Berapa Biaya Charge Mobil Listrik Di Rumah Dan SPKLU

Berapa Biaya Charge Mobil Listrik Di Rumah Dan SPKLU ?

Diposting pada

Memiliki mobil listrik merupakan salah satu impian bagi sebagian orang. Banyak orang kini mulai tertarik dengan mobil listrik dan meninggalkan mobil berbahan bakar bensin maupun solar. Ada banyak alasan, salah satunya karena faktor biaya operasional mobil bertenaga listrik lebih murah. Lalu berapa biaya charge mobil listrik sebenarnya ?

Sebelum membeli mobil listrik, sebaiknya Anda mengetahui berapa biaya yang diperlukan untuk melakukan satu kali charge. Anda bisa melakukan pengisian melalui tempat cas mobil listrik atau di rumah. Harganya mungkin akan berbeda-beda jika Anda kalkulasikan.

Tarif charge baterai mobil listrik

Berapa Biaya Charge Mobil Listrik Di Rumah Dan SPKLU ?

Pada artikel ini kita akan membahas berapa biaya charge mobil listrik baik di rumah maupun di SPKLU.

Biaya Charge Mobil Listrik Di Rumah

Dalam contoh kasus ini, Anda memiliki mobil dengan kapasitas baterai 50 KwH. Kemudian menggunakan daya listrik 2.200 VA dengan biaya dasar Rp1.444 per kWh. Sehingga jika ditotal, maka memerlukan biaya Rp72.200 untuk mengisi daya baterai sampai penuh. Harga tersebut tentunya akan berbeda-beda, tergantung harga dasar dari daya listrik yang Anda gunakan.

Baca Ini Juga  Harga Mobil Toyota Fortuner OTR Promo Murah

Akan lebih hemat lagi jika Anda menggunakan panel surya untuk mendapatkan pasokan listrik gratis. Meski tidak akan membantu terlalu besar, namun hal ini akan meringankan biaya Anda. Jika mengisi daya di rumah, maka membutuhkan waktu yang cukup lama. Biasanya untuk mengisi baterai sampai penuh, membutuhkan waktu 7-12 jam.

Biaya Charge Mobil Listrik Di SPKLU

Jika Anda berada di kota besar, mudah untuk menemukan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU. Umumnya, biaya untuk pengisian mobil listrik mulai dari Rp1.650 hingga Rp2.466 per kWh.

Misalnya Anda memiliki mobil dengan kapasitas baterai mencapai 50 kWh. Untuk mengisi baterai sampai penuh, maka membutuhkan biaya berkisar Rp82.500 hingga Rp123.300. Jika mobil Anda mampu menemuh jarak hingga 400 km, maka biaya untuk per kilometernya hanya Rp206,25 hingga Rp308,25. Nominal tersebut tentunya cukup ringan, apalagi dengan segala kenyamanan yang ada di mobil listrik.

Pengisian baterai melalui SPKLU jauh lebih cepat daripada di rumah. Anda bisa mengisi baterai sampai penuh hanya dengan durasi waktu 3 jam saja. Namun jika menggunakan fasilitas fast charging, cukup dengan 1 jam sudah bisa penuh.

Baca Ini Juga  Lokasi Pengisian Mobil Listrik Terdekat Dijamin Cepat

Harga fast charging mobil listrik cukup mahal, namun Anda bisa menggunakannya di rumah. Dengan begitu, maka Anda bisa mengisi daya lebih cepat nantinya.

Berapa Lama Pengisian Baterai Mobil Listrik

Berbeda dengan mobil berbahan bakar bensin atau solar, mungkin hanya butuh waktu 5 menit saja untuk mengisi tangki sampai penuh. Berbeda dengan mobil listrik yang memang membutukan waktu yang lebih lama. Misalnya Anda memiliki mobil dengan kapasitas 75 kWh, kemudian menggunakan charger dengan kapasitas 22 kW. Untuk mengetahui durasi pengisiannya, bisa menggunakan rumus ini.

Lama pengisian = Kapasitas baterai / Kapasitas charger

Lama pengisian = 75 kWh / 22 kW = 3,409 h. Sehingga jika kita ubah ke dalam bentuk waktu, maka durasinya sekitar 3 jam 25 menit.

Kapasitas charger memang sangat berpengaruh terhadap kecepatan pengisian. Charger di rumah biasanya memiliki kapasitas lebih rendah daripada di SPKLU. Jika Anda ingin buru-buru, maka disarankan untuk mengisi baterai melalui SPKLU,

Itulah informasi mengenai berapa biaya charge mobil listrik yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa mempertimbangkan akan menggunakan mobil listrik maupun mobil konvensional. Keduanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca Ini Juga  Biar Lebih Aman, Intip Cara Merawat Mobil Ini Yuk!