Hari cuti lebaran
Hari cuti lebaran.|Unsplash.com

5 Tips Menikmati Hari Cuti Lebaran Supaya Tetap Produktif

Diposting pada
Hari cuti lebaran
Hari cuti lebaran.|Unsplash.com

Hari cuti lebaran telah diumumkan. Dimana cuti lebaran ini berlangsung dari tanggal 29 April sampai dengan 6 Mei 2022. Jika dikalkulasikan menjadi delapan hari dan ditambah dengan libur weekend salama 2 hari. Sehingga total semuanya adalah 10 hari. Tentu libur ini cukup lama, bukan?

Tips Menikmati Hari Cuti Lebaran Agar Produktif

Meskipun sedang menikmati hari cuti lebaran, tidak ada salahnya kamu tetap produktif. Sehingga kamu dapat menikmati hari secara optimal. Apa saja cara untuk membuat diri tetap produktif di hari libur lebaran ini? Yuk simak ulasannya dibawah!

1.    Bersilaturahmi Dengan Keluarga Maupun Teman

Tentu hari lebaran menjadi hari yang membahagiakan bagi para umat muslim. Sehingga, biasanya orang-orang yang merantau akan pulang ke kampung halamannya. Pada momen inilah, kamu dapat menemui keluarga maupun teman yang sudah lama tidak bertemu. Sehingga tidak ada salahnya, kamu mengunjungi mereka.

Apabila itu adalah anggota keluarga, kamu dapat bertemu dengan mereka ketika acara keluarga. Namun, berbeda halnya dengan teman-temanmu. Pastikan kamu telah membuat janji dengan mereka. Pasalnya, sama seperti dirimu, mereka pun mungkin memiliki acara bersama keluarganya.

Baca Ini Juga  200 + Akun ML Sultan Gratis Rank Mythic Full Skin Terbaru 2021

2.    Membuat To Do List ketika Hari Cuti Lebaran

Ketika kamu merasa acara keluarga telah selesai, pasti kamu kebingungan akan melakukan apa. Supaya hal tersebut, tidak  terjadi. Buatlah to do list untuk setiap harinya. Sehingga kamu tidak akan membiarkan waktu hanya berlalu begitu saja. Namun, jika kamu ingin menghabiskan waktu me time selama beberapa hari, itu sah-sah saja.

Akan tetapi, apabila waktu dibiarkan begitu saja dalam jangka panjang biasanya membuat diri tidak nyaman. Contoh simpelnya, hari-hari akan terasa membosankan. Manfaatkan hari libur untuk mengeksplor hal baru. Misalnya, mengunjungi berbagai tempat wisata atau yang lainnya. Sehingga ketika kembali bekerja, tidak ada penyesalan sama sekali.

3.    Mengasah Kemampuan

Selama masa libur sepuluh hari ini, kamu dapat mengasah kemampuan diri dari berbagai bidang. Misalnya, kamu ingin mengasah kemampuan digital marketing maupun yang lainnya. Untuk mendapatkan kelas, kamu dapat mengambil course berbayar atau gratis. Di era ini sudah banyak course yang disediakan berbagai lembaga.

Baca Ini Juga  Harga Sepeda Lipat Pacific Terbaru

Untuk bidang kemampuannya pun beragam, dari mulai pemasaran, manajemen sumber daya manusia, seni, dan lain sebagainya. Dengan keberagaman ini, kamu akan lebih mudah memilih skill apa yang ingin kamu pelajari.

4.    Membersihkan Dan Merapikan Rumah

Jika kamu adalah seorang perantau dan pulang ke rumah orangtua. Maka tidak ada salahnya kamu membantu membereskan rumah orangtua. Selain itu, jika perlu kamu merubah tata letak barang-barang yang ada di rumah. Namun, pastikan kamu telah mendapat  izin dari orangtua. Kamu dapat melakukan bersih-bersih rumah pada pagi hari dan sore hari.

Ajak pula anggota keluarga yang lain. Sehingga kegiatan ini menjadi suatu aktivitas gotong royong. Bahkan jika memungkinkan, dibagi tugas. Ada yang mengepel, menyapu, membersihkan kaca, memasak, dan lain sebagainya. Tentu hal tersebut akan menjadi menyenangkan, bukan?

Rebahan atau malas-malasan, bukanlah satu-satunya cara menikmati hari cuti lebaran. Kamu dapat mengoptimalkan hari tersebut agar tetap produk. Namun, meskipun begitu, kamu tetap fun dan enjoy menghabiskan waktu tersebut. Tentu saja, jika begitu, bukan hanya kualitas waktu yang kamu dapatkan. Akan tetapi kamu pun memiliki peluang mendapatkan skill yang lebih dalam. Bahkan  baru.

Baca Ini Juga  Musicallydown.com TikTok, Pengunduhan Video Audio Cepat