diameter As mesin cuci.

4. Dilengkapi dengan sekring pengaman.

5. Jarak antara lubang dinamo.

6. Diameter Body dinamo.

7. Lilitan dengan spesifikasi kawat tembaga.

Harga Dinamo Mesin Cuci Lengkap

Harga Dinamo Mesin Cuci Lengkap

Seperti yang kita ketahui, mesin cuci terdiri dari berbagai macam merek. Contohnya ada yang bermerek Sharp, Sanyo, Sanken, Panasonic, Denpoo, LG, Samsung, Polytron, Elextroluc, Toshiba, Akari, Daichi dan lain-lain. Dan pastinya pada setiap merek mesin cuci memiliki harga dinamo yang berbeda. 

Type Mesin CuciHarga
Dinamo pengering Mesin Cuci 60 WattRp. 165.000
Dinamo Mesin Cuci SamsungRp. 300.000
Dinamo spin Mesin Cuci SamsungRp. 170.000
Dinamo Mesin Cuci 135 WattRp. 210.000
Dinamo MEsin Cuci Sanken XD 135Rp. 180.000
Dinamo Motor Spin Mesin Cuci SankenRp. 208.000
Dinamo Mesin Cuci XD 135 Shaft 12mmRp. 284.000
Dinamo Pengering Mesin Cuci M_921 (SharpRp. 270.000
Dinamo Spin Mesin Cuci SharpRp. 150.000
Dinamo Mesin Cuci Sharp Rp. 175.000
Dinamo Mesin Cuci Sharp/ Panasonic/ PolytronRp. 170.000
Dinamo Mesin Cuci Full AutoRp. 275.000
Dinamo Pengering Mesin Cuci PanasonicRp. 120.000
Dinamo Mesin Cuci LG as 12 mmRp. 1175.000

Nah, itulah daftar harga dinamo mesin cuci dari berbagai type mesin. Dengan adanya artikel ini, kami harap ini dapat sedikit membantu anda. Saran kami,  belilah dinamo dengan cara langsung atau tidak Online dengan tujuan untuk meminimalisir kemungkinan buruk yang akan terjadi dan supaya mesin dinamo yang anda beli sesuai dengan mesin cuci yang akan anda perbaiki.

Baca Juga