cara merespon pasangan yang selingkuh.| Unsplash.com
cara merespon pasangan yang selingkuh.| Unsplash.com

4 Cara Merespon Pasangan yang Selingkuh dengan Bijak dan Elegan

Diposting pada

Perselingkuhan dalam sebuah hubungan sudah menjadi hal yang sering terjadi. Tidak sedikit pula pasangan yang akhirnya ketahuan telah berselingkuh. Cara merespon pasangan yang selingkuh sebaiknya dilakukan dengan bijak dan elegan. Agar pasangan merasa malu serta menyesal. Jangan terlalu menggebu-gebu ketika pasangan sudah ketahuan berselingkuh.

Jika kamu melakukan tindakan yang berisiko, maka dikhawatirkan akan menjadi bumerang di masa depan. Terlebih dalam hubungan pernikahan yang sudah memiliki anak. Respon yang kamu tunjukkan dan berikan pun jangan sampai menjadi dampak buruk bagi anak. Misalnya dengan melabrak selingkuhan pasangan di depan publik dan dipublikasikan ke media sosial.

Cara Merespon Pasangan yang Selingkuh dengan Bijak dan Elegan

cara merespon pasangan yang selingkuh.| Unsplash.com
cara merespon pasangan yang selingkuh.| Unsplash.com

Saat merespon pasangan yang berselingkuh, sebaiknya lakukanlah dengan bijak dan elegan. Jangan terlalu terbawa emosi dan meledak-ledak. Dengan menyelesaikannya secara bijak, maka hati kamu akan lebih tenang. Selain itu, pasangan pun mungkin akan merasa malu dan bersalah. Oleh sebab itu, cobalah beberapa cara merespon perselingkuhan di bawah ini.

Baca Ini Juga  Pilih Investasi Dengan Mandiri Sekuritas, Ini yang Harus Diketahui

1.      Bicarakan dengan Tenang dan Kontrol Emosi

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah membicarakannya dengan pasangan. Permasalahan yang tidak dibicarakan, tentunya akan sulit menemukan jalan keluar. Oleh sebab itu, langkah pertama ketika sudah mengetahui pasangan berselingkuh adalah dengan membicarakannya. Namun, pastikan kamu sudah mengontrol emosi sebelum berbicara dengan pasangan.

Jika emosimu masih belum stabil, maka jangan langsung memutuskan berbicara dengan pasangan. Cobalah untuk menciptakan ruang sendiri hingga emosi benar-benar stabil. Setelah emosimu stabil, cobalah untuk berbicara dengan pasangan. Pastikan sikap atau respon benar-benar tenang, agar pasangan merasa bersalah dan segera mengakui perbuatannya.

2.      Mintalah Kejujuran Kepada Pasangan

Cara merespon pasangan yang selingkuh berikutnya adalah dengan meminta kejujuran. Akan lebih baik jika kamu sudah mempunyai bukti bahwa pasangan berselingkuh. Dengan bukti-bukti tersebut, maka pasangan akan sulit mengelak. Jika tidak mempunyai bukti apapun, maka dikhawatirkan pasangan akan mengelak dan akhirnya tidak jujur terkait perbuatannya.

Oleh sebab itu, sebaiknya kumpulkan terlebih dahulu bukti-buktinya sebelum berbicara kepada pasangan. Jika sudah mempunyai bukti-bukti tersebut, cobalah minta pasangan untuk jujur. Tetaplah tenang saat melakukan hal ini dan gunakan kalimat yang baik. Jika kamu menggunakan emosi, maka permasalahan bisa saja tidak kunjung selesai.

Baca Ini Juga  Biaya Kuliah di UGM Jurusan Akuakultur

3.      Buatlah Keputusan yang Tegas

Jika sudah terbukti bahwa pasangan benar-benar selingkuh. Maka, selanjutnya adalah membuat keputusan yang tegas. Kamu harus mampu bersikap tegas di titik ini. Ingatlah bahwa kamu adalah korban, sehingga berhak memutuskan bagaimana keberlanjutan hubungan tersebut. Pertimbangkanlah apakah hubungan masih bisa diperbaiki atau tidak sama sekali.

Jika sudah tidak bisa diperbaiki, maka putuskan untuk meninggalkan pasangan. Sebaiknya, jangan berikan kesempatan kedua. Terlebih jika kamu belum siap untuk sakit hati kedua kalinya. Karena kebiasaan selingkuh bukanlah hal yang mudah untuk diubah. Pastikan juga kamu telah memutuskan dengan jelas, jangan sampai labil atas keputusan sendiri.

4.      Jangan Menyimpan Dendam Apapun

Banyak orang yang akan menyimpan dendam ketika sudah berpisah dengan pasangannya yang berselingkuh. Sebaiknya, cobalah untuk memaafkan dan mengikhlaskan. Karena menyimpan dendam pun bukanlah hal yang baik untuk dirimu sendiri. Cobalah untuk memaafkan pasangan dan selingkuhannya, lalu lanjutkan hidup seperti biasa.

Cara merespon pasangan yang selingkuh sebaiknya memang dilakukan dengan elegan dan bijak. Sikap yang terlalu terbawa emosi bukanlah hal baik, khususnya untuk dirimu sendiri. Pastikan untuk menyelesaikan semuanya dengan kepala dingin dan secara tenang. Agar solusi yang dihasilkan pun bisa lebih baik.

Baca Ini Juga  Harga Sepeda Lipat Minion Terbaru 2021