menu masakan rumahan
Menu masakan rumahan.| Unsplash.com

Inilah Menu Makanan Rumahan Yang Mudah Dibuat

Diposting pada
Menu makanan rumahan.| Unsplash.com
Menu makanan rumahan.| Unsplash.com

Memasak menu makanan rumahan sendiri bisa dijadikan sebuah alternatif untuk kamu yang sedang berhemat. Hal tersebut dikarenakan dengan memasak makanan sendiri, maka kamu hanya perlu membeli bahan-bahan mentah saja yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan masakan jadi. Selain itu, memasak makanan sendiri juga lebih terjamin kualitasnya.

Dengan memasak makanan sendiri kamu bisa memperhatikan nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuhmu. Sehingga, dengan memasak makanan sendiri dapat sangat berefek baik bagi kesehatan tubuh.

Daftar Menu Makanan Rumahan Yang Mudah Dibuat

Untuk membuat berbagai menu masakan rumahan tidak harus mahal dan mewah. Kamu bisa membuat berbagai menu sederhana yang tetap enak dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi menu makanan rumahan yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

1.    Telur Balado

Menu rumahan yang pertama yakni, telur balado. Menu ini banyak disukai oleh orang Indonesia karena rasanya yang khas dan cara membuatnya juga tidaklah sulit. Adapun, beberapa bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat telur balado diantaranya; telur, cabai merah, bawang merah, bawang putih, daun salam, sereh, garam, penyedap rasa, dan gula putih.

Baca Ini Juga  Payment test and Translate Service for Indonesian Customer

Pertama, kamu rebus telur, selagi menunggu telur haluskan semua bumbu kecuali sereh dan salam. Jika semua bahan sudah siap, goreng telur rebus yang telah ditusuk-tusuk. Di wajang yang berbeda tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, lalu tambahakan sereh dan salam. Terakhir masukan telur dan beri bumbu, tunggu hingga matang.

2.   Tempe Bacem

Menu berikutnya sangat cocok untuk kamu yang gemar makanan manis asam yaitu, tempe bacem. Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan tempe yang dipotong-potong, bawang putih, bawang merah, gula merah, kecap, garam, dan penyedap.

Pertama, kamu tumis bawang merah dan putih hingga harum. Lalu, berikan air secukupnya dan tambahkan gula merah, jika sudah mendidih masukan tempe, beri kecap, dan bumbu. Terakhir, tunggu tempe hingga matang dan siap dihidangkan.

3.    Bihun Goreng

Menu berikutnya juga tak kalah mudah dan enak yaitu, bihun goreng. Untuk membuat bihun goreng kamu perlu bihun yang telah direndam air, bawang putih, bawang Bombay, sawi (opsional), cabe, bahan pelengkap seperti daging atau seafood, kecap manis, kecap asin, gula, penyedap, dan garam.

Baca Ini Juga  Berapa Harga Magicom 1 Liter?

Pertama, kamu tumis bawang-bawangan hingga harum, lalu tambahkan bahan pelengkap tumis hingga matang. Setelah itu, masukan cabe dan sawi hingga layu dan tambahkan bihun. Beri bumbu-bumbu dan aduk hingga rata.

4.    Makanan Rumahan Sup Ayam

Selanjutnya ada menu yang cocok disantap ketika cuaca dingin yaitu, sup ayam. Untuk membuat sup ayam, kamu perlu ayam yang dipotong kecil, wortel, kol, kentang, daun bawang, bawang putih, bawang merah, seledri, garam, penyedap, dan lada.

Pertama, tumis bawang putih dan merah hingga harum, lalu masukan air. Tunggu hingga mendidih, masukan ayam yang telah dipotong hingga ayam hampir matang. Setelah itu, masukan sayuran dan kentang yang telah dipotong-potong, dan beri bumbu. Terakhir, beri tambahan bawang daun dan seledri untuk menambah cita rasa.

Itulah beberapa rekomendasi menu makanan rumahan yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi ketika hendak memasak. Dengan memasak menu makanan harian sendiri, maka kamu dapat lebih mengontrol pengeluaran kamu. selain itu, kualitasnya juga lebih terjamin.

Baca Ini Juga  Rekomendasi Nama FF Keren Preman