INVESTASI ORI 19

Ingin Investasi yang Aman? Investasi ORI 19 Solusinya

Diposting pada

Investasi Obligasi Negara Ritel (ORI) balik lagi nih. Pemerintah kali ini menawarkan investasi ORI 19 yang ditujukan untuk vaksin Covid-19 lho. Katanya nih, aman dan menguntungkan juga!

Sebelum menetapkan apakah investasi ORI ini aman dan untung, alangkah lebih baik jika kita bahas dahulu mengenai investasi tersebut.

Apa itu investasi ORI? 

Investasi ORI merupakan suatu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang dijual di pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu). 

Lanjutkan Membaca

Nah, alasan pemerintah mengeluarkan ORI 19 ini adalah untuk membantu dalam memulihkan keadaan ekonomi negara. Selain itu, hasil dari penerbitan ORI 19 ini akan digunakan untuk APBN 2021 serta penanganan Covid-19. 

Setelah mengetahui apa itu investasi ORI 19, yuk sekarang kita bahas apa saja keuntungannya. 

Keuntungan Investasi ORI 19

Ada banyak sekali keuntungan yang diklaim pemerintah untuk Anda yang memilih investasi ini. Mulai dari investasi yang dapat diperjualbelikan di secondary market, kuponnya yang tetap sebesar 5,57% hingga aman karena di bawah naungan pemerintah. 

Baca Ini Juga  Macam-Macam Produk Investasi Reksadana yang Umum di Indonesia

Lebih lanjut, di mata investor, investasi ini jauh lebih menarik dibandingkan dengan deposito yang ada di bank BUMN. Hal ini karena kupon yang ditawarkan jauh lebih besar yaitu 5,7% daripada suku bunga bank yang hanya berkisar 3-4% per tahunnya. 

Bagaimana cara mendapatkan untung berkali lipat melalui investasi ORI ini? Cukup mudah, dan sistemnya sama dengan saham lainnya.

Caranya yaitu dengan menjual di pasar sekunder dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga beli.  Misalnya Anda membeli ORI 19 dengan harga Par 100%, Anda dapat menjualnya di harga 101% atau di atasnya.  Cuan, cuan, cuan. 

Risiko investasi di ORI 19

Suatu hal yang memiliki keuntungan, pastinya juga memiliki kerugian bukan? Namun dalam investasi, kerugian lebih identik dengan sebutan risiko.

Risiko yang biasanya dialami oleh investor adalah risiko gagal bayar, risiko pasar, dan risiko likuiditas. Anda tidak perlu panik karena untuk risiko gagal bayar, pemerintah telah menjamin bahwa Anda akan 100% tidak mengalami hal tersebut.

Baca Ini Juga  Daftar Perusahaan Investasi yang Terdaftar di OJK Terbaru

Risiko pasar pun dinilai tidak terlalu berarti bagi ORI 19 karena persentasenya yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi lain. Namun, untuk investasi likuiditas, Anda masih dapat mengalaminya. 

Risiko ini terjadi pada saat menjual saham. Hal ini terjadi ketika harga jual saham tersebut lebih rendah dibandingkan dengan harga belinya. So, usahakan untuk menjualnya tepat waktu ya!

ORI 19 ini merupakan investasi yang aman dan terjamin oleh pemerintah. Tunggu apalagi segera untuk berinvetasi. Hanya dengan memiliki uang minimal Rp 1 juta anda sudah bisa berinvestasi. Jangan lupa juga, pemerintah hanya menawarkan investasi ORI 19 ini sampai 18 Februari 2021 saja loh, buruan!