Kredit Motor Syariah

Kredit Motor Syariah, Jadi Pilihan Agar Terhindar Dari Riba

Diposting pada

Saat ini, masyarakat bisa melakukan kredit motor syariah dengan syarat yang mudah. Sebagai seorang muslim, tentu tidak ingin berurusan dengan yang namanya bunga riba. Pada sistem kredit motor pada umumnya, ada bunga yang harus Anda bayarkan. Berbeda dengan kredit motor secara syariah, tidak ada bunga sama sekali sehingga jauh lebih aman.

Banyak pemberi kredit yang menyediakan fasilitas kredit motor syariah tanpa dp. Hal ini tentu sangat memudahkan masyarakat yang ingin membeli motor secara kredit. Anda bisa menggunakan beberapa penyedia kredit seperti Bank Syariah Al-Salam, Adira Finance, Bank Syariah Indonesia atau yang lainnya.

keuntungan Kredit Motor Syariah

Apa Itu Kredit Motor Syariah

Banyak orang yang belum tahu bahwa kredit motor ternyata bisa sesuai dengan syariah Islam. Dalam hal ini, mulai dari akad hingga cicilan akan disesuaikan dengan prinsip syariah. Tidak ada bunga seperti pada kredit motor konvensional pada umumnya. Anda bisa mengetahui berapa cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Tidak perlu khawatir dengan bunga yang mungkin sering mengalami perubahan.

Baca Ini Juga  Aplikasi Kredit Online Recommended untuk Anda

Ya, salah satu keuntungannya adalah cicilannya yang tetap. Nominal cicilannya tidak akan mengalami perubahan dari awal sampai akhir. Keuntungan ini akan membantu Anda dalam hal finansial, apalagi jika Anda yang sangat mementingkan pengelolaan keuangan yang baik.

Simulasi Kredit Motor Syariah

Agar lebih mudah memahami, kami berikan simulasi kredit motor berbasis syariah. Semua penyedia kredit syariah pasti menerapkan hal yang sama.

Misalnya Anda ingin membeli motor NMax. Anda harus mengajukan terlebih dahulu ke penyedia kredit, seperti Adira Finance. Setelah serangkaian proses, Adira akan membeli motor NMax tersebut ke dealer langsung seharga Rp31 juta.

Setelah itu, pihak Adira akan menjual motor tersebut ke Anda dengan harga Rp40 juta atau sesuai kesepakatan. Kemudian Anda membayar DP sebesar Rp10 juta, sehingga sisa pembayarannya adalah Rp30 juta.

Lalu Anda membayar DP sebesar Rp10 juta, sehingga sisa pembayarannya adalah Rp30 juta. Kemudian Anda membayar kekurangannya tersebut melalui cicilan selama 1 tahun. Maka, pembayaran cicilannya adalah sebesar Rp2,5 juta.

Baca Ini Juga  Sistem Kredit Syariah yang Perlu Dipahami Sebelum Menggunakannya

Maka jelas, tidak ada bunga pada transaksi ini. Keuntungan dari pihak Adira berasal dari selisih harga beli dan harga jualnya. Anda tidak perlu membayar bunga seperti pada kredit motor konvensional pada umumnya.

Kenapa Cicilan Menjadi Lebih Mahal ?

Jika Anda perhatikan, cicilan syariah memang akan lebih mahal. Ada alasan yang mendasari hal itu yakni pihak pemberi kredit telah menaikan harga motor terlebih dahulu sebelum menjual ke Anda. Jadi cicilan syariah ini tidak bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mendapatan motor dengan harga lebih murah. Namun bisa menjadi pilihan jika Anda ingin terbebas dari bunga yang menimbulkan riba.

Nilai cicilannya tidak mengalami perubahan sampai pelunasan. Berbeda dengan cicilan konvensional, besaran cicilannya biasanya akan mengalami perubahan sesuai dengan suku bunganya yang cenderung naik. Jadi, cicilan syariah ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang tidak ingin berurusan dengan riba. Namun bukan pilihan yang tepat jika ingin mendapatkan motor dengan harga yang lebih murah.

Itulah informasi mengenai kredit motor syariah dan persyaratannya. Anda bisa membeli berbagai merk motor sesuai dengan keinginan. Pastikan Anda membeli motor sesuai kebutuhan dan yakin mampu untuk membayar cicilannya. Semakin mahal motornya, pasti cicilannya akan semakin besar. Jangan sampai karena tidak bisa membayar cicilan, Anda yang akan mengalami kerugian.

Baca Ini Juga  Tabel Angsuran Pinjaman Bank Danamon