Headset Bluetooth

10 Kelebihan dan Kekurangan Headset Bluetooth Terbaik

Diposting pada

Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan headset bluethoot terlebih dahulu. Ini dapat menjadi pertimbangan untuk Anda sebelum melakukan pembelian.

Headset bluetooth memang kerap dianggap lebih efisien dan tentunya elegan ketika dipakai. Perangkat ini tidak membutuhkan kabel untuk terhubung dengan perangkat lain.

Mengingat koneksinya wireless, kualitas audio yang dihasilkan seringkali kurang memuaskan. Terlebih ketika digunakan dalam kondisi lingkungan yang ramai.

Dibandingkan dengan headset kabel, headset bluetooth rupanya menawarkan banyak kelebihan. Hal ini yang membuat banyak orang lebih suka menggunakan tipe nirkabel ini.

Mau tau apa saja kelebihan dan kekurangan headset bluetooth? Mari simak pembahasan selengkapnya melalui artikel ini.

Kelebihan dan Kekurangan Headset Bluetooth

Headset bluetooth menjadi salah satu aksesoris elektronik yang banyak digunakan. Fungsinya untuk mendengarkan musik, audio film maupun game.

Kelebihan Headset Bluetooth

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh headset bluetooth? Baca selengkapnya di bawah ini.

  • Mudah Disimpan

Headset bluetooth memang didesain lebih simpel dan juga ramping. Maka dari itu, perangkat elektronik yang satu ini sangat mudah disimpan.

Ketika Anda bepergian, Anda bisa menyimpanya ke dalam tas dengan posisi yang aman. Kemudian bisa juga digantungkan ke leher, beratnya yang ringan membuatnya tetap nyaman.

Tipe headset ini sama sekali tidak memiliki kabel, sehingga jauh lebih efisien ketika disimpan. Anda tidak perlu khawatir dengan kabel yang sering menganggu.

  • Lebih Praktis, Tidak Perlu Colok Kabel

Dengan teknologi wireless, headset ini tentu lebih praktis dalam penggunaan. Perangkat ini dapat terhubung ke perangkat lain tanpa harus menggunakan kabel.

Baca Ini Juga  Daftar Harga AC Terbaru dan Terlengkap Tahun Ini

Anda tidak perlu repot memasang kabel, kemudian mencolokkannya ke perangkat lain untuk menghubungkan headset ini.

Agar lebih efektif, Anda bahkan dapat menghubungkan headset dengan perangkat lam dalam jangka waktu yang lama. Jadi ketika ingin menggunakan, tinggal memasangnya ke kepala dan langsung bisa mendengarkan audio.

Menggunakan headset juga akan memudahkan Anda ketika melakukan panggilan. Anda bisa meletakkan smartphone di saku, dan tetap bisa mendengarkan  apa yang lawan bicara ucapkan.

  • Memiliki Ruang Gerak Luas

Ini menjadi salah satu kelebihan dari headset bluetooth yang tidak dimiliki headset pada umumnya. Kabel yang ada pada headset seringkali menganggu ruang gerak, khususnya ketika sedang bekerja.

Maka dari itulah, headset bluetooth lebih direkomendasikan untuk digunakan. Tidak adanya kabel akan menjamin Anda dapat keleluasaan dalam mobilitas.

Umumnya, headset bluetooth ini mampu digunakan dalam jangkauan 10 meter. Anda dapat beraktivitas di area jangkauan tersebut tanpa terputus koneksi dengan perangkat seperti smartphone maupun komputer.

Untuk headset yang sudah mendukung bluetooth 5.0 bahkan dapat digunakan dalam jangkauan 240 meter.

  • Cocok Untuk Berkendara

Meski tidak direkomendasikan untuk berkendara, headset bluetooth jauh lebih efektif penggunannya. Khususnya ketika melakukan panggilan, Anda tidak perlu memegang smartphone untuk berkomunikasi.

Cukup dengan menghubungkan headset dengan smartphone, Anda langsung bisa mendengarkan lawan bicara dengan kualitas audio yang bagus.

Hal ini tentu akan memberikan keamanan bagi Anda untuk meminimalisir kecelakaan. Kedua tangan Anda bisa fokus memegang kendali, namun tetap bisa berkomunikasi dengan baik.

  • Kompatibel dengan Berbagai Perangkat

Anda dapat menghubungkan headset bluetooth dengan berbagai perangkat. Mulai dari smartphone, laptop, PC, tablet dan masih banyak lagi.

Sehingga fungsinya memang lebih fleksibel, Anda bisa menggunakannya untuk bermain game, berkomunikasi, menonton film dan berbagai aktivitas lain.

Baca Ini Juga  Kode Remot LG LED dan Cara Settingnya

Tapi dengan catatan, perangkat yang akan digunakan memiliki bluetooth yang berfungsi dengan baik. Jika tidak, berarti Anda sama sekali tidak dapat menggunakannya.

  • Kualitas Audio Terjaga

Khawatir kualitas audionya akan berkurang? Tidak perlu risau karena meskipun koneksinya menggunakan bluetooth, kejernihan audionya akan tetap terjaga.

Umumnya, headset ini sudah dilengkapi dengan fitur noise cancelling untuk memblokir suara bising yang berasal dariluar.

Anda akan tetap nyaman menggunakan headset bluetooth ini meskipun sedang berada di keramaian. Cocok untuk siapapun yang memang tidak suka dengan suasana ramai.

Kekurangan Headset Bluetooth

Setelah membahas kelebihan dari headset bluetooth, Anda juga harus mengetahui kekurangan dari perangkat yang satu ini, simak pembahasannya.

  • Harganya Lumayan Mahal

Untuk Anda yang memiliki anggaran terbatas, perlu mempetimbangkan hal ini. Headset bluetooth cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan headset kabel.

Alasannya tentu karena fitur yang tersedia pada tipe bluetooth ini jauh lebih banyak. Umumnya, desain yang dibuat juga lebih elegan, itulah yang menjadikannya lebih mahal.

Namun bagi Anda yang tidak pusing dengan harganya, sangat direkomendasikan untuk membeli headset bluetooth. Selain nyaman, kualitas audionya juga tetap akan terjaga dengan baik.

Harga headset bluetooth dimulai dari Rp200 ribuan hingga jutaan rupiah. Semakin mahal harganya, tentu kualitas yang akan Anda dapatkan akan lebih banyak.

  • Membutuhkan Daya, Sehingga Harus Dicharge

Berbeda dengan headset kabel, headset bluetooth membutuhkan daya yang tersimpan di baterai yang ada pada perangkat itu sendiri.

Anda harus memastikan dayanya masih tersedia agar dapat digunakan dengan baik. Jika sudah habis, Anda harus mengisi daya terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya kembali.

Tapi tenang, produsen headset bluetooth sudah mengantisipasi hal itu dengan menambahkan baterai berkapasitas besar. Selain itu, penggunaan baterai juga lebih irit, Anda bisa menggunakannya dalam kurun waktu 5-20 jam tergantung dengan headset itu sendiri.

Baca Ini Juga  Harga Blender Philips Murah Terbaik

Untuk itu, sebelum bepergian, Anda harus memastikan daya baterainya terisi penuh. Untuk mengisinya, bisa menggunakan kabel charge yang sudah ada di setiap paket pembelian.

  • Harus Menyesuaikan Versi Bluetooth

Kekurangan ini sebenarnya tidak akan berpengaruh besar terhadap performa dari headset blutooth yang Anda miliki. Agar performanya maksimal, Anda harus menyesuaikan versi bluetooth antara headset dengan perangkat yang akan dihubungkan.

Sebagai contoh, jika headset Anda menggunakan bluetooth versi 5.0, maka perangkat yang akan dihubungkan juga harus memiliki versi yang sama.

Jika perangkat lain menggunakan versi 4.0, maka jangkauan headset bluetooth 5.0 akan mengikuti perangkat tersebut sejauh 10 meter.

  • Kurang Maksimal Untuk Gaming

Bagi seorang gamer, kualitas audio memang sangat penting. Entah itu berhubungan dengan audio dari game itu sendiri atau suara dari rekan yang bermain.

Meski kualitas audionya bagus, namun tetap ada akan ada latency yang membuat audio delay beberapa saat. Berbeda dengan bluetooth kabel yang sama sekali tidak memiliki delay.

Jika Anda seorang gamer, mungkin perlu mempertimbangkan hal ini. Agar bisa bermain game lebih seru dan tentunya maksimal.

Kesimpulan

Headset bluetooth memang memiliki banyak kelebihan yang membuat banyak orang memilih menggunakannya. Jenis headset ini lebih mudah dibawa pergi, tidak ribet dan tentunya memiliki desain yang elegan.

Namun karena harganya yang mahal, ini bisa menjadi pertimbangan ketika membeli. Apalagi jika digunakan untuk bermain game, mungkin akan ada sedikit kendala di latencynya.

Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan, headset bluetooth ini cocok digunakan untuk mendengarkan musik, menonton video hingga melakukan panggulan telepon.