8 Pengertian Saham Menurut Para Ahli [Detail]

8 Pengertian Saham Menurut Para Ahli [Detail]

Diposting pada

Sejauh mana Anda paham tentang investasi? Bagi anak akuntansi pasti paham banget. Tapi gak semua lho ya, bagi mereka yang baru masuk pasti masih bingung. Nah berikut ini ada 8 pengertian saham menurut para ahli yang bisa jadi referensi untuk memahami lebih jauh soal investasi.

Para ahli memiliki pandangan yang berbeda untuk mendefinisikan arti kata investasi. Apa saja kata mereka?

Sapto Raharjo (Kiat Membangun Aset Kekayaan tahun 2006)

Menurut pendapatnya, saham yaitu salah satu benda yang berupa surat yang memiliki nilai yang fungsinya sebagai instrumen keuangan yang di buktikan dalam bentuk sertifikat. Saham ini juga menjadi suatu bukti dimana pemegangnya menanamkan modal yang nilainya tertera dalam surat berharga tersebut. Pemegang saham memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk memiliki saham di suatu perusahaan.

Lanjutkan Membaca

Husnan Suad (Manajemen Keuangan : Teori dan penerapan buku 1 edisi 4 tahun 2008)

Menurut Husnan Suad, saham di artikan sebagai selembar kertas dimana menjadi suatu bukti kepemilikan perusahaan. Saham di miliki dengan cara ikut menyertakan modal dana kepada perusahaan yang kemudian apabila perusahaan mengalami peningkatan pendapatan, pemegang saham akan memperoleh deviden dari saham miliknya.

Baca Ini Juga  Prediksi Harga Magic Internet Money (MIM) Terbaru 2021-2025

Irham Fahmi (Pengantar Pasar Modal tahun 2012)

Pengertian saham menurut para ahli dalam hal ini Irham Fahmi, saham menjadi salah satu benda yang berperan sebagai instrument di pasar modal. Saham ini sangat populer dan banyak di miliki oleh para investor.

Penawaran dalam proses pembagian devidennya membuat para investor ingin terus menanamkan modalnya untuk membeli saham. Besarnya modal yang di keluarkan pemegang saham tertulis di dalam saham itu sendiri.

Darmadji dan Fackhruddin (Pasar Modal di Indonesia tahun 2012)

Darmadji dan Fackhruddin mengemukakan mengenai definisi saham. yang mana saham menurutnya adalah sebuah tanda untuk para pemegangnya dalam konstribusi modal terhadap suatu perusahaan. Saham hanya di terbitkan dalam bentuk selembar kertas yang sangat berharga di mana tertera nominal dana serta nama pemiliknya.

Rusdin (Pasar Modal : Teori, Masalah dan Kebijakan dalam Praktik tahun 2008)

Menurut Rusdin, saham merupakan surat sertifikat yang resmi di terbitkan suatu perusahaan yang mana memiliki manfaat dan fungsi sebagai bukti bahwa pemegangnya telah menyertakan modal dan menjadi salah satu pemiliki perusahaan tersebut.

Baca Ini Juga  Prediksi Harga Yearn Coin Dan Analisanya

Kashmir (Analisis Laporan Keuangan tahun 2016)

Kashmir memberikan pendapatnya mengenai pengertian saham secara umum. Saham adalah benda penting yang berupa surat berharga. Saham memiliki nilai harga yang di tanamkan oleh pemiliknya. Pemilik saham ini menyertakan modal dana untuk membantu kontribusinya dalam kepemilikan perusahaan penerbit saham tersebut.

Sri Hermuningsih (Pengantar Pasar Modal tahun 2012)

Menurut pendapat yang di kemukakannya, saham memiliki arti sebagai surat berharga yang sering di perjual belikan di pasar modal. Pasar modal merupakan tempat berkumpulnya para investor yang hendak menjual dan membeli saham. Saham ini beruguna sebagai bukti bahwa pemiliknya telah menyertakan modalnya kepada suatu perusahaan.

Taufik Hidayat (Buku Pintar Investasi 2010)

Pengertian saham menurut para ahli terakhir adalah dariTaufik hidayat yang memaparkan definisi saham di bukunya. Dimana saham merupakan sebuat surat yang tertanda bahwa seorang pemiliknya telah berkontribusi dalam menyertakan sejumlah modal dana kepada perusahaan. Pemegang saham selain menanamkan dananya, juga berperan sebagai pemilik perusahaan tersebut.

Baca Ini Juga  Ingin Investasi yang Aman? Investasi ORI 19 Solusinya

Itulah pemaparan mengenai pengertian saham menurut para ahli yang telah di jelaskan dalam buku buku terkait teori instrumen keuangan yang di terbitkannya. Setelah mengetahui makna saham, calon investor juga perlu belajar lebih lanjut mengenai proses investasi saham.