Macam-macam bahan piring
Macam-macam bahan piring .|Unsplash.com

Apa Saja Macam-Macam Bahan Piring? Simak Ini Yuk!

Diposting pada
Macam-macam bahan piring
Macam-macam bahan piring .|Unsplash.com

Macam-macam bahan piring yang digunakan, tentunya mempengaruhi karakteristiknya pula secara tidak langsung. Sehingga, tidak heran ada beberapa piring yang memang membutuhkan perawatan yang sangat hati-hati. Meskipun piring memang salah satu barang yang sering digunakan. Terutama untuk makan maupun menyediakan makanan.

Macam-Macam Bahan Piring

Ada piring yang mudah pecah sampai dengan tidak pecah. Meskipun produknya sama, tetapi bahan yang digunakannya memang berbeda. Dengan kata lain, bahan memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas piring. Inilah macam-macam bahan piring yang perlu kamu ketahui!

1.      Bahan Keramik

Piring yang terbuat dari bahan ini memiliki keunikan tersendiri. Baik dari tekstur maupun warna yang sering digunakannya. Bahkan tidak hanya itu saja, desainnya pun cenderung memang indah. Piring yang terbuat dari bahan keramik ini memang memiliki tampilan elegan.

Bahkan biasanya kamu akan temukan di restoran maupun café. Selain itu, piring ini pun aman digunakan beberapa kali. Untuk harganya sendiri relative. Bahkan ada pula yang harganya mencapai ratusan ribu bahkan jutaan.

Baca Ini Juga  Patut Diwaspadai, Ini Dia 4 Dampak Buruk dari Begadang!

2.      Bahan kayu

Kayu sering digunakan untuk furniture. Namun, ternyata kayu pun dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lain. Seperti sendok, garpu, bahkan piring sekalipun.  Meskipun terbuat dari kayu, harga yang dibandrol untuk mendapatkannya cukup lumayan tinggi.

Hal ini tentu saja karena nilai artistic dari bahan ini pun tidak bisa dianggap sepele. Selain itu, piring yang terbuat dari bahan kayu pun aman digunakan. Jadi, jika kamu ingin makan dengan kesan nature, maka gunakanlah piring dari bahan ini.

3.      Bahan Kaca

Piring yang terbuat dari bahan ini, pasti sudah sering kau jumpai. Bahan ini sendiri, sebenarnya paling banyak dijumpai dengan piring lainga. Selain itu, varian warna dari bentuknya pun beragam. Sehingga, bagi kamu yang menyukai piring dari kaca dapat memilih dengan bebas.

Dengan banyaknya digunakan, maka secara tidak langsung, piring ini pun sangat aman digunakan. Hanya saja, piring ini mudah sekali pecah. Sehingga, kamu perlu menjaganya dengan baik. Selain itu, kamu dapat menemukan piring dengan bahan ini. Baik di tempat peralatan dapur, toserba, maupun yang lainnya.

Baca Ini Juga  Cara Daftar Akulaku PayLater

4.      Bahan Melamin

Dapat dikatakan bahan ini tahan terhadap benturan sehingga tidak mudah pecah. Dengan begitu, jika kamu tidak sengaja menjatuhkan atau menyenggolnya. Maka jangan khawatir akan pecah. Namun, bahan ini tidak tahan dengan api.

Meskipun beberapa jenis melamin lainnya ada yang tidak langsung terbakar. Meskipun begitu, piring dari bahan ini cenderung ringan. Sehingga, jika dibawa kemana-mana pun terbilang cukup efisien. Kamu pun perlu menghindari penggunaan piring melamin ini. Pasalnya, produk tersebut tidak dapat digunakan pada microwave dan penanak nasi.

5.      Bahan Bambu

Piring ini pun tidak kalah unik dengan piring lainnya. Hal ini karena piring tersebut dari baru. Dimana tentunya, piring ini lebih ramah lingkungan. Ini dikarenakan bahannya mudah terurai dan tidak akan menjadi polusi tanah.

Selain itu, kesan yang akan piring ini berikan lebih menonjolkan sisi tradisional. Biasanya , piring jenis ini digunakan di masakan jawa maupun sunda.

Macam-macam bahan piring terbuat dari melamin, kayu, bamboo, kaca, maupun keramik. Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Sehingga, haraplah bijak dalam membelanja. Dengan begitu, kamu hanya akan belanja atau membeli sebuah barang dengan kebutuhan saja. selain itu, cobalah menimbang kembali alasan kamu membeli barang tersebut.

Baca Ini Juga  Harga Sepatu Mizuno Terbaru 2021